Ini Dia Penyebab Telapak Kaki Sakit

Must Read

Apakah Anda suka mengalami telapak kaki sakit, panas dan seperti tertusuk jarum? Jika iya, sebaiknya Anda waspada dan segera memeriksakan diri untuk mengetahui apa yang terjadi dan mendapatkan pengobatan yang tepat. Pasalnya sering mengalami sakit pada telapak kaki bisa menjadi tanda adanya gangguan saraf atau peredaran darah yang tidak lancar.

Bukan hanya itu, telapak kaki sakit juga bisa menjadi tanda adanya masalah pada kondisi kesehatan Anda, baik dalam skala ringan hingga berat. Adapun penyebab telapak kaki sakit cukup beragam mulai dari pekerjaan Anda yang membuat jalan setiap detik, pemilihan sepatu atau kaos kaki yang membuat kaki terasa panas ketika beraktivitas, kelelahan dan lainnya.

Penyebab Telapak Kaki Sakit

Penyebab Telapak Kaki Sakit

Telapak kaki yang terasa sering terasa sakit tanpa diketahui penyebabnya bisa menjadi tanda gejala adanya masalah kesehatan seperti serangan kutu air, diabetes, kerusakan saraf atau neuropati. Adapun berikut ini merupakan beberapa penyebab telapak kaki sakit, di antaranya yaitu:

1. Kekurangan Nutrisi

Kekurangan nutrisi juga dapat menyebabkan telapak kaki jadi sakit. Hal ini dikarenakan nutrisi berkaitan dengan fungsi saraf. Jika kebutuhan nutrisi cukup, maka sistem saraf akan berfungsi secara optimal.

Adapun nutrisi yang harus dipenuhi untuk mengoptimalkan fungsi saraf seperti B6, B12 dan folat. Lakukan gaya hidup sehat dengan menjaga pola makan tetap teratur, penyerapan nutrisi yang baik dalam tubuh, berolahraga dan istirahat yang cukup.

2. Nefropati Diabetik

Penyebab telapak kaki sakit selanjutnya yaitu nefropati diabetik. Kondisi ini terjadi ketika kadar gula darah dalam tubuh meningkat dan tidak terkontrol sehingga membuat pembuluh darah serta saraf jadi rusak dan tidak berfungsi dengan baik. Hal ini lebih beresiko terjadi pada orang yang memiliki tekanan darah tinggi serta obesitas.

3. Menopause

Menopause merupakan hal alami yang pas oleh setiap perempuan. Pasalnya kondisi ini juga ternyata bisa menyebabkan telapak kaki sakit dan terasa panas. Hal ini dikarenakan terjadinya perubahan hormon serta peningkatan suhu tubuh. Biasanya perempuan akan mengalami menopause di usia 45-55 tahun, namun ada pula yang lebih muda dari usia itu.

4. Kerusakan Saraf (Neuropati)

Pada dasarnya telapak kaki sakit disebabkan karena adanya kerusakan saraf salah satunya neuropati. Jika Neuropati hanya menyebabkan kerusakan pada satu saraf maka disebut mononeuropati.

Namun biasanya kondisi ini merusak beberapa saraf, dan biasa disebut sebagai polyneuropathy. Polyneuropathy memiliki gejala yang berbeda-beda, tergantung pada keterlibatan saraf, baik saraf otonom, sensorik, motorik atau kombinasi.

Kerusakan saraf otonom biasanya berpengaruh pada tekanan darah dan gangguan pencernaan. Kerusakan pada saraf sensorik dapat mempengaruhi sensasi serta keseimbangan. Sedangkan kerusakan yang terjadi pada saraf motorik bisa mempengaruhi gerakan. Apabila terkena kedua saraf sensorik serta motorik, maka dikenal dengan polineuropati sensorimotor yang dapat menyebabkan kerusakan saraf di seluruh tubuh.

Untuk menjaga kesehatan saraf, mencegah dan mengatasi telapak kaki sakit, Anda bisa mengkonsumsi Neurobion Putih. Neurobion merupakan suplemen yang memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan saraf serta mengandung banyak vitamin seperti B1, B6, dan B12.

Selain itu, Neurobion juga memiliki manfaat untuk mengatasi kekurangan atau defisiensi vitamin B, bantu mengubah asupan makanan menjadi energi dan memproduksi sel darah merah.

Itulah 4 penyebab telapak kaki sakit, panas, dan tidak nyaman. Mari jaga kesehatan saraf Anda dengan gaya hidup sehat dan konsumsi suplemen Neurobion!

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Anda Juga Harus Baca Ini

- Advertisement -spot_img