Pesan Tiket Kereta Api secara Online, Mudah dan Praktis!

0
1176
tiket kereta api online

Di era digital seperti sekarang, pembelian tiket kereta api bisa dilakukan secara online. Untuk mendapatkan tiket kereta, Anda tidak perlu lagi mengantre di loket stasiun. Anda bisa memesan tiket dari mana saja dan kapan saja cukup lewat ponsel. Kemudahan tersebut membuat keperluan pesan tiket jadi lebih praktis, hemat waktu dan tenaga.

Segala jenis tiket, mulai dari ekonomi, bisnis, hingga eksekutif bisa dibeli secara online. Pemesanan tiket online bisa dilakukan melalui aplikasi KAI Acces dan laman booking.kai.id. Selanjutnya pembayarannya atau penyelesaian transaksi bisa dilakukan melalui e-wallet. Jadi sebelum memesan tiket, pastikan saldo e-wallet Anda mencukupi untuk pembayaran.

Pengisian saldo e-wallet bisa Anda lakukan dengan mobile banking. Apabila belum punya akun mobile banking, Anda bisa mendaftarnya terlebih dahulu. Jadi agar pembelian tiket kereta bisa lebih mudah, pastikan sudah menginstal mobile banking di ponsel Anda dan sudah mempunyai akunnya. Cara daftar mbanking juga sangat mudah karena bisa dilakukan secara online. Dengan transaksi secara online, Anda bisa mendapatkan tiket kereta jauh-jauh hari tanpa perlu khawatir kehabisan tiket dan bisa memilih posisi bangku kereta sesuai keinginan.

Bagi Anda yang belum tahu cara beli tiket kereta secara online, berikut akan dijelaskan di mana Anda bisa memesannya. Namun sebelum itu, Anda perlu tahu tips naik kereta secara aman dan nyaman agar perjalanan Anda lancar.

Tips Naik Kereta Api

Bepergian jarak jauh menggunakan kereta api perlu persiapan sebaik mungkin. Tanpa persiapan yang maksimal, bisa-bisa perjalanan Anda akan berantakan atau tidak nyaman, seperti barang tertinggal, telat masuk gerbong, dan sebagainya. Oleh karena itu, Anda perlu menerapkan tips berikut ini ketika akan bepergian menggunakan kereta api.

  • Merencanakan Perjalanan

Hal pertama yang perlu Anda siapkan saat akan naik kereta adalah merencanakan perjalanan Anda sebaik mungkin. Pastikan Anda menentukan jadwal perjalanan kereta Anda, mulai dari stasiunnya, hari, jam, waktu tempuh, hingga kapan tiba di lokasi tujuan.

Selanjutnya Anda perlu segera memesan tiket kereta api sesuai jadwal keberangkatan yang sudah Anda tentukan. Supaya pembelian tiket bisa cepat, Anda dapat memesan tiket secara online. Pemesanan tiket online bisa dilakukan lewat aplikasi KAI Acces dan laman website KAI. Cara ini sangat memudahkan Anda karena tidak perlu repot datang ke loket stasiun.

  • Membawa Syarat Perjalanan

Pastikan Anda membawa seluruh persyaratan yang diberlakukan untuk perjalanan kereta. Anda wajib membawa KTP dan print tiket Anda sebagai syarat untuk melakukan boarding pass. Jika tidak membawa salah satunya, Anda tidak diperbolehkan masuk oleh petugas stasiun dan tidak bisa naik kereta.

Selain itu, perjalanan kereta api pasca pandemi Covid-19 juga mensyaratkan sertifikat vaksin booster. Jadi pastikan juga Anda sudah melakukan vaksin kedua atau booster dan membawa sertifikatnya, bisa dalam bentuk cetak atau melalui aplikasi PeduliLindungi. Lebih baik Anda juga memakai masker demi menjaga kesehatan, meskipun pemerintah sudah memperbolehkan lepas masker di area publik.

  • Memperhatikan Barang Bawaan

Saat bepergian jauh pastinya Anda akan membawa sejumlah barang bawaan. Apalagi jika Anda akan singgah di lokasi tujuan selama beberapa hari atau dalam waktu lama. Jadi selalu perhatikan barang bawaan Anda, baik sebelum berangkat, saat di kereta, maupun saat sampai di lokasi tujuan.

Sebelum berangkat ke stasiun, pastikan Anda sudah memasukan semua barang bawaan ke dalam tas. Saat berada di stasiun dan di dalam kereta, Anda harus selalu memperhatikan dan mengamankan barang bawaan Anda. Sebab di tempat keramaian seringkali ada aksi kejahatan, seperti pencopetan. Letakan barang bawaan di tempat yang sudah disediakan di dalam gerbong kereta. Ketika sudah tiba di stasiun tujuan, periksa kembali barang bawaan Anda dan pastikan seluruh barang masih lengkap.

