Termudah! Beginilah Cara Setting AC Biar Dingin

0
773
Cara Setting AC Biar Dingin

AC seringkali bermasalah? Salah satu penyebabnya bisa jadi karena remot rusak dan cara setting AC biar dingin termudahnya yaitu mengganti remot dengan yang baru. Untuk mendapatkan rekomendasi terbaik, Anda bisa menggunakan remot AC Aqua yang sudah terjamin kualitasnya.

Tidak bisa dipungkiri kalau AC menjadi kebutuhan primer semua kalangan demi menjaga suhu ruangan tetap nyaman. Sayangnya banyak ditemukan masalah seperti AC yang tidak dingin, dan berikut ini adalah cara mengatasinya!

5 Penyebab AC Tidak Dingin

AC digunakan sebagai pendingin udara. Inilah kenapa kesehatan AC harus diperhatikan demi membuatnya tetap dingin. Nah berikut ini adalah sejumlah penyebab AC tidak dingin yang wajib Anda ketahui.

1. Gas Pendingin Bocor

Penyebab pertama yang membuat AC tidak dingin adalah karena gas pendingin bocor. Waspadalah saat terdengar suara desis yang menjadi tanda kalau saluran gas mengalami kebocoran. Lalu pastikan mengganti selang saluran gas yang sudah bocor tersebut dengan yang baru.

2. Unit Pendingin Kotor

Selain bocor, penyebab AC tidak dingin selanjutnya bisa terjadi karena unit pendingin kotor dan jarang dibersihkan. Rutinlah memeriksa kertas filter yang ada di dalam AC dan bersihkan jika debu sudah menumpuk. Apalagi jika penyaring sudah berubah warna, maka Anda perlu menggantinya sesegera mungkin.

3. Sistem Evaporator Membeku

Jika Anda masih menggunakan perangkat AC jadul dan AC tiba-tiba tidak dingin, maka sudah dipastikan sistem evaporator di dalam unit AC menjadi membeku. Masalah ini timbul akibat sistem evaporator sudah digunakan dalam waktu yang terlalu lama.

4. Masalah Pada Sensor Pendingin Otomatis

Kenapa AC tidak dingin hanya keluar angin? Bisa jadi karena sensor otomatis AC bermasalah. Pasalnya sensor otomatis akan mengatur perubahan suhu sesuai kondisi sekitar ruangan. Jika komponennya rusak, AC tidak bisa memprediksi suhu sehingga tidak dapat menentukan suhu pendinginan yang tepat.

5. Pengaturan AC yang Salah

AC memiliki banyak sekali sistem pengaturan yang bisa Anda sesuaikan. Saat Anda salah mengatur opsi pada unit AC, maka udara yang dikeluarkan akan terasa tidak dingin. Inilah kenapa Anda harus tahu bagaimana cara setting AC biar dingin dengan memeriksa buku manual dari AC yang Anda beli atau ikuti sejumlah tips berikut ini.

6 Cara Setting AC Biar Dingin

AC adalah alat penolong saat cuaca sedang panas. Namun pastinya Anda tidak bisa mengatur suhu AC sembarangan karena unit ini akan bekerja keras saat Anda mengatur suhu secara instan. Lalu bagaimana cara setting AC biar dingin dengan cepat?

1. Atur suhu AC Ideal

Cara setting remot AC pertama harus dilakukan dengan mengatur suhu ideal. Perlu Anda ingat, semakin rendah suhu, maka kompresor AC akan bekerja lebih keras dan membutuhkan daya listrik yang lebih besar. Aturlah suhu ideal ruangan pada rentang 23-25 derajat Celcius.

2. Aktifkan Mode Fan

Selanjutnya jangan lupa aktifkan juga mode fan atau kipas. Fitur ini biasanya dapat disesuaikan seperti auto fan atau tanda balok yang terdiri atas 3 hingga 5 tingkatan. Mode fan berguna agar kipas internal AC dapat otomatis menyesuaikan suhu dingin sekaligus meningkatkan penyebaran angin ke seluruh ruangan.

3. Nyalakan Mode Swing

Cara menaikkan suhu AC yang tidak boleh Anda lewatkan adalah dengan memanfaatkan mode swing. Mode tersebut bermanfaat agar udara dingin dari AC bisa cepat merata ke seluruh ruangan. Biasanya ada dua mode yang dapat dipilih, cobalah menyalakan kedua mode tersebut sekaligus agar ruangan lebih cepat sejuk.

4. Setting Timer Remot AC

Umumnya remot AC memiliki mode timer otomatis untuk menghemat listrik saat memakai AC. Caranya mudah, Anda cukup aktifkan mode ON timer dan atur waktunya. Cara setting AC biar dingin ini juga bisa membuat sirkulasi udara menjadi lebih baik.

5. Aktifkan Mode Dry

Faktanya, ada waktu dimana suhu ruangan menjadi dingin alami karena pengaruh cuaca. Jika Anda ingin tetap menggunakan AC agar hawanya tidak lembab, Anda perlu mengaktifkan mode dry pada AC. Mode tersebut berfungsi menyerap hawa lembab dan juga menjaga suhu tetap dingin dan kering.

6. Pastikan AC Sudah Dalam Mode Cool

AC memiliki berbagai jenis mode, seperti cool, dry, fan, dan auto yang tentunya memiliki fungsi berbeda. Agar ruangan cepat dingin, Anda harus memastikan AC berada pada mode cool.  Dengan menggunakan mode ini, AC akan terasa jauh lebih dingin dengan cepat.

Nah itulah sejumlah informasi lengkap tentang cara setting AC biar dingin dengan cepat. Sekarang waktunya Anda memperbaiki AC yang rusak tersebut agar membuat ruangan menjadi nyaman ditinggali. Bagaimana menurut Anda?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here