Ini Perbedaan Investasi Saham dan Reksadana Saham yang Wajib Anda Ketahui!

Must Read

Dalam melakukan investasi saham, keberanian dan tekad yang kuat tidaklah cukup. Anda perlu pengetahuan yang baik untuk mendapatkan strategi yang tepat. Beberapa investor yang cukup lama masuk ke dunia investasi pun terkadang masih melakukan investasi saham maupun reksadana saham, pasalnya kedua investasi ini sama-sama bermain di pasar saham. Tentu saja cara kerja keduanya sangat berbeda.

Perbedaan Investasi Saham dan Reksadana Saham

Agar tidak keliru dan bisa menciptakan strategi yang tepat sesuai jenis investasi yang Anda pilih, Anda perlu mengetahui perbedaan investasi saham dan reksadana saham. Berikut ini merupakan beberapa perbedaannya:

1. Perbedaan Modal dan Risiko

Pasalnya untuk dapat melakukan investasi saham Anda membutuhkan modal yang berbeda-beda, tergantung dari nilai jual saham tersebut. Sementara nilai minimal investasi reksadana saham cukup rendah dan umumnya lebih terjangkau, dan dijual dalam satuan unit kelolaan. Meski begitu, tentu hasil yang didapatkan juga berbeda.

Selain itu, dalam hal risiko, reksadana saham dinilai memiliki risiko yang lebih kecil dibandingkan investasi saham langsung. Anda tak perlu khawatir akan hal ini, karena setiap jenis investasi saham tentu memiliki risiko yang harus dihadapi. Yang terpenting Anda dapat membuat strategi yang tepat untuk mengatasi risiko tersebut.

2. Keuntungan

Dengan melakukan investasi saham online, Anda akan mendapatkan potensi keuntungan yang relatif besar dibandingkan reksadana saham. Meski begitu tetap ada beberapa biaya tambahan yang harus dibayarkan oleh investor, yaitu biaya online trading sekitar 0,1 sampai 0,3%.

Sedangkan untuk potensi keuntungan yang didapatkan dari reksadana saham harus dibagi oleh perusahaan manajemen aset, karena investasi saham ini dikelola oleh mereka. Sehingga setiap melakukan penarikan dana, Anda akan dikenakan fee yang mana nominalnya sendiri biasanya disesuaikan dari ketentuan perusahaan manajemen.

3. Pajak

Dalam investasi saham langsung, selain terkena biaya online trading Anda juga wajib membayar pajak sebesar 0,1% di setiap melakukan penjualan dan ketika Anda mendapatkan dividen, Anda akan kembali dikenakan pajak sebesar 10%.

Sedangkan untuk Reksadana saham, investasi ini tidak dikenakan pajak. Meski begitu Anda harus melapor keuntungan yang didapatkan dari reksadana saham ke dalam laporan SPT tahunan.

4. Proses Pencairan Dana

Dalam hal proses pencairan dana juga berbeda. Jika Anda menginginkan proses pencairan dana yang tidak membutuhkan waktu lama dan praktis Anda bisa melakukan investasi saham. Ini memudahkan Anda yang membutuhkan dana dalam waktu cepat.

Sedangkan untuk proses pencairan dana reksadana saham membutuhkan waktu yang cukup lama. Hal ini disebabkan karena adanya perusahaan manajemen atau agen pengelola. Biasanya proses pencairan dana akan masuk ke rekening investor Reksadana sekitar 5 hari kerja.

Meski investasi saham juga butuh pihak ketiga melalui pialang saham yang mana jasanya berupa “menjembatani’ permintaan jual beli. Tentu juga menyediakannya tidak instan, biasanya H+2 dari perintah penarikan dana. Dan proses jual belinya memang kebanyakan sudah instan/real time. Jadi, tidak selama investasi Reksadana saham.

5. Keleluasaan Memilih Saham

Pasalnya dengan melakukan investasi saham secara langsung, investor bisa membeli saham apapun yang ia inginkan. Hal ini dikarenakan investor memiliki kebebasan tersendiri dalam berinvestasi dan dana yang dikelola langsung oleh investornya.

Berbeda dengan investasi saham, dana yang diinvestasikan ke reksadana saham dikelola oleh manajer investasi, maka yang mengatur semua adalah perusahaan manajemen tersebut, termasuk dalam memilih saham yang akan menjadi bagian dari portofolio reksadana saham. Hal ini dikarenakan dana investasi menjadi tanggung jawab perusahaan manajemen tersebut sehingga investor tidak mempunyai andil yang cukup besar dalam memilih saham yang dirasa berpotensi.

Investasi jadi Lebih Mudah dan Praktis dengan DBS Treasures

Investasi saham dan reksadana menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin mendapatkan keuntungan maksimal. Investasi ini sendiri menjadi pilihan untuk diversifikasi investasi dengan pendapatan tetap, saham atau ekuitas, dan pasar uang.

Agar investasi saham dan reksadana jadi lebih mudah dan praktis Anda bisa menggunakan DBS Treasures. DBS Treasures menjadi perbankan prioritas yang memberikan banyak kemudahan dan manfaat untuk penggunanya yaitu:

1. Hasil yang Memuaskan

Saat melakukan investasi saham melalui reksadana saham pasti menginginkan hasil yang maksimal dan memuaskan, guna mendapatkan keuntungan besar. DBS Treasures dapat mendukung investor muda untuk mewujudkan hal tersebut.

Pasalnya dengan investasi saham melalui reksadana saham di DBS Treasures, maka pengelolaan investasi akan dilakukan oleh manajer investasi terkemuka dan profesional yang tak diragukan lagi kinerjanya. Ini membantu Anda mengoptimalkan kinerja investasi saham melalui reksadana. Anda tidak perlu ragu mengeluarkan uang untuk dikelola oleh manajer investasi yang bermitra dengan DBS Treasures, karena akan terus dioptimalkan.

2. Wawasan Berinvestasi

Hal yang tak kalah penting saat melakukan investasi saham dan reksadana bukan keuntungan semata, tetapi wawasan dalam berinvestasi untuk menjadi investor muda yang handal dan ahli kedepannya. DBS treasures akan mendukung investor mudah mendapatkan wawasan tentang investasi saham dan reksadana, yang dipandu langsung oleh tim ahli finansial yang proaktif berkolaborasi menganalisa pasar dan menyampaikan peluang terupdate.

3. Melakukan Diversifikasi

Diversifikasi ini sangat penting untuk mengurangi risiko kegagalan dalam investasi saham dan reksadana. Dalam reksadana saham, dana investor akan disebar ke berbagai jenis aset untuk mendapatkan keuntungan yang optimal.

Itulah beberapa hal mengenai perbedaan investasi saham dan reksadana saham yang bisa Anda ketahui. Berinvestasi di DBS Treasures lebih mudah dan praktis, bisa dilakukan kapanpun dimanapun dalam genggaman melalui Aplikasi digibank by DBS. Mari daftar DBS Treasures sekarang juga untuk bisa merasakan manfaatnya.

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Anda Juga Harus Baca Ini

- Advertisement -spot_img