Mengenal Software ERP: Pengertian dan Kegunaannya bagi Bisnis

0
97
Mengenal Software ERP Pengertian dan Kegunaannya

Dalam sebuah perusahaan membutuhkan integrasi dan perencanaan yang matang. Oleh karena itu, biasanya membutuhkan bantuan semacam aplikasi atau software untuk membantu jalannya integrasi ini. Salah satunya adalah menggunakan software ERP (Enterprise Resource Planning).

Pengertian Software ERP

Sistem ERP adalah sebuah paket sistem dan software enterprise resource planning yang bisa dipakai perusahaan untuk mengelola kegiatan bisnis harian mereka, seperti mengelola keuangan, produksi, pengadaan, proyek, SDM, dan lain-lain.

Sistem ini sendiri adalah aplikasi yang bisa memberikan fasilitas bisnis dengan informasi real-time dan akurat, sehingga Anda dapat membuat keputusan bisnis dengan baik berdasarkan data yang dihasilkan. Biasanya data didapat dari kumpulan data transaksi bersama dari berbagai sumber. Selain itu, sistem ERP ini mencegah duplikasi data dengen memberikan integritas data.

Kegunaan ERP Bagi Bisnis Anda

Ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari penggunaan software ERP ini untuk perusahaan Anda, seperti

1. Efisiensi

Sistem ERP ini mampu menyederhanakan berbagai macam aktivitas operasional yang memakan banyak waktu dan tenaga. Contohnya seperti tugas inventaris, pembagian tugas ke karyawan, pemantauan jam kerja, penggajian, membuat laporan keuangan, dan lain-lain yang bisa dilakukan secara otomatis menggunakan ERP modul yang ditawarkan.

Dengan begitu, tim menjadi lebih fokus terhadap pekerjaan masing-masing tanpa mengganggu tim lain. Misalnya saja tim marketing dapat memantau laporan web traffic harian tanpa harus meminta ke tim IT dan tim akuntansi bisa membuat laporan keuangan tanpa bergantung ke manajer penjualan.

Selain itu, data juga bisa diakses dengan cepat oleh manajer dan pemangku kepentingan di perusahaan. Secara real time.

2. Meningkatkan Kolaborasi

Data dari satu departemen ke departemen lain yang bisa diakses dengan mudah satu sama lain bisa meningkatkan kolaborasi antar departemen.  Sehingga lebih mudah untuk sharing ide yang dapat membangun perusahaan.

3. Menghemat Biaya Operasional

Dengan menggunakan ERP, aktivitas operasional bisa dijalankan secara otomatis sehingga segala gangguan, kendala, dan kerusakan bisa diantisipasi dengan baik.

Selain itu seluruh pekerjaan kompleks bisa diselesaikan lebih cepat sehingga mengurangi lead time. Dengan begitu, perusahaan dapat mengurangi biaya tenaga kerja karena ERP mampu mengambil alih berbagai pekerjaan manual.

4. Keamanan Data Semakin Meningkat

ERP sistem ini memiliki firewall  dan kontrol pembatasan yang mampu mencegah pelanggaran data. Sehingga seluruh data yang disimpan dapat terpusat sehingga titik akses dapat dimonitoring secara ketat dan keamanannya terjaga. Selain itu, admin yang bertanggung jawab mengelola data bisa memberikan hak akses terbatas ke karyawan.

Misalnya HR dapat menyembunyikan data penting hanya untuk dirinya dan pemangku perusahaan saja. Sedangkan hak karyawan bisa melihat data keuangan mereka masing-masing.

Lalu, admin juga bisa menghentikan akses karyawan yang telah diberhentikan dan memberikan akses ke karyawan baru.

5. Membuat Perkiraan Bisnis yang Akurat

Para pemangku perusahaan biasanya bergantung pada laporan untuk membuat perkiraan rencana untuk pengembangan bisnis. Oleh karena itu, penting bagi sebuah bisnis untuk mendapatkan laporan real time, lengkap, dan konsisten. Solusi dari aplikasi ERP ini adalah memberikan saranan yang bisa memfasilitasi hal-hal tersebut.

Biasanya laporan dalam sistem ERP ini menggunakan filter dan analitik canggih untuk menyaring ketidakkonsistenan data. Sistem ini mampu memastikan data yang diperoleh dan dihasilkan pada waktu sebenar-benarnya. Sehingga laporan bisnis yang akurat ini dapat membantu pemangku perusahaan bisa menghasilkan keputusan terbaik bagi bisnis.

Keren, bukan? Pekerjaan Anda dan karyawan dalam mengelola perusahaan bisa menjadi lebih mudah dengan aplikasi ERP ini. Apabila Anda berminat, software ini bisa Anda dapatkan dengan mudah melalui Gamatechno.com, salah satu penyedia sistem IT terbaik di Indonesia.

Dengan ERP, Anda bisa memanajemen SDM, keuangan, customer, dan lain-lain dengan mudah dan cepat serta aman. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan laporan secara real time sehingga membantu pengambilan keputusan pengembangan usaha yang lebih baik. Kelola usaha dengan mudah, cepat, dan aman dengan software ERP dari Gamatechno!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here