Manfaat dan Efek Samping Niacinamide pada Kulit

0
372
Niacinamide

Tahukah Anda apa saja manfaat dan efek samping niacinamide? Sejauh ini hanya fungsi niacinamide seperti untuk mencerahkan kulit atau menyamarkan noda hitam adalah yang paling terkenal. Sayangnya untuk efek samping yang dimiliki justru jarang untuk dibahas. 

Tidak hanya itu, manfaat dari kandungan ini ternyata juga lebih banyak dan masih belum dikenali oleh masyarakat luas. Anda yang saat ini sedang mencari produk perawatan kulit harus tahu lebih lanjut mengenai manfaat dan efek sampingnya ini. 

 Manfaat dan Efek Samping Niacinamide yang Wajib Diketahui 

Niacinamide atau yang disebut juga dengan niasin adalah salah satu bentuk dari vitamin B3. Vitamin B3 sendiri merupakan yang sangat dibutuhkan oleh kulit agar lebih sehat serta cerah. Jadi tidak heran jika niacinamide banyak digunakan untuk produk perawatan kulit. 

Sejauh ini ada beberapa manfaat dan efek samping niacinamide yang bisa Anda belajar yaitu:

  • Menyamarkan Flek Hitam 

Niacinamide kerap menjadi tagline dari produk perawatan kulit yang ampuh untuk menyamarkan noda hitam. Memang benar niacinamide mampu menyamarkan noda hitam pada kulit karena kandungan ini dapat merangsang produksi kolagen kulit. Manfaat ini bisa Anda rasakan jika rutin menggunakannya, setidaknya setelah 4 minggu hasilnya mulai terlihat. 

  • Melembabkan Kulit 

Manfaat niacinamide untuk badan yang paling dicari adalah dapat melembabkan. Hal ini disebabkan niacinamide bisa menciptakan lapisan penghalang lemak sehingga kelembaban dapat terjaga. Ditambah lagi, niacinamide akan mengunci kelembaban serta membentuk protein. 

  • Mengatasi Produksi Minyak Berlebih 

Anda memiliki produksi minyak berlebih baik di wajah atau anggota tubuh lainnya? Selama menggunakan produk perawatan yang mengandung niacinamide maka produksi minyak berlebih dapat dikendalikan. Pasalnya niacinamide mampu mencegah kelenjar sebasea supaya tidak memproduksi minyak berlebihan. 

  • Mencegah Timbulnya Jerawat

Berhubungan dengan kemampuannya mencegah kelenjar sebasea tadi, akibatnya jerawat pun tidak mudah untuk timbul. Kulit jadi tidak memiliki minyak berlebih yang bercampur dengan kotoran di kulit sehingga mengubahnya menjadi jerawat. 

  • Mencegah Kanker Kulit 

Hati-hati dengan kanker kulit jika Anda kerap beraktivitas langsung di bawah paparan sinar matahari. Selama Anda menggunakan produk perawatan dengan niacinamide maka kanker kulit dapat dicegah. Alasannya niacinamide akan mempercepat perbaikan DNA kulit yang rusak karena sinar UV. 

  • Alergen untuk Kulit Sensitif

Sejauh ini penggunaan niacinamide aman untuk kulit namun tidak bagi Anda pemilik kulit sensitif atau alergi dengan kandungan ini. Beberapa reaksi bisa muncul jika tidak cocok seperti kemerahan, gatal hingga bengkak. 

Lebih aman jika Anda melakukan uji coba sebelum menggunakan produk dengan niacinamide. Caranya adalah dengan mengoleskannya di area lengan bawah dan tunggu 24 jam. Jika Anda merasakan alergi sebaiknya segera bilas dan hindari pemakaiannya. 

Bahaya niacinamide ini harus Anda perhatikan jika memiliki kulit sensitif. Apabila ingin mencobanya mulailah dengan mencari produk dengan kandungan niacinamide paling rendah yaitu 2%. Jika Anda tidak memiliki masalah maka pilih produk dengan kandungan 5%. 

Tidak hanya pada produk skincare seperti pelembab wajah, serum dan sejenisnya, niacinamide bisa Anda temukan juga pada deodorant. Dove Ultimate Repair Antiperspirant Deodorant Roll On juga memiliki kandungan niacinamide. 

Kandungan tersebut bekerja untuk memperbaiki kulit ketiak Anda sehingga noda gelap pun segera menghilang. Jika Anda memiliki ketiak hitam, pakai Dove Ultimate Repair ini secara rutin. Tidak hanya noda hitam, tubuh juga akan terbebas dari bau badan. 

Sudah paham apa saja manfaat dan efek samping niacinamide? Mulai sekarang selalu pastikan membaca kandungan pada produk skincare sebelum membelinya. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here