Manfaat Internet of Things di Indonesia

0
474
Internet of Things

Apa itu internet of things? Secara umum internet of things merupakan sebuah konsep yang dijelaskan untuk sebuah program yang digunakan untuk pengiriman data. Data-data tersebut dapat dikirim melalui jaringan internet tanpa kabel. Internet of things disebut juga dengan vendor IoT. IoT ini sering dimanfaatkan sebagai metode komunikasi. Selain itu IoT juga merupakan sebuah teknologi yang berupa nirkabel dan QR code.

Kemampuan dari vendor ini salah satunya yaitu teknologi yang dimanfaatkan untuk sensor cahaya, suara, suhu dan lainnya. Setelah itu sensor tersebut dapat dibaca dan dikirim berupa data yang terbaca di server menggunakan internet dan dianalisis.

Data yang dikirim berupa format-format tertentu yang telah disetting sebelumnya oleh pengguna. Sehingga sensor data tersebut dapat dibaca oleh perusahaan atau bidang tertentu yang menggunakan menjadi sebuah sinyal atau kode.

Pengertian Internet of Things

Internet of Things adalah perangkat komputasi yang memiliki koneksi dan mobilitas untuk komunikasi dan berbagai akses lain di internet. IoT digunakan setiap hari hampir oleh semua penduduk bumi. Dimana manfaatnya yang semakin hari semakin maju di semua bidang seperti industri, kesehatan, perikanan, peternakan dan bidang lainnya.

Saat ini Telkom sudah menyediakan dan mengembangkan jaringan internetnya menjadi vendor IoT. Salah satu manfaat Telkom IoT di bidang industri di Indonesia adalah dapat meningkatkan produktivitas kerja yang salah satunya bisa menjadi monitor bagi setiap laporan pekerjaan kepada semua pekerja.

Adanya IoT ini dapat mempermudah setiap pekerjaan. Dimana di masa pandemi ini mengharuskan setiap pekerja untuk mengenal dan belajar mengenal digital.

Selain di bidang industri, Telkom IoT juga bisa menjadi sebuah alat pemantauan atau monitoring untuk aktivitas dan kegiatan yang ada di perkotaan. Setiap aktivitas dapat terpantau dengan baik dengan sistem jaringan IoT. Seperti masalah kriminal, lalu lintas dan pengelolaan limbah sampah yang menumpuk dimana-mana.

Manfaat Telkomiot.com yang sudah dikembangkan sebagai vendor IoT di Indonesia pada bidang industri yaitu untuk pembangunan, teknologi dan jaringan, transportasi dan logistik, mengatur keamanan, perdagangan, agrikultur, keuangan dan di dunia kesehatan. Semua dapat dipermudah dengan memanfaatkan vendor IoT Indonesia di Telkom.

Manfaat Internet of Things di Indonesia

Internet of Things

Internet of Things di Indonesia memiliki beberapa manfaat yang telah diterapkan di berbagai Negara. Di Indonesia IoT juga memiliki beberapa manfaat yang sama yaitu:

  • Mempermudah Koneksi Internet

Proses koneksi antara perangkat dapat berjalan mudah dengan Internet of Things. Koneksi pada setiap jaringan internet bisa berjalan dengan baik, cepat dan mulus. Selain itu koneksi internet untuk komunikasi juga semakin canggih.

  • Meningkatkan Proses Monitoring di Setiap Kegiatan

Menggunakan Internet of Things dapat membuat waktu dan tenaga lebih efektif. Anda dapat mengontrol dan memonitoring setiap pekerjaan para pekerja dimanapun dan kapanpun. Selain itu proses akan berjalan cukup mudah hanya dengan bantuan telkomiot.com IoT.

  • Pengelolaan Kota dengan Sistem Smart City

Konsep smart city berdasarkan solusi dari IoT yaitu memberikan masa depan canggih dan gemilang. Sistem smart city dengan IoT Indonesia dapat memberikan beberapa solusi dari masalah yang dihadapi saat ini. Salah satu contohnya yaitu seperti mengelola limbah sampah, meningkatkan kesehatan masyarakat dengan monitoring kesehatan dan pengelolaan keamanan dan lainnya bisa dilakukan dengan bantuan internet of Things.

Itulah sedikit penjelasan tentang apa itu Internet of Things yang kini semakin marak digunakan setiap orang. Sehingga manfaatnya juga bisa diaplikasikan dengan mudah di berbagai bidang. harianpost.co.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here