Cara Optimasi Instagram yang Wajib Diketahui Pemilik Usah

Must Read

Di zaman serba canggih seperti saat ini, hampir setiap orang sudah memiliki smartphone pribadi. Ada banyak kegiatan pembunuh bosan yang bisa dilakukan dengan berbekal handphone, salah satunya ialah eksis di dunia maya.

Intensnya interaksi yang diciptakan bersama handphone akhirnya membuat banyak brand memanfaatkan tren ini untuk meraih lebih banyak konsumen. Nah, sebagai pemilik usaha yang juga menerapkan strategi serupa dalam menjaring pelanggan, jangan lupa untuk menyimak cara optimasi Instagram berikut ini.

Cara Menjangkau Banyak Konsumen dengan Menguasai Algoritma Instagram

Hal pertama yang wajib Anda kuasai untuk meraih lebih banyak konsumen melalui Instagram ialah dengan memahami algoritmanya. Meski kerap mengalami perubahan, namun prinsip kerja algoritma Instagram pada dasarnya adalah memprioritaskan akun yang berhasil meraih lebih banyak interaksi lewat konten yang ia bagikan untuk ditampilkan kepada lebih banyak pengikut akun tersebut ataupun dimunculkan dalam halaman eksplor. Cara optimasi Instagram bisa dilakukan dengan mengoptimalkan beberapa bagian berikut :

  • Cara Optimasi Instagram Lewat Profil

Halaman profil akun Instagram bisa diibaratkan sebagai wajah bagi sebuah brand. Beberapa hal berikut  bisa Anda lakukan untuk memaksimalkannya, antara lain :

  1. Gunakan foto profil yang menarik, misalnya dengan logo usaha Anda.
  2. Pada kolom ‘nama’ dan ‘nama pengguna’ Anda dapat menyematkan nama brand atau kata-kata yang menggambarkan layanan akun Anda secara keseluruhan, misal dengan menambahkan ‘grosirbajubranded’ jika Anda melayani penjualan baju branded. Menambahkan hastag yang sesuai dengan kata kunci juga akan memudahkan pengguna potensial menemukan Anda.
  3. Optimalkan kolom website dengan menambahkan beberapa link sekaligus. Dalam melakukannya Anda bisa menggunakan bantuan LinkTree atau layanan sejenis karena Instagram sendiri hanya menyediakan tempat untuk satu link.
  4. Isi bio dengan mencantumkan hastag, tagline/slogan, gambaran servis atau keunggulan yang Anda miliki yang dapat menarik perhatian orang untuk menekan tombol follow pada profil Instagram Anda atau interaksi lainnya.
  5. Simpan story-story penting yang telah Anda buat dengan fitur highlight. Bagi akun yang telah memiliki 10.000 pengikut dapat menambahkan link swipe up yang bisa diarahkan ke halaman blog, website atau eccomerce, nomor WhatsApp sesuai dengan kebutuhan Anda.
  • Cara Optimasi Instagram Lewat Konten

Instagram menjadi media sosial yang fokus pada visual, tak heran jika Anda ingin menjangkau lebih banyak konsumen lewat platform ini, Anda harus menyajikan konten yang jernih dan estetik untuk mendulang lebih banyak interaksi.

Tak kalah penting adalah menerapkan copywriting pada caption. Memberi sentuhan copywriting dapat memberi banyak manfaat, misalnya akan membuat pengguna melakukan sesuatu yang Anda perintahkan, seperti menekan tombol share, memancing untuk berkomentar, mengunjungi link di bio Anda dan sebagainya.

Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa semakin banyak engagement yang Anda hasilkan maka konten Anda dapat diprioritaskan oleh pihak Instagram seperti meletakkan konten di halaman eksplor sehingga peluang meraih lebih banyak pengunjung akan semakin tinggi.

  • Cara Menjangkau Banyak Konsumen Menggunakan Reels

Pada beberapa waktu lalu, Instagram telah meluncurkan sebuah fitur bernama Reels yang memungkinkan penggunanya membuat video pendek seperti dalam platform TikTok. Nah, seiring dengan maraknya konten dalam bentuk video, Anda bisa memaksimalkan Reels agar meraih semakin banyak interaksi. Beberapa fitur Reels yang dapat Anda manfaatkan antara lain :

  • Audio, membebaskan Anda menggunakan backsound yang bebas dipilih.
  • Kecepatan, untuk menciptakan konten sesuai dengan jenis video yang dibuat, misal video tutorial dengan kecepatan tinggi atau efek dramatis memakai slow motion.
  • Filter, memungkinkan Anda ikut menggunakan filter kekinian.

Pada Instagram Reels, Anda juga dapat menambah teks, stiker, mengambil gambar secara langsung atau lewat galeri, mengisi suara, memungkinkan untuk start and pause untuk menghasilkan video dengan efek tertentu dan masih banyak lagi.

Nah, dalam cara menjangkau banyak konsumen diperlukan beberapa pendekatan, salah satunya lewat media sosial. Instagram yang menjadi salah satu platform favorit banyak orang adalah tempat yang bisa Anda optimasi. Jangan lupa untuk melakukan cara optimasi Instagram lewat cara-cara yang telah disebutkan di atas.

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Anda Juga Harus Baca Ini

- Advertisement -spot_img