5 Penyebab Rambut Rontok Terus Menerus dan Solusinya

0
701
5 Penyebab Rambut Rontok Terus Menerus dan Solusinya

Jangan jadikan rambut rontok mengurangi kepercayaan diri Anda. Kenali apa penyebab rambut rontok terus menerus dan cari solusinya. Ada banyak sekali penyebabnya yang perlu diwaspadai mulai dari faktor genetik sampai dengan gaya hidup.

Beberapa penyebabnya mungkin saja tidak Anda duga dan tanpa disadari Anda justru terus memicu kerontokan. Hindari memiliki rambut tipis hingga kebotakan, cari tahu apa saja penyebab rambut rontok parah pada wanita hingga pria ini.

5 Penyebab Rambut Rontok Terus Menerus

Tahukah Anda bahwa rambut rontok itu sangat normal? Pasalnya rambut akan rontok 50 sampai 100 helai per harinya. Namun tidak mungkin jika Anda menghitungnya satu per satu. Meskipun rontok, kepala tidak akan mengalami kebotakan.

Anda yang merasa rambut mulai menipis bahkan tampak pitak artinya rambut yang rontok lebih dari 100 helai. Di saat inilah Anda harus tahu apa penyebab rambut rontok parah dan cara mengatasinya sebagai berikut:

1. Stres

Gangguan psikologis ini juga bisa memicu kerontokan rambut. Anda yang sedang menghadapi masalah hidup seperti tekanan atau kehilangan pekerjaan sampai masalah keluarga bisa mengalami stres.

Jika Anda sudah bisa mendeteksi penyebabnya ini, maka atasilah terlebih dahulu masalah stres ini. Baru setelah itu mulailah untuk merawat rambut dengan benar, bisa menggunakan bahan alami seperti lidah buaya sampai minyak kemiri.

2. Kehamilan

Penyebab rambut rontok terus menerus juga bisa disebabkan kehamilan yang mengakibatkan perubahan hormon estrogen dan progesteron. Tidak perlu khawatir, Anda hanya perlu menunggu kehamilan selesai maka rambut akan masuk ke fase istirahat dan kembali lebat.

Selama hamil, Anda hanya perlu merawat dengan tidak terlalu sering mengikatnya, perbanyak konsumsi sayur dan buah sampai memilih shampo yang tepat. Ingat juga untuk tidak menyisir rambut dalam kondisi basah.

3. Keturunan

Faktor keturunan adalah penyebab rambut rontok terus menerus yang paling ditakuti. Pada wanita, penyebab ini membuat penipisan pada garis rambut. Jadi rambut yang tumbuh akan semakin tipis dan juga halus.

Satu-satunya cara untuk mengatasi adalah dengan lebih rajin merawat rambut baik dengan bahan alami dan pemilihan shampo yang tepat. Anda juga tidak disarankan untuk terlalu sering melakukan hair styling karena panas dari alat catok, hair dryer bisa merusak rambut.

4. Penyakit Tertentu

Selain keturunan, penyakit juga bisa jadi penyebab kedua yang ditakuti. Penyakit seperti hipotiroidisme yaitu kelenjar tiroid yang tidak bisa memproduksi hormon metabolisme tubuh. Begitu juga dengan infeksi jamur microsporum dan trichophyton di kepala harus diwaspadai.

Ciri-ciri rambut rontok karena penyakit biasanya bisa langsung menimbulkan kebotakan. Beberapa juga menimbulkan gatal di kulit kepala. Satu-satunya solusi adalah berobat ke dokter.

5. Terlalu Sering Perawatan Rambut di Salon

Anda yang sering melakukan perawatan rambut seperti semir, smoothing bahkan hanya dengan catok pun rambut cepat rusak. Bahan kimia dan panas dari alat-alat perawatan rambut di salon bisa merusak jaringan dalam rambut. Hasilnya rambut bisa rontok parah.

Jika tidak ingin mengalami kerusakan rambut, sebaiknya mulai kurang penggunaan alat dan bahan kimia untuk perawatan rambut. Anda cukup menjaga rambut tetap bersih menggunakan shampo yang tepat.

Kapan rambut rontok berhenti tidak bisa diprediksi, mengingat akan menyesuaikan dengan kondisi dan gaya hidup Anda. Namun selama Anda rajin melakukan perawatan dengan benar maka masalah rontok bisa teratasi. Hanya dengan mengetahui penyebab rambut rontok terus menerus ini Anda bisa menerapkan solusinya yang sesuai.

Anda yang ingin mulai melakukan perawatan sendiri bisa memilih Dove yang melengkapi produknya. Mulai dari shampo dan kondisioner untuk rambut rontok, tonik rambut, hingga produk untuk creambath.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here