Pengertian dan Manfaat E Commerce

0
110
Pengertian dan Manfaat E Commerce

Perkembangan teknologi yang semakin pesat saat ini memberikan banyak peluang bagi pengusaha dan pebisnis. Salah satunya adalah e commerce, e commerce berbeda dengan marketplace. Dimana perdagangan elektronik atau e commerce adalah bisnis dengan model usaha individu atau perorang yang menjual berbagai macam barang secara online atau melalui internet.

Sedangkan untuk marketplace adalah platform tempat melakukan transaksi jual dan beli yang dilakukan oleh perusahaan atau menggunakan perantara. Dimana marketplace melibatkan beberapa pihak saat melakukan transaksi. Meski melakukan transaksi secara online, namun marketplace berbeda dengan e commerce.

Pengertian e commerce

Berikut ini penjelasan tentang e commerce yang bisa Anda pahami sebelum melakukan transaksi. Apa itu e commerce? E commerce menjual semua jenis produk yang dibutuhkan, selain itu di e commerce juga bisa melakukan transaksi jasa. Jenis produk yang bisa Anda dapatkan di e commerce yaitu berupa produk rumah tangga, keperluan sekolah, alat musik, buku, bahkan tiket pesawat dan makanan juga bisa Anda dapatkan di e commerce.

Dengan adanya perdagangan elektronik ini, saat ini Anda bahkan bisa investasi melalui e commerce. sederhananya melalui e commerce Anda bisa melakukan transaksi apa saja. Khususnya menggunakan aplikasi BRIAPI. BRIAPI merupakan salah satu e commerce yang bisa Anda unduh dan instal untuk melakukan transaksi apa saja secara online. BRIAPI adalah singkatan dari BRI Application Programming Interface.

Apa itu BRIAPI?

Proses jual beli saat ini tidak membutuhkan proses tatap muka, bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja hanya dengan menggunakan gadget, laptop, komputer dengan bantuan jaringan internet. Proses trasaksi bisa dilakukan lebih efisien, lebih cepat dan mudah. Selain itu proses pembayaran juga bisa dilakukan dengan mudah dan praktis. Adanya teknologi BRIAPI bisa memudahkan Anda melakukan pembayaran di e commerce tanpa harus melakukan transfer bank.

Penggunaan e commerce di Indonesia saat ini sudah semakin maju, dan diperkirakan akan semakin meningkat setiap tahunnya. Dimana hal ini terjadi karena semakin banyaknya jumlah penduduk di Indonesia, semakin tinggi minat berbelanja secara online, internet semakin maju dan proses transaksi e commerce yang lebih mudah dan cepat menggunakan aplikasi BRI.

Manfaat e Commerce

Berikut ini beberapa manfaat berbelanja di e commerce yaitu:

1. Transaksi Cepat dan Mudah

Transaksi dilakukan dengan cepat dan pengiriman barang lebih mudah dikirim dan sampai ke konsumen. Pengiriman barang dan pembayaran barang bisa dilakukan dengan berbagai metode. Salah satunya melalui BRIAPI yang bisa memudahkan Anda melakukan transaksi dengan mudah.

2. Buka 24 Jam

E commerce bisa beroperasi sampai dengan 24 jam, Anda bisa berbelanja kapan saja Anda mau tanpa harus melihat jam. Anda bisa mengakses e commerce selama 24 jam secara bebas. Berbelanja apa saja saat tengah malam maupun waktu subuh sudah bisa diakses dengan cepat tanpa takut toko tutup atau belum buka.

3. Biaya Lebih Hemat

Biaya e commerce untuk penjual maupun pembeli cukup rendah dan bisa jauh lebih hemat dari pada secara offline. Untuk penjual, memiliki e commerce adalah salah satu pilihan yang tepat, tidak perlu memiliki toko, tidak perlu meyewa gedung dan bisa menekan pengeluaran untuk pembayaran lainnya.

Sedangkan untuk pembeli, melakukan transaksi secara online di e commerce juga bisa lebih hemat waktu, tenaga dan uang. Anda tidak perlu keluar rumah untuk berbelanja saat hujan atau panas, tidak perlu lelah mengantri dan berdesak-desakkan, selain itu harga barang di e commerce juga jauh lebih murah karena tidak ada potongan pajak untuk barang.

Itulah beberapa informasi tentang e commerce yang bisa dapatkan. Selain memudakan berbelanja, metode pembayaran juga bisa lebih mudah dengan menggunakan BRIAPI.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here