Perangkat Keamanan Data Managed Switch dan Unmanaged Switch

0
251
Managed Switch

Apa itu managed switch dan unmanaged switch? Di era yang serba digital seperti sekarang ini, tidak bisa dipungkiri terjadi banyak ancaman baru. Termasuk terkait keamanan data perusahaan.

Mulai dari ancaman atas informasi keuangan, informasi data karyawan perusahaan, hingga keamanan atas data pelanggan. Ancaman ini bisa terjadi di berbagai jaringan perusahaan. Tak terkecuali terjadi pada jaringan di perangkat switch. 

Berbicara mengenai switch, perangkat ini terus mengalami perkembangan. Perangkat tersebut memiliki beberapa fitur canggih yang menjadikannya sangat handal. Khususnya terkait distribusi data antar komputer.

Namun perlu Anda tahu, bahwa perangkat switch tersedia dalam 2 jenis. Keduanya adalah managed dan unmanaged switch. 

Mengenal Istilah Managed Switch dan Unmanaged Switch

Managed switch adalah tipe perangkat yang memiliki keunggulan dalam hal keamanan yang lebih tinggi. Perangkat juga memiliki fitur kontrol dan pengaturan yang lebih lengkap.

Jenis ini cocok digunakan untuk Anda yang memerlukan perangkat yang bisa dimonitor selama 24 jam dengan akses kontrol jarak jauh. Dengan berbagai fitur ini, tentu tidak mengherankan bila switch managed adalah pilihan yang lebih baik.

Meski begitu, penggunaannya bisa menjadi pilihan yang sangat baik untuk bisnis bagi perkembangan bisnis Anda. Tersedia pula fitur-fitur yang mampu memaksimalkan kecepatan jaringan hingga penggunaan sumber daya.

Fitur ini meliputi pemisahan jaringan, pengaturan arus pengguna, sebagai penyambung network yang berbeda, hingga melakukan kontrol atas arus sistem. Hanya saja, diperlukan pengetahuan dan pemahaman mengenai command-line berbasis teks guna mengatur dan pengoperasian switch managed.

Untuk fitur monitoring di dalamnya, berguna dalam mengkonfigurasi IP address dan melakukan pengecekan transfer data melalui IP address, protokol SNMP, dan lain sebagainya.

Memanfaatkan perangkat managed switch, memungkinkan Anda bisa mengatur jenis data yang akan dikirimkan terlebih dahulu. Switch managed ini menjadi jenis switch yang mempunyai berbagai fitur yang handal.

Kehadirannya mampu menjadi pendukung atas kinerja switch dalam jaringan network komputer. Karena hal inilah, tentu wajar bila harganya juga cukup mahal.

Sementara untuk unmanaged switch adalah tipe perangkat yang tidak dapat dilakukan modifikasi atau diubah pengaturannya. Maka dari itu, kemampuannya hanya untuk meneruskan data saja tanpa mengaturnya. Jelas saja, bila harganya juga lebih terjangkau.

Perangkat tipe ini cocok bila digunakan untuk usaha skala kecil, usaha rumahan, hingga bisnis toko maupun kantor kecil. Dimana dalam pengelolaannya tidak memiliki staf admin khusus IT.

Unmanaged switch sendiri juga tidak memiliki fitur keamanan. Akan tetapi, hal ini tidak akan menjadi terlalu masalah dalam beberapa hal. Terlebih bila penggunaannya ditujukan untuk jaringan kecil. Semisal untuk jumlah komputer 5 hingga 10 unit.

Lain halnya bila bisnis Anda berskala besar ataupun bergerak di bidang yang berkaitan dengan berbagai informasi penting dan sensitif. Tentu saja perangkat switch tipe ini kurang cocok.

Maksimalkan Jaringan dengan Produk Switch Alcatel-Lucent Enterprise!

Untuk memaksimalkan jaringan internet dalam bisnis atau perusahaan Anda, maka sebaiknya pilihlah produk switch berkualitas baik. Rekomendasi terbaik bisa menggunakan produk dari brand Alcatel-Lucent Enterprise.

Alcatel-Lucent Enterprise telah mempunyai perangkat switch managed yang didukung dengan keamanan jaringan terbaik. Berbagai produk switch dari brand ini memiliki banyak fitur keamanan. Contohnya saja seperti berikut.

  1. 802.1X RADIUS access security.
  2. MAC filtering/ port security yang memungkinkan port interface pada perangkat tidak dapat diakses. Kecuali untuk MAC address tertentu saja.
  3. Guest VLAN ditujukan guna mengatur pengunjung di suatu jaringan, hingga fitur broadcast storm recovery.

Dengan berbagai layanan dan fitur ini, maka sangat tepat bila Anda mempercayakan kebutuhan managed switch bersama Alcatel-Lucent Enterprise. HARIANPOST.CO.ID

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here