Mengenal Coco Mesh serta Pemanfaatannya dalam Berbagai Industri

0
181
Mengenal Coco Mesh

Terdapat banyak cara untuk memanfaatkan limbah sabut kelapa, salah satunya dengan dibuat coco mesh. Coco mesh merupakan serat sabut kelapa yang diurai, dikeringkan lalu dijalin menggunakan ukuran sesuai keinginan.

Setelahnya coco mesh akan dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Simak penjelasan selengkapnya mengenai pemanfaatannya serta kelebihan coco mesh bila dibanding material lain lewat pemaparan di bawah ini.

Pemanfaatan Coco Mesh dalam Berbagai Industri

Pohon kelapa merupakan tanaman yang mudah ditemukan di Indonesia. Hal ini membuat bahan baku coco mesh yaitu sabut kelapa amat mudah didapat. Namun tahukah Anda untuk apa saja penggunaan coco mesh? Simak selengkapnya!

  • Sebagai Penguat Badan Jalan

Kegunaan coco mesh atau yang memiliki nama lain coco net antara lain sebagai penguat badan jalan. Hal ini banyak diterapkan di luar negeri, misalnya Korea. Coco net yang dipakai memiliki ukuran diameter jaring yang lebih besar dibanding diameter coco net pada umumnya, dengan kerapatan anyaman yang lebih rapat.

Penggunaan coco net pada jalanan taman akan menghadirkan kesan estetik. Coco net dapat bertahan 4 hingga 5 tahun dengan bahan yang ramah lingkungan.

  • Digunakan untuk Pencegah Longsor pada Bukit

Coco mesh juga dimanfaatkan sebagai pencegah longsor pada bukit yang miring. Aliran deras air hujan bisa menyebabkan tanah di lahan miring bisa longsor. Keadaan ini sebenarnya bisa dicegah dengan adanya tanaman yang tumbuh di atasnya.

Namun bisa jadi benih yang ditanam di atas lahan belum sempat memiliki akar yang kuat sehingga longsornya tanah tidak bisa dihindari. Dengan adanya coco net, benih yang disebar bisa memiliki area untuk tumbuh sehingga longsornya bukit bisa dicegah.

  • Digunakan Sebagai Media Tanam di Area Bekas Tambang

Selain itu, pemanfaatan cocomesh reklamasi tambang juga banyak dilakukan karena biasanya area bekas tambang merupakan lahan tandus.

Cara ini banyak dipilih karena cukup efektif dalam mencegah erosi lahan bekas tambang hingga mampu menghijaukan lahan dengan menanam benih di atasnya.

Sifat sabut kelapa yang dapat menahan air dapat menciptakan vegetasi tanaman serta memungkinkan tanaman untuk tumbuh tanpa kehilangan daya cengkramnya terhadap tanah.

Coco net yang bersifat tahan lama, lambat laun akan menyatu dengan tanah sehingga dapat menjadi humus bagi benih yang ditanam di atasnya. Selain itu, penggunaan coco mesh reklamasi tambang dapat mencegah erosi akibat angin maupun hujan lebat di lahan tersebut.

Keunggulan Coco Mesh Dibanding Material Lainnya

Nah, setelah Anda mengetahui kegunaan coco net mulai dari pembangunan jalan, pencegah erosi hingga coco mesh reklamasi tambang, simak berbagai keunggulan yang membuatnya banyak dijadikan pilihan dibanding material lain, yaitu:

  • Ramah Lingkungan

Berasal dari sabut kelapa, membuat coco net memiliki sifat ramah lingkungan. Tentu penggunaan dalam jumlah besar tidak akan berdampak buruk bagi lingkungan.

  • Tahan Lama Namun Dapat Terurai

Meskipun alami, namun coco net sabut kelapa dapat dipakai dalam waktu lama. Sifat sabut kelapa yang dapat menahan air membuatnya bisa dijadikan media bagi benih untuk tumbuh yang bisa terurai langsung ke dalam tanah.

  • Bantu Kurangi Limbah dengan Baku Mudah yang Ditemukan

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, pohon kelapa dapat ditemukan dengan mudah di Indonesia. Bahkan pemanfaatan sabut kelapa kerap kurang maksimal sehingga membuatnya hanya berakhir limbah. Tentu pembuatan coco net akan menambah daya jual sabut kelapa serta bantu mengurangi limbah.

Setiap bagian pohon kelapa dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan, tak terkecuali sabut kelapa yang dijadikan bahan baku coco mesh.  Bagi Anda yang sedang membutuhkan coco mesh reklamasi tambang atau untuk kepentingan lainnya, bisa menghubungi Tanami dengan nomor WhatsApp +62 812-1233-3590 dan email info@indonesiacocopeat.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here