5 Jenis Olahraga Menambah Berat Badan yang Direkomendasikan

0
386
Jenis Olahraga Menambah Berat Badan

Memiliki tubuh yang ideal dengan berat badan yang pas adalah sesuatu yang banyak diimpikan oleh masyarakat. Memiliki tubuh yang terlalu gemuk atau terlalu kurus tentu tidak baik. Anda yang memiliki masalah tubuh terlalu kurus bisa menambah berat badan dengan berbagai cara. Anda bisa melakukan olahraga menambah berat badan agar mendapatkan berat tubuh yang ideal.

Olahraga Menaikkan Berat Badan

Jenis Olahraga Menambah Berat Badan

Orang-orang umumnya mengetahui jika olahraga bermanfaat untuk mengurangi berat badan. Akan tetapi ternyata terdapat jenis-jenis olahraga yang justru banyak dilakukan oleh mereka yang ingin menaikkan berat tubuh. Jika Anda sedang memiliki program penggemukan maka berikut ini adalah jenis-jenis olahraga menambah berat badan yang direkomendasikan:

1. Olahraga Push Up

Jenis olahraga menambah berat badan pertama yang dapat digunakan sebagai pendukung program menaikkan berat badan adalah push up. Olahraga ini bisa membantu untuk menaikkan massa otot. Anda bisa melakukan olahraga ini di rumah atau di manapun.

Olahraga ini akan membantu meningkatkan massa otot pada bagian punggung dan juga lengan. Lakukan gerakan push up secara rutin serta dibarengi dengan konsumsi makanan sehat.

2. Olahraga Pull up

Jenis olahraga menambah berat tubuh berikutnya yaitu pull up. Gerakan ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan benda kokoh seperti tembok atau bahkan meja. Gerakannya hampir mirip seperti push up saja caranya dilakukan dengan berdiri.

Olahraga ini cocok untuk yang sedang melakukan program penggemukan badan karena tidak seperti kardio yang banyak membakar kalori. Lakukan olahraga secara rutin agar massa otot semakin meningkat dan tubuh menjadi kuat.

3. Olahraga Squat

Olahraga untuk menambah berat badan berikutnya yang juga direkomendasikan untuk menaikkan berat badan adalah squat. Anda tentu sudah mengetahui tentang bagaimana gerakan olahraga yang satu ini. Anda tinggal berdiri lalu menurunkan pinggul seperti ingin duduk dan ulangi gerakan ini secara berkala.

Olahraga ini membuat otot menjadi kencang. Meskipun demikian, gerakan squat tidak terlalu banyak membakar kalori sehingga cocok untuk yang sedang dalam program penggemukan.

4. Olahraga Renang

Berenang sangat cocok untuk Anda yang ingin mendapatkan bentuk tubuh ideal. Hal ini dikarenakan olahraga renang termasuk olahraga yang tidak terlalu berat. Lakukan olah raga ini dengan rileks.

Rutin melakukan olahraga renang dapat melatih otot agar lebih kuat. Renang juga akan melatih tubuh untuk mendapatkan bentuk yang sesuai keinginan.

5. Latihan Beban

Latihan beban juga termasuk olahraga meningkatkan berat badan yang direkomendasikan. Anda bisa mengangkat beban atau bahkan melakukan olahraga yang dapat meningkatkan massa otot. Mengangkat barbel kecil membentuk otot lengan semakin besar.

Olahraga menggemukkan badan seperti ini sangat jauh berbeda dengan olahraga kardio. Kebanyakan orang melakukan olahraga seperti ini untuk membentuk tubuh dan meningkatkan massa otot.

Makanan Penambah Berat Badan

Selain melakukan olahraga menambah berat badan, Anda juga perlu untuk mengkonsumsi makanan yang dapat membantu menambah berat badan. Berikut ini adalah menu diet yang baik dikonsumsi agar tubuh semakin berisi:

1. Mengkonsumsi Protein

Makanan berprotein wajib ada ketika Anda melakukan program penggemukan. Daging ayam atau bahkan daging merah bisa ditambahkan di setiap menu makanan sehari-hari.

2. Mengkonsumsi Susu Tinggi Lemak

Menu selanjutnya yaitu mengkonsumsi susu tinggi lemak. Kandungan lemak serta nutrisi lain yang ada pada susu sangat efektif untuk membantu meningkatkan berat badan. Bagi yang tidak menyukai susu, bisa mencampurkan susu dengan jus buah atau teh sehingga rasanya tersamarkan.

3. Mengkonsumsi Buah-buahan Berlemak

Buah-buahan berlemak seperti pisang dan alpukat juga bisa menjadi pilihan buah yang baik dikonsumsi setiap hari. Buah-buahan ini dikenal memiliki kandungan yang baik untuk meningkatkan berat tubuh sehingga lebih ideal. Banyak dari para binaragawan yang senang mengkonsumsi pisang dan alpukat untuk menjaga berat tubuhnya. Buah ini juga sangat baik untuk meningkatkan massa otot.

4. Konsumsi Karbohidrat

Memperbanyak konsumsi makanan sumber karbohidrat juga sangat dianjurkan. Makanan yang dikenal sebagai sumber karbohidrat antara lain seperti nasi, ubi, kentang, jagung, roti gandum dan lain sebagainya.

5. Konsumsi Kacang-kacangan

Makanan berikutnya yaitu kacang-kacangan. Mengkonsumsi kacang almond sebagai cerminan juga sangat baik untuk membuat tubuh lebih ideal.

Sekarang Anda sudah mengetahui tentang olahraga menambah berat badan dan juga makanan yang direkomendasikan. Lakukan olahraga teratur dan kombinasikan dengan menu makanan sehat yang bernutrisi seperti yang telah disebutkan di atas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here