Lengkap! Ini Dia Cara Meningkatkan Traffic Blog yang Efektif Menurut Bang Doel

0
350
Meningkatkan Traffic Blog

Cara Meningkatkan Traffic Blog yang Efektif – Merasa stuck dengan traffic blog kamu? Gimana sih cara meningkatkan traffic blog? Para blogger yang mengincar traffic pasti memiliki segudang pertanyaan soal ini. Padahal udah rutin posting, mikirin konten, buat gambar, dll. 

Makanya, kesempatan webinar sama bang Doel yang diadain sama Grup Blogwalking Asik kemarin sebenernya sayang banget buat dilewatkan. Karena materinya daging banget. Nggak cuman itu, pematerinya juga bukan main main ya, ngerayu buat mau jadi pematerinya aja gituuuu deh,,, wkwkwk

Bang doel ini pemilik blog doel.web.id, kopitekno, dan “puluhan” blog yang masih dirahasiakan. wkwkwk.

Dia seorang praktisi yang menurutku pribadi patut diacungi jempol. 11-12 sama uda fadli yang ilmunya saklek manut apa kata google, alias dasar ilmunya ngeblognya benar-benar berasal dari sumber yang kredible gitu loh. Makanya nggak heran dikit-dikit masalag blogging tanya-nya ke bang doel atau uda aja.

Ibarat orang islam tuh, mereka berdua belajar agamanya langsung dari Alquran atau kitab-kitab gitu loh, bukan dari sumber kajian yang ngasal. Mudeng nggak sih?

Nah, lanjut.

Menjadi seorang blogger itu memang harus sering bereksperimen dan terus mencoba. Karena hal yang sama juga telah dilakukan oleh para blogger ternama. Bahkan akhirnya mereka menemukan jurus jitu yang membuat blog mereka memiliki traffic tinggi. 

Nah, supaya kamu nggak minder apalagi berhenti mengembangkan blog yang udah tahunan, simak trik yang mudah untuk dilakukan ini. Ini sedikit banyak yang bisa diringkas dari penyampaian bang Doel kemarin.

Tiga Tahapan Penting dalam Cara Meningkatkan Traffic Blog 

Mengapa traffic itu penting? Traffic adalah jumlah pengunjung dari blog atau website. Ketika pengguna internet mengunjungi blog milikmu maka jejak rekam pencarian mereka akan terekam oleh domain. 

Bagi kamu yang menggunakan blog untuk diary atau hobi dan nggak butuh orang lain membaca, tentu nggak perlu pusing mikirin soal traffic. Tapi beda jika kamu menulis agar dibaca banyak orang, traffic jadi tolak ukur yang sangat penting. 

Ada banyak sekali manfaat yang dihadirkan oleh traffic blog tinggi. Kamu tentu akan merasa puas bahwa tulisanmu bermanfaat bagi pembaca. Selain itu juga bisa mendatangkan cuan. Tidak dapat dipungkiri bahwa manfaat yang kedua tersebut kini banyak dikejar oleh blogger. 

Lalu bagaimana cara meningkatkan traffic blog yang perlu kamu ikuti? Ada tiga tahapan yang wajib dilakukan. Yuk langsung saja simak apa saja tahapannya. 

Tahap 1. Persiapan Sebelum Pembuatan Konten 

Konten adalah inti dari blog yang akan mendatangkan traffic, oleh karena itu dibutuhkan persiapan sebelum membuatnya. Tahapan ini sangat krusial karena akan menentukan seberapa banyak traffic yang akan didatangkan. 

Pada tahapan ini ada tiga tahapan lagi yang perlu dilakukan. Pertama adalah audit on page, kedua adalah riset keyword dan terakhir optimalisasi di Google Search Console. 

Tahapan Audit on Page 

Cara meningkatkan traffic blog selalu dimulai dengan tahapan ini, di mana kamu harus mengukur soal kecepatan akses blog, user interface (UI), dan user experience (UX) sampai dengan struktur halaman. 

Setidaknya keempat hal tersebut perlu dipastikan dalam kategori aman. Soal pengecekannya kamu bisa menggunakan tools gratisan seperti Pagespeed Insight atau Lighthouse. 

Cukup dengan memasukan url blog dan lihat hasilnya dari keempat aspek tersebut. Masing-masing tidak perlu sampai angka 100, yang terpenting adalah minimal di atas 70 persen. 

Apabila salah satu menunjukkan angka di bawah 70, kamu bisa cek pada bagian diagnostik. Misalnya saja ada masalah di user experience, di mana tampilan gambar terlalu lama dibuka oleh pengguna. 

Masalahnya bisa karena ukuran gambar yang terlalu besar dengan resolusi lebih dari 1MB. Padahal Google menyarankan gambar untuk postingan adalah di bawah 100kB. Hal-hal seperti inilah yang bisa diperbaiki. 

