Pengertian Digital Marketing dan Strategi yang Bisa Digunakan

Must Read

Sudah tahukan Anda pengertian digital marketing dan strategi yang bisa Anda gunakan? Aktivitas belanja online kini menjadi hal yang cukup menarik minat banyak masyarakat seiring dengan masuknya era revolusi industri 4.0. Belanja melalui bantuan gawai memang memberi kepraktisan dan keleluasaan baik bagi pembeli maupun pemilik brand.

Secara umum digital marketing adalah proses pemasaran yang menggunakan bantuan teknologi. Agar bisa meraih hasil optimal kenali kelebihan dan kekurangan setiap strateginya.

Pengertian Digital Marketing Menurut Para Ahli

  • Definisi digital marketing menurut para ahli, Ridwan Sanjaya dan Josua Tarigan, digital marketing adalah kegiatan pemasaran yang memakai beragam media, seperti blog, akun sosial media, website dan lain-lain. Di dalamnya termasuk branding.
  • Kleindl dan Burrow, digital marketing merupakan proses yang mencakup perencanaan dan pelaksanaan mulai dari ide, harga, konsep, distribusi yang saling menguntungkan antara produsen dan konsumen.
  • Pengertian digital marketing menurut para ahli selanjutnya yaitu Heidrick and Struggles, digital marketing adalah pemasaran yang memanfaatkan perkembangan dunia digital untuk membuat iklan tanpa digembar-gemborkan namun memiliki efek sangat berpengaruh.

Kemudahan Transaksi Lewat Digital yang Dirasakan oleh Konsumen

Setelah mengetahui pengertian digital marketing menurut para ahli, selanjutnya adalah alasan kenapa pebisnis harus menggunakannya.

1. Konsumen dapat membeli barang yang tidak dijual di daerah sekitarnya

Tidak semua produk tersedia di seluruh wilayah Indonesia. Kehadiran digital marketing dapat menjadi solusi mengingat prosesnya yang tidak terkendala jarak.

2. Konsumen diuntungkan dengan beragam program promo

Salah satu daya tarik yang dimiliki penjualan secara digital adalah ada banyak sekali promo yang dihadirkan.

3. Konsumen tidak lagi merasakan pegal saat hendak memenuhi kebutuhannya

Saat berbelanja online, pembeli tidak akan lagi merasa pegal karena harus mencari barang yang diinginkan.

Kelebihan Digital Marketing yang Dirasakan oleh Penjual

digital marketing

  1. Penjual akan mendapat jangkauan pembeli yang luas. Transaksi digital sama-sama memberi keuntungan baik bagi konsumen maupun pemilik usaha. Salah satunya adalah jangkauan wilayah yang lebih luas dibanding penjualan secara tradisional.
  2. Penjual dapat membuat iklan dengan budget terjangkau namun hasil lebih efektif karena tepat sasaran. Jika iklan konvensional memakan budget yang tidak sedikit, berbeda dengan iklan media digital yang bisa disesuaikan dengan keuangan yang dimiliki.
  3. Penjual dapat mendengar testimoni secara langsung dari pembeli. Testimoni sendiri berguna untuk perbaikan pelayanan ke depannya.

Beberapa Contoh Media Digital Marketing

digital marketing

Setelah melihat banyaknya manfaat yang didapat dari metode penjualan secara digital, berikut beberapa contoh digital marketing yang dapat dipakai.

1. Blog

Beberapa kelebihan yang dimiliki strategi digital marketing adalah Anda dapat menjelaskan secara rinci kepada audience tentang produk yang Anda miliki. Tak hanya dalam bentuk teks, namun dilengkapi gambar atau video yang menambah kesan estetik.

Salah satu cara optimasi blog yang dapat Anda lakukan adalah membuat konten tulisan SEO agar semakin mudah meraih page one Google sehingga bisnis Anda pun kian dikenal.

2. Memasang Iklan di Sosial Media

Sosial media kini telah menjadi tempat yang digandrungi banyak orang. Tentu, memasang iklan di sosial media dapat Anda jadikan pilihan saat melakukan strategi dalam digital marketing.

Budget iklan yang diperlukan untuk beriklan dengan cara ini relatif lebih kecil dibanding iklan yang dipasang di stasiun televisi, bahkan dengan target konsumen yang bisa disesuaikan.

3. Email Marketing

Digital marketing melalui email memberi Anda banyak keuntungan karena email tidak terpengaruh oleh algoritma seperti pada teknik SEO. Agar semakin efektif, Anda perlu memperhatikan beberapa hal, salah satunya pemilihan kalimat yang membuat nyaman target konsumen agar mereka mau membaca email penawaran hingga akhir.

Beberapa konten yang dapat Anda bagikan lewat email antara lain pemberitahuan tentang promo yang sedang berlangsung, memanfaatkan momen istimewa atau tentang peluncuran produk baru.

Nah, setelah mengetahui digital marketing adalah salah satu cara untuk memasarkan bisnis atau produk Anda, kini Anda dapat memilih strategi berdasarkan profil bisnis Anda.

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Anda Juga Harus Baca Ini

- Advertisement -spot_img