  • Datang ke Stasiun Lebih Awal

tiket kereta api online

Perjalanan kereta sudah terjadwal pasti dan tidak akan mentolerir penumpang yang terlambat. Oleh karena itu, Anda perlu datang ke stasiun lebih awal sebelum waktu keberangkatan.

Berangkat ke stasiun lebih awal dapat meminimalisir terjadinya gangguan yang menghambat perjalanan Anda, misalnya adanya kemacetan, kendaraan mogok, dan sebagainya. Saat di stasiun, Anda bisa menunggu di ruang tunggu dan memanfaatkan berbagai fasilitas yang tersedia.

Beli Tiket KAI Online di Mana?

Pembelian tiket kereta secara online bisa dilakukan kapan pun dan di mana pun melalui ponsel. Pemesanan tiket kereta dapat Anda lakukan dengan dua cara, yaitu lewat aplikasi KAI Acces dan laman booking.kai.id

  • booking.kai.id
  • Buka laman booking.kai.id.
  • Akan ditampilkan kolom pemesanan tiket.
  • Anda bisa memilih stasiun asal, stasiun tujuan, tanggal keberangkatan, dan jumlah penumpang.
  • Klik ‘Cari & Pesan Tiket’
  • Selanjutnya akan ditampilkan daftar keberangkatan kereta, dari jenis kereta, nama kereta, dan waktu berangkat dan tiba di lokasi tujuan.
  • Setelah menentukan keberangkatan yang dipilih, silakan klik ‘Pesan’.
  • Selanjutnya akan ditampilkan data pemesan yang perlu Anda isi. Ada beberapa kolom, di antaranya gender, tipe identitas, nomor telepon, alamat, nama pemesan, NIK, dan email.
  • Jika data sudah sesuai, silakan klik ‘Pesan’.
  • Selanjutnya Anda tinggal memilih metode pembayaran dan menyelesaikan transaksi.
  • Jika pembayaran sudah dilakukan, Anda akan mendapat e-ticket yang bisa Anda unduh dan nantinya dicetak saat di stasiun.

Aplikasi KAI Access

Aplikasi KAI Acces bisa Anda unduh di Play Store dan App Store. Untuk bisa menggunakan layanan aplikasi ini, Anda perlu mendaftar akun terlebih dahulu. Pendaftarannya sangat mudah, tinggal mengisikan nama, nomor KTP, tanggal lahir, nomor telepon, dan sebagainya. Setelah memiliki akun, Anda tinggal membuka aplikasi untuk memesan tiket kereta.

  • Buka aplikasi KAI Access.
  • Cari jadwal keberangkatan keberangkatan dengan mengisikan kolom ‘Asal’ dan ‘Tujuan’.
  • Pilih jadwal keberangkatan pada tanggal sesuai keinginan.
  • Pilih jenis kelas kereta pada kolom ‘Kelas Kereta’. Anda bisa memilih kelas Bisnis, Ekonomi, atau Eksekutif.
  • Masukkan jumlah penumpang.
  • Klik ‘Cari’
  • Akan ditampilkan daftar keberangkatan kereta, dari jenis kereta, nama kereta, dan waktu berangkat dan tiba di lokasi tujuan.
  • Pilihlah keberangkatan kereta yang sesuai keinginan Anda.
  • Isikan data penumpang pada kolom ‘Detail Penumpang’.
  • Apabila penumpang sama dengan pemesan, cukup centang kolom ‘Tambahkan Sebagai Penumpang’ yang ada di kolom Detail Kontak.
  • Anda dapat memilih nomor kursi yang masih kosong. Akan ditampilkan daftar kursi yang masih tersedia di tiap gerbongnya.
  • Klik ‘Lanjutkan’ jika data yang dimasukkan sudah sesuai.
  • Centang kolom persetujuan terkait ‘Syarat dan Ketentuan Pembelian Tiket’.
  • Klik ‘OK’.
  • Pilih metode pembayaran yang akan Anda lakukan. Salah satunya Anda bisa bertransaksi menggunakan e-wallet.
  • Setelah proses pembayaran diselesaikan, Anda akan mendapat e-boarding pass yang dapat Anda unduh dan Anda cetak nantinya saat di stasiun.

Menggunakan Mobile Banking PermataMobile X untuk Top Up E-Wallet

Apa itu m-banking PermataMobile X? Mobile banking ini merupakan platform keuangan digital yang disediakan oleh PermataBank. Aplikasi PermataMobile X bisa Anda unduh di Play Store dan App Store.

Cara daftar mbanking ini juga sangat mudah dan persyaratannya anti ribet. PermataMobile X dihadirkan untuk memudahkan penggunanya bertransaksi di era digital. Salah satunya adalah pembayaran tiket kereta api secara online melalui e-wallet.

Saat memesan tiket di KAI Acces atau website, Anda bisa memilih metode pembayaran menggunakan e-wallet, seