Kenali 8 Jenis Digital Marketing Ini Agar Bisnis Anda Makin Berkembang

Must Read

Jenis Digital Marketing Ini Agar Bisnis Anda Makin Berkembang – Saat ini bisnis adalah suatu aktivitas yang mampu menarik perhatian banyak orang. Meskipun ketika memulainya harus melalui beberapa proses yang tak mudah, tapi faktanya sebuah bisnis mampu menghasilkan pendapatan tak kalah dengan penghasilan seorang karyawan. Terlebih di zaman serba modern ini, bisnis menjadi semakin mudah dengan banyaknya jenis digital marketing yang dapat dimanfaatkan.

Pengertian Digital Marketing

jenis digital marketing

Secara mudah, digital marketing dapat diartikan sebagai suatu cara untuk mempromosikan bisnis kepada kalangan luas, dengan memanfaatkan jaringan internet. Meskipun dengan cara online, tapi faktanya pemasaran produk dengan menggunakan media pemasaran online ini berpotensi lebih mudah, dan banyak mendatangkan keuntungan, dibandingkan cara promosi biasa atau tradisional.

8 Jenis Digital Marketing

Ada 8 jenis digital marketing yang dapat diterapkan agar bisnis Anda semakin melesat.

1.Website

Website merupakan suatu platform yang berisi informasi apapun terkait bisnis yang sedang Anda jalankan. Seperti informasi tentang bahan dasar, cara konsumsi, harga, dan testimoni produk. Juga terdapat informasi kontak yang bisa dihubungi, jika ada pelanggan membutuhkan produk tersebut. Website ini dipercaya sebagai salah satu cara ampuh meyakinkan calon konsumen, tentang kredibilitas produk yang kamu punya.

2. SEO Marketing

Adalah cara mempromosikan bisnis dengan membuat sebuah tautan yang ditempatkan di halaman pertama mesin pencari. Tentunya dengan harapan agar tautan tersebut, pertama kali terlihat oleh calon konsumen yang membutuhkan suatu produk. Meskipun tak mudah, tapi cara digital marketing ini terbukti mampu mendatangkan pembeli untuk membeli produk.

3. Cost Per Klik

Adalah mempromosikan produk dengan cara membayar setiap calon konsumen, yang berkunjung ke website bisnis Anda. Besaran nominalnya bisa sesuai keinginan sendiri, atau mengikuti rekomendasi. Jenis digital marketing ini sangat berpotensi menjadikan website bisnis Anda, selalu berada di barisan paling atas mesin pencari.

4. Affiliasi

Afiliasi adalah contoh digital marketing dimana Anda bekerja sama dengan perusahaan populer, untuk memperkenalkan bisnis yang sedang dijalankan. Cara yang digunakan bisa berupa konten, iklan, video, blog atau media sosial. Langkah ini juga terbukti mampu mendongkrak performa bisnis Anda.

5. Email Marketing

Email marketing adalah usaha promosi dengan menyampaikan informasi, update bisnis, penawaran menarik, lewat media email kepada calon pelanggan. Cara ini jika tak diatur dengan baik, justru akan berpotensi mengganggu kenyamanan.

Sehingga penting bagi pemilik bisnis untuk mengatur sedemikian rupa, dari segi waktu pengiriman email, dan susunan kalimat dalam konten iklan, agar menarik dan membuat calon pelanggan masih merasa nyaman.

6. Pesan Singkat Melalui Media Sosial

Cara beriklan dengan mengirim pesan berantai lewat SMS atau media sosial whatsapp. Pada prinsipnya sama dengan email marketing, namun media beriklannya saja yang berbeda.

Beriklan dengan pesan singkat lewat media sosial marketing ini, terbukti cepat menarik pelanggan. Hanya saja tetap harus memperhatikan etika pergaulan dalam menggunakan media sosial.

7. Iklan Radio dan Televisi

jenis digital marketing

Adalah jenis digital marketing dengan mengiklankan produk melalui media massa radio dan televisi. Meskipun terbilang cukup tradisional, namun masih efektif sebagai media promosi bisnis.

Biaya promosi di sini relatif tinggi, namun masih sangat efektif untuk mendapatkan pembeli, sebab sebagian besar masyarakat lebih banyak menghabiskan waktunya untuk menikmati media massa ini.

8. Video Marketing

Adalah cara mempromosikan bisnis dengan membuat sebuah video singkat, berisi segala informasi tentang produk yang dijual. Video tersebut biasanya diunggah lewat media sosial Youtube, yang saat ini sangat diminati masyarakat. Selain mudah dan murah, cara video marketing sangat cepat mendongkrak perolehan bisnis Anda.

Itulah 8 jenis digital marketing yang paling digemari oleh pelaku bisnis sebagai media berpromosi. Hanya tinggal mengaturnya sedemikian rupa, serta memperhatikan etika dan norma bermedia sosial, maka digital marketing dapat menjadi salah satu trik jitu melejitkan sebuah bisnis.

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Anda Juga Harus Baca Ini

- Advertisement -spot_img