Selain dari tools gratisan tersebut, kamu juga bisa mengecek kesehatan dari blog menggunakan Ahrefs. Hanya saja tools ini berbayar, jadi kalau kamu sudah menghasilkan banyak uang dari blog perlu coba Ahraf untuk informasi yang lebih detail. 

Tahapan Riset Keyword 

tahapan riset keyword

Masih dalam persiapan sebelum membuat konten, pada tahapan ini kamu harus melakukan riset keyword. Ada banyak sekali tools yang bisa digunakan untuk riset seperti Google Suggest, Keyword Planner, Ubersuggest, Ahrefs, Rank Math, Keywordtools.io, dll. 

Selama ini tools apa saja yang sudah kamu gunakan? Atau malah belum sama sekali? Riset keyword ini penting untuk meningkatkan konten kamu bisa masuk ke peringkat terbaik Google. 

Ada di peringkat terbaik halaman Google akan meningkatkan traffic tentunya. Oleh karena itu tools gratisan seperti Google Suggest dan Google Keyword Planner perlu dicoba. Hal yang penting diperhatikan bukan sekedar keyword dengan volume besar saja. 

Hanya menyasar keyword volume besar tidak menjanjikan artikel kamu bisa ada di halaman pertama Google, karena banyak juga kompetitornya. Cara paling mudah adalah dengan menggunakan Google Search Console (GSC). 

Bukalah GSC kemudian kik bagian performance dan klik Quieres. Nah, hasil yang terlihat adalah kata kunci yang banyak dicari oleh pengunjung blog milikmu. Kamu bisa mengatur untuk melihat pencarian sesuai waktu yang diinginkan seperti seminggu atau sebulan terakhir. 

Tahapan Optimalisasi GSC

Sebelum membuat konten kamu juga harus mencari keyword turunan atau yang dikenal juga sebagai Latent Semantic Indexing (LSI) keyword. Keyword ini merupakan kata kunci yang berhubungan dengan keyword utama. 

Baik keyword utama, keyword turunan inilah yang akan dimasukkan ke dalam konten di blog. Tentunya pada artikel yang memiliki satu tema. 

Tahap 2. Persiapan Saat Pembuatan Konten

Persiapan Saat Pembuatan Konten

Cara meningkatkan traffic blog juga dilakukan pada persiapan ketika kamu membuat konten. Persiapan ini berhubungan dengan SEO on page yang nantinya akan meningkatkan traffic. 

Setidaknya ada delapan hal yang harus diperhatikan pada saat kamu membuat konten. 

  1. Menentukan Search Intent dan membuat schema markup
  2. Memasukan keyword pada judul. 
  3. Menghindari keyword stuffing, yaitu jumlahnya berlebihan dan peletakannya berdekatan antar paragraf. 
  4. Keyword dimasukkan dalam artikel dan H2. 
  5. Keyword turunan atau LSI keyarid dimasukan juga dalam artikel. 
  6. Tambahkan gambar yang ukurannya tidak lebih dari 30 kB dengan format .webp. 
  7. Tambahkan internal link supaya terbentuk koherensi antar halaman blog. 
  8. Tambahkan eksternal link atau link yang keluar ke halaman website lain yang jadi sumber atau acuan konten. 

Kedelapan tips ini bisa kamu mulai terapkan satu per satu dari sekarang. Jika artikel yang sudah diposting ada yang belum sesuai, kamu bisa mulai mengeditnya. Tentunya jika ingin traffic blog segera meningkat. 

Tahap 3. Persiapan Sesudah Konten Dibuat

Konten sudah di publish, tapi bukan berarti kamu bisa santai-santai. Masih ada follow up yang harus dilakukan blogger, apa saja itu? 

Pertama kamu harus memastikan bahwa artikel terindeks di Google. Kalau tidak terindeks sudah pasti tidak ada traffic, karena artikel yang kamu posting nggak muncul di pencarian. 

Kedua, jika sudah terindeks kamu bisa langsung share ke media sosial. Jadi nggak cuma bergantung dengan hasil pencarian Google. Kamu pun bisa jemput bola mendapatkan traffic dari medsos. 

Ketiga kamu juga bisa share ke group support. Masih ada satu lagi hal yang bisa kamu dilakukan untuk mendapatkan traffic yaitu optimasi offpage. maksudnya adalah optimasi yang dilakukan di luar website. 

Caranya bisa dengan link building, Google Bisnisku, Business Listing, Brand Mention, dan masih banyak lagi. 

Kurang lengkap apalagi dari ketiga langkah ini? Kamu yang baru belajar tentu butuh beberapa hari untuk mulai menerapkannya. Apalagi dalam hal persiapan sebelum membuat konten yang paling banyak porsinya. 

Tapi kalau kamu rutin mulai menata konten di blog dari sekarang dan melakukan optimasi di jalur yang tepat, niscaya traffic akan langsung melejit dalam waktu dekat. Harianpost.co.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here