5 Menu Sarapan Pagi yang Sehat dan Mudah Dibuat, Gak Makan Waktu!

0
45
Menu Sarapan Pagi yang Sehat

Sarapan pagi merupakan salah satu aspek terpenting dalam menjalani aktivitas keseharian. Aktivitas pada pagi hari ini merupakan permulaan yang penting untuk hari kamu karena sarapan dapat memberikan pasokan energi yang cukup untuk memulai aktivitas kamu.

Karena sangat pentingnya, sarapan juga dapat menghindari dampak buruk bagi tubuh seperti obesitas, peningkatan hormon kortisol, kekurangan produktivitas tubuh, dan penyakit jantung.

Tentu saja dampak tersebut bisa dihindari dengan sarapan yang sehat. Namun, kebanyakan orang seringkali melewatkan sarapan karena terkendala waktu atau kesulitan dalam menyiapkan sarapan.

Padahal, sarapan yang sehat tidak selalu sulit untuk dibuat. Ada juga menu sarapan yang praktis, namun tetap mengandung banyak gizi yang cukup. Di sini, kami memiliki rekomendasi ide menu sarapan pagi yang sehat dan mudah dibuat.

Ide Menu Sarapan Sehat dan Mudah Dibuat

Sarapan yang bergizi tentu dapat menopang aktivitas keseharian kamu agar lebih baik. Berikut ini beberapa ide menu sarapan sehat yang bisa kamu buat dengan mudah dan cepat.

1. Telur orak-arik

Protein merupakan salah satu zat yang terpenting dibutuhkan oleh tubuh. Selain fungsinya sebagai sumber energi, protein juga berfungsi untuk menghasilkan enzim dan memperbaiki sel. Protein sendiri dapat ditemukan di bahan makanan seperti telur. Selain protein, telur juga mengandung Vitamin B dan zat kolin yang penting untuk meningkatkan kerja memori.

Menu sarapan dari bahan telur sendiri sangat mudah dibuat dan cepat untuk dimakan. Telur juga dapat dikombinasikan dengan nasi maupun roti sebagai sumber karbohidrat.

2. Smoothies

Smoothies merupakan menu sarapan sehat berbentuk minuman yang sangat mudah untuk dibuat. Smoothies dapat dibuat dengan mencampur yogurt, air es, dan buah-buahan favorit kamu. Kebanyakan orang membuat smoothies dengan buat pisang atau strawberry.

Menu sarapan ini dapat memberi asupan energi dan menstabilkan gula darah, juga dapat memperbaiki pencernaan tubuh.

3. Oatmeal

Makanan dengan serat tinggi dapat diserap dengan mudah oleh tubuh sehingga energi dapat diperoleh dengan cepat. Keunggulan ini dapat didapatkan dengan mengonsumsi oatmeal.

Oatmeal merupakan makanan yang berasal dari biji gandum yang telah digiling. Biasanya, menu sarapan ini disajikan dengan menambah topping buah-buahan.

Semangkuk oatmeal berisi berbagai zat yang baik untuk tubuh, seperti zat besi, magnesium, vitamin B kompleks, dan serat yang baik untuk pencernaan.

4. Roti Panggang

Roti merupakan makanan yang sering dikonsumsi pada pagi hari. Biasanya, roti disajikan dengan cara dipanggang dengan menambah topping seperti selai atau meses.

Roti panggang mengandung karbohidrat yang terdiri dari glukosa yang berfungsi sebagai sumber energi bagi tubuh.

5. Buah-buahan

Jika kamu ingin sarapan tanpa susah payah membuatnya, kamu bisa menggantinya dengan memakan buah-buahan. Namun, hindari memakan buah-buahan dengan tingkat gas yang tinggi. Hal ini ditakutkan akan membuat asam lambung naik di pagi hari. Konsumsi buah seperti pisang, alpukat, apel, pir, melon dan lainnya yang mengandung banyak energi.

Manfaat Sarapan Pagi

Selain sumber energi untuk aktivitas keseharian, sarapan pagi juga menjadi sangat penting karena dapat memberikan banyak keuntungan bagi tubuh, diantaranya meningkatkan konsentrasi otak, mencegah asam lambung naik, dan mengontrol berat badan.

Tidak hanya itu, sarapan juga dapat menghindari masalah kesehatan seperti sindrom metabolik, peningkatan kolesterol jahat, penurunan kolesterol baik, dan peningkatan trigliserida atau jenis lemak utama yang mengalir di dalam darah manusia.

Itu dia menu sarapan pagi yang sehat dan mudah dibuat menurut Indozone. Kamu bisa meningkatkan produktivitas harian kamu dengan mengonsumsi sarapan yang sehat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here