7 Macam Strategi Pemasaran Yang Perlu Kamu Terapkan Sekarang Juga 

Must Read

Terdapat berbagai macam strategi pemasaran yang bisa diterapkan untuk mensukseskan suatu usaha. Kita mengenal yang namanya strategi pemasaran 4P yang menitik beratkan marketing pada 4 hal yang diawali dengan huruf P yakni Product (produk), Price (harga), Place (lokasi) dan Promotion (pemasaran). Keempat hal ini masih berlaku, tapi dengan perkembangan zaman, strategi pemasaran yang bisa diterapkan jadi bertambah.

Berbagai Macam Strategi Pemasaran Yang Ampuh dan Pasti Berhasil

Kita ingin menerapkan suatu strategi yang pasti berhasil tanpa melalui proses coba-coba dan melakukan trial dan error. Dengan demikian kesuksesan dapat dicapai dengan lebih cepat dan produktivitas dapat dimaksimalkan. Bentuk strategi yang dipilih perlu disesuaikan dengan kemampuan usaha yang menjalankannya. Berikut adalah macam-macam strategi pemasaran yang ampuh dan patut dicoba.

1. Pemanfaatan Media 

Penggunaan berbagai media menjadi suatu macam strategi pemasaran tersendiri yang perlu mendapatkan perhatian. Jumlahnya beragam mulai memiliki akun sosial media, punya situs resmi, mengakomodir komunitas tersendiri sampai memiliki group chat atau layanan lainnya. Perusahaan bisa melakukan promosi dengan gencar hanya dengan memanfaatkan sosmed, bahkan tanpa mengeluarkan biaya pada awalnya.

2. Hubungan Interaktif

Bentuk strategi pemasaran ini terbilang beresiko tapi bila dimaksimalkan dapat mendukung marketing dengan optimal. Perusahaan yang membuka akses interaksi dengan pelanggan dapat menjadi nilai positif bagi calon pembeli lainnya. Sisi negatifnya adalah saat ada komplain bisa dilihat oleh orang banyak, jadi penanganannya harus cepat, tepat dan diplomatis sehingga tidak membuat calon pelanggan lain hilang minat.

3. Direct Selling

Penjualan langsung masih menjadi macam strategi pemasaran yang ampuh, hanya bentuknya yang kini lebih beragam. Perusahaan dapat membuka sistem reseller, dropship, memaksimalkan telemarketing dan bahkan memaksimalkan email marketing. Ini adalah cara marketing yang berpadu antara cara lama dan baru, pertimbangkan sesuai dengan produk dan jasa yang ditawarkan.

4. Optimasi Konten

Contoh strategi pemasaran yang efektif di era digital saat ini adalah memikirkan konten dan bukan hanya sekedar beriklan. Perusahaan yang menjual produk diet perlu membahas berbagai konten seputar bidang tersebut untuk membentuk korelasi menyambung. Dengan demikian konsumen akan merasakan nilai lebih seperti informasi, edukasi, dan komunitas pendukung dengan memakai produk atau jasa yang ditawarkan.

5. Kolaborasi

Satu hal yang tidak bisa dipungkiri adalah tidak ada perusahaan yang bisa sukses sendirian. Melakukan kerjasama dengan pihak lain menjadi hal lumrah. Mulai dari menyediakan diskon kalau membeli dari toko tertentu, membayar dengan bank yang sudah ditunjuk atau mendapatkan potongan harga dari influencer atau youtuber. Lakukan kerjasama adalah suatu macam strategi pemasaran yang banyak ragamnya dan tidak selalu berupa uang.

6. Traffic Organik

Kamu ingin konsumen yang benar-benar berminat tanpa ada manipulasi sama sekali. Hal ini dinamakan sebagai trafik organik atau pengunjung dan peminat yang diarahkan akhirnya mencapai titik tinggal bayar atau melakukan transaksi. Strategi marketing ini memerlukan pemahaman SEO (search Engine Optimization), Funneling dan masih banyak lagi.

7. Branding Dengan USP (Unique Selling Point)

Satu lagi strategi marketing yang bisa dipertimbangkan untuk diterapkan adalah USP. Dengan menetapkan suatu hal berbeda dengan kompetitor, perusahaan dapat melakukan kampanye dengan menitik beratkan pada hal-hal unik tersebut. Promosi jadi lebih fokus, interaksi dengan pelanggan juga akan memiliki pedoman. Dengan demikian branding pada benak konsumen dapat terbentuk dan mendukung pemasaran.

Demikianlah beberapa macam strategi pemasaran yang kamu perlu diterapkan pada bisnis. Selain mengadopsi berbagai cara-cara yang sudah lama terbukti berhasil, kamu juga perlu mencoba metode baru yang kekinian. Membuat rencana digital marketing yang bervariasi dan trending akan membantu usahamu untuk dapat sukses dan secara pemasaran mendapatkan keuntungan besar.

- Advertisement -spot_img

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Anda Juga Harus Baca Ini

- Advertisement -spot_img