Ketahui Perkembangan dan Jenis-Jenis Remittance Berikut!

0
222
Perkembangan dan Jenis-Jenis Remittance

Remittance atau sistem transaksi keuangan antar negara merupakan salah satu metode pengiriman uang yang disediakan oleh bank. Jenis transaksi ini membantu menjangkau nasabah lintas negara agar dapat melakukan transaksi.

Layanan pengiriman uang ini dapat menjadi media bagi Anda untuk mempermudah bisnis di tingkat mancanegara. Tidak hanya kemudahan transaksi keuangan lintas negari, pengiriman uang antar negara juga turut berkontribusi bagi pertumbuhan ekonomi karena menjadi salah satu sumber pendapatan negara.

Kemajuan zaman menjadi awal munculnya metode transaksi ini. Adanya permintaan yang semakin tinggi disertai dengan kebutuhan akan kecepatan dalam bertransaksi membuat setiap pihak didorong untuk mulai memanfaatkan teknologi sebagai sarananya. Oleh sebab itu, banyak lembaga keuangan di seluruh dunia yang menyediakan layanan transfer valas.

Kendati sudah dihadirkan di banyak lembaga, Anda perlu untuk tetap berhati-hati dalam menentukan lembaga penyedia layanan remittance. Anda tidak bisa main-main dalam memilih lembaga keuangan untuk melakukan transaksi pengiriman uang menggunakan mata uang asing atau remitansi.

Sertifikat sebagai penyedia jasa dari pihak berwenang perlu dimiliki oleh lembaga tersebut, sehingga terpercaya dan terjamin keamanannya, seperti bank, ATM, hingga kantor pos.

Anda dapat memahami lebih jauh apa itu remittance, perkembangan dan jenis-jenisnya melalui penjelasan di bawah ini.

Perkembangan dan Jenis-jenis  Remittance

Di Indonesia sendiri, perkembangan remittance dapat dikatakan cukup pesat. Pengiriman uang ke luar negeri sudah diterapkan hingga di lingkungan BUMN.

Sejumlah bank bahkan telah membuka cabang di beberapa negara sebagai upaya memperluas bisnis sekaligus penyedia layanan transfer uang antar negara, seperti di Singapura, Hong Kong, Seoul (Korea Selatan), Tokyo (Jepang), London (Inggris), New York (Amerika Serikat, hingga satu sub-cabang di Osaka (Jepang).

Menilik dari segi hasil, penerapan layanan remitansi yang dilakukan oleh lembaga keuangan di bawah naungan BUMN telah mendatangkan keuntungan di bidang bisnis internasional.

Sebagai salah satu bidang dengan kontribusi terbesar, tercatat perolehan laba 67,5 persen pada tahun 2020, bersumber dari pendapatan bunga bersih (61,6 persen) serta pendapatan dari non bunga (49,7 persen), catatan yang sangat baik di masa pandemi, di mana bisnis dari berbagai sektor mengalami kemerosotan dan tidak sedikit yang mengalami kebangkrutan.

Selain telah dikembangkan di bawah payung BUMN, penggunaan remittance juga dipakai oleh Pekerja Migran Indonesia (PMI), contohnya di Nusa Tenggara Barat (NTB).

Berdasarkan data yang dilansir oleh Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), rata-rata 24-25 miliar rupiah dana yang dikirim oleh PMI Nusa Tenggara Barat kepada keluarganya dari luar negeri per bulan atau keempat terbesar di Indonesia.

Perolehan dengan nominal besar tersebut kemudian mendorong masyarakat untuk bisa termotivasi menjadi PMI sukses di perantauan.

Tingginya potensi pendapatan dari remittance PMI membuat banyak lembaga keuangan ramai-ramai memfasilitasi layanan transfer uang valas bagi para PMI di luar negeri. Lembaga keuangan berlomba memberikan kemudahan pelayanan dengan melakukan kolaborasi dan inovasi untuk menarik minat pengguna baru.

Inovasi yang ditawarkan antara lain metode pengiriman uang. Anda bisa langsung mengirim uang melalui debet rekening bank atau setor tunai tanpa rekening. Lembaga keuangan pemberi layanan transfer valas bekerja sama dengan perusahaan global bersertifikat Money Transfer Operator (MTO) sebagai mitra resmi.

