Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris dan Artinya yang Menarik Perhatian HRD

Must Read

Seiring dengan banyaknya jumlah perusahaan asing, contoh surat lamaran kerja bahasa Inggris dan artinya banyak dicari baik oleh para lulusan baru maupun mereka yang berniat pindah pekerjaan. Hal ini disebabkan karena dokumen penting ini menjadi sarana komunikasi antara perusahaan dengan pihak pencari kerja.

Surat lamaran kerja tersebut akan digunakan pihak HRD untuk melakukan seleksi terhadap calon karyawan sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan perusahaan. Oleh sebab itu, penting sekali membuat surat lamaran kerja yang profesional dan tidak asal-asalan. Simak contoh surat lamaran kerja bahasa Inggris dan artinya yang bisa Anda pakai sebagai referensi.

Pengertian Surat Lamaran Kerja dan Fungsinya

Surat lamaran kerja adalah dokumen yang ditulis oleh pelamar kepada pihak perusahaan yang dilengkapi dengan dokumen pendukung seperti curriculum vitae, kartu identitas, ijazah, pas foto terbaru dan lainnya untuk memudahkan perusahaan yang dituju gambaran mengenai profil pelamar.

Mengingat surat lamaran kerja adalah dokumen penting, dalam penulisannya harus dibuat dengan bahasa baku dan tidak bertele-tele.

Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris dan Artinya yang Akan Menarik Perhatian HRD

Saat menulis surat lamaran kerja, dibutuhkan poin-poin penting agar maksud pelamar tersampaikan dengan baik kepada pihak perusahaan. Seperti surat lamaran dalam bahasa Indonesia yang harus memperhatikan tata bahasa, cara membuat surat lamaran pekerjaan dalam bahasa Inggris, Anda perlu memperhatikan grammar.

Contoh surat lamaran kerja bahasa Inggris dan artinya dapat Anda lihat lewat contoh berikut :

September 14, 2021

Head of HRD (HRD)

PT Global Lingua

Jalan Kolonel Sugiono 59

Yogyakarta

With respect, (Dengan hormat,)

Based on the information I received from PT Global Lingua has a job opening as Front Officer. In connection with that, I would like to apply for the position. (Berdasarkan informasi yang saya dapat bahwa PT Global Lingua sedang membuka lowongan pekerjaan dengan posisi Front Officer. Berhubungan dengan hal tersebut, saya bermaksud mengajukan lamaran untuk posisi tersebut).

Here is my bio : (Berikut biodata saya : )

Name : Cintya Lubis (Nama : Cintya Lubis)

Gender : Female (Jenis Kelamin : Perempuan)

Status : Single (Status : Lajang)

Place and date of Birth : Yogyakarta, 1st of May, 1993 (Tempat dan Tanggal Lahir)

Education : S1 (Pendidikan)

GPA : 3.00 ( IPK)

Phone number : 08x (Nomor telepon)

Email Address : cintya.lubis@gmail.com (Alamat email)

I can operate software for the office that I believe would assist in the work, I have also attached multiples such as: (Saya dapat mengoperasikan perangkat lunak yang biasa digunakan di kantor yang saya yakini akan membantu pekerjaan, saya juga melampirkan beberapa (dokumen) antara lain:)

  • Curriculum Vitae (Daftar Riwayat Hidup)
  • Copy of transcript (Kopi transkrip nilai)
  • Photocopy of Diploma (FC Ijazah)
  • Latest 3×4 photograph (Foto 3×4 terbaru)
  • ID Government copy (FC KTP)

Thank you for your attention and I hope I can get the chance to join the next test. (Terima kasih untuk perhatian Anda dan saya berharap mendapat kesempatan untuk bergabung di tes selanjutnya).

Best Regards, (Hormat Saya)

Cintya Lubis

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Agar Menarik Perhatian HRD

Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris

Menulis dan mengirimkan surat lamaran terkadang memang menyita waktu. Terlebih setelah dikirim, Anda tidak selalu bisa langsung menerima balasan dari HRD. Hal ini bisa jadi karena posisi tersebut diminati oleh banyak pelamar sehingga memperpanjang antrian.

Nah, salah satu upaya yang dapat Anda lakukan dengan cara membuat surat lamaran kerja yang menarik, berikut trik yang bisa Anda coba :

  • Tulislah surat lamaran kerja yang menggunakan background menarik. Meski tampak sepele namun hal ini memiliki pengaruh secara psikologis karena sesuatu yang berwarna akan terlihat lebih menarik dibanding yang polos. Pilih saja warna-warna serasi.
  • Cantumkan foto serta nama Anda. Dalam hal ini gunakan foto dengan format formal.
  • Jangan sampai ada salah eja. Oleh sebab itu, selalu periksa terlebih dahulu setiap tulisan yang akan Anda kirim.
  • Lengkapi surat lamaran kerja dengan tanda tangan serta pastikan dokumen yang Anda kirimkan bersih tanpa noda atau coretan.
  • Pastikan agar tidak ada dokumen yang tercecer. Hal ini juga menunjukkan sikap cermat dan teliti Anda kepada pihak HRD.
  • Gunakan jenis dan ukuran huruf yang mudah dibaca. Perhatikan juga kerapian format agar lebih nyaman saat dilihat.

Dalam mengirim surat lamaran pekerjaan, kini banyak yang mengandalkan teknologi misal dengan bantuan email. Tak kalah penting terapkan tips berikut agar email Anda mendapat respon yang cepat dari HRD.

  • Perhatikan jam mengirim email karena kecenderungan HRD membuka email akan lebih besar pada jam-jam tertentu, misal pada pagi hari sesaat setelah jam kerja dimulai, siang hari usai istirahat dan sore hari menjelang jam pulang kantor.
  • Pastikan besarnya file tidak lebih dari 2 MB agar proses mengunduh tidak membutuhkan waktu lama. Ingat pekerjaan HRD sangat banyak, mereka akan memprioritaskan file yang terunduh dalam waktu singkat.
  • Jangan kosongi subjek email, isi dengan tujuan Anda mengirim email. Tulis nama dan posisi yang Anda sasar. Hal ini menguntungkan terlebih jika HRD tengah mencari kandidat dalam posisi yang Anda lamar sehingga saat melihat subyek tersebut, mereka akan langsung membukanya.
  • Jangan mengirim satu email ke banyak perusahaan sekaligus. Lebih baik mengirimkan satu email kepada satu perusahaan yang akan memperlihatkan keseriusan Anda.

Nah, itulah contoh surat lamaran kerja bahasa inggris dan artinya yang dapat Anda gunakan untuk melamar pekerjaan di perusahaan asing. HARIANPOST.CO.ID

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Anda Juga Harus Baca Ini

- Advertisement -spot_img