Jenis-jenis Remittance

Setelah mengetahui apa itu remittance, selanjutnya Anda perlu memahami jenis-jenisnya berikut ini:

  • Transfer uang ke luar negeri (Outward Allowance)

Jenis ini merupakan layanan pengiriman uang yang dilakukan oleh pemilik suatu rekening bank di dalam negeri (dalam bentuk Rupiah) ke luar negeri (diterima dalam bentuk mata uang asing negara tujuan).

Jika Anda adalah pelaku bisnis global atau memiliki anak yang sedang kuliah di luar negeri, Anda dapat menggunakan layanan ini untuk pengiriman uang antar negara.

  • Transfer uang dari luar negeri (Inward Allowance)

Jika Anda adalah seorang pekerja di luar negeri, maka Anda dapat menggunakan layanan pengiriman uang dalam bentuk mata uang asing ke dalam negeri untuk keluarga di tanah air.

Pengiriman uang menggunakan mata uang di negara Anda bekerja, sementara keluarga Anda menerima uang dalam bentuk Rupiah.

Perkembangan dan Jenis-Jenis Remittance

Cara Kerja Remittance

Untuk dapat menikmati layanan remittance, Anda harus datang ke bank atau Lembaga keuangan non bank penyedia layanan.

Pihak bank akan memberikan form guna mengetahui informasi yang dibutuhkan, seperti identitas pengirim dan penerima uang, serta bank dan negara tujuan. Akan ditunjuk bank koresponden sebagai perantara antara bank pengirim dan bank penerima.

Proses pengiriman uang valas tidak bisa secepat transfer uang di dalam negeri. Membutuhkan waktu akibat perbedaan system yang digunakan bank di dalam negeri dan bank di luar negeri.

Transfer valas juga membebankan biaya pengiriman uang yang jumlahnya tidak sedikit. Perbedaan kurs mata uang asing antara satu bank dengan bank lain juga harus Anda perhatikan sebelum bertransaksi.

Kemajuan teknologi yang sedemikian tepat dan cepat hingga mendukung pengelolaan berbagai sektor termasuk perbankan.

Industri perbankan kini memasuki era bank digital, menyediakan layanan dan aktivitas perbankan melalui ponsel. Salah satunya adalah Aplikasi digibank by DBS.

Aplikasi ini merupakan platform digital yang menawarkan berbagai layanan perbankan, termasuk remittance.

Dunia kini berada dalam genggaman melalui berbagai kemudahan dan beragam keuntungan layanan Aplikasi digibank by DBS seperti berikut ini:

  • Akses layanan Aplikasi digibank by DBS dilakukan 24/7

Ini berarti Anda bisa bertransaksi kapanpun dan di manapun. Tidak ada batasan waktu, tidak perlu repot-repot datang ke bank, dan tidak terkendala hari libur. Kebutuhan uang yang tidak mengenal waktu, teratasi melalui Aplikasi digibank by DBS.

  • Gratis Biaya Transfer ke Lebih 20 Negara

Transfer uang valas melalui Aplikasi digibank by DBS gratis biaya pengiriman ke lebih 20 negara tujuan yang menggunakan mata uang USD, SGD, AUD, EUR, HKD, CAD, dan GBP. Negara-negara pengguna mata uang tersebut antara lain Amerika Serikat, Kanada, Australia, Singapura, Inggris, negara-negara di Eurozone ( Perancis, Jerman, Italia, dan lain-lain ), dan Hongkong.

  • FX Rate Terkini dan Juara

FX Rate yang ditawarkan Aplikasi digibank by DBS selalu up to date dan kompetitif. Selain itu, tidak ada tambahan biaya apapun selain yang tertera pada aplikasi sehingga memudahkan para nasabah.

  • Berlaku transfer same day atau sampai di hari yang sama

Menggunakan Aplikasi digibank by DBS sangat praktis karena transfer uang bisa langsung sampai di hari yang sama. Dengan syarat Anda tidak melewati batas waktu mata uang. Penting untuk Anda ketahui, setiap mata uang memiliki batas waktu yang berbeda. Anda wajib melakukan pengecekan sebelum bertransaksi. Jika pengiriman uang melewati batas waktu mata uang, maka transaksi tertahan sementara dan akan diproses kembali di hari kerja berikutnya.

Kehadiran remittance Aplikasi digibank by DBS menjadikan layanan perbankan semakin mudah dan aman. Kini saatnya menikmati berbagai keuntungan dengan menggunakan satu aplikasi saja di ponsel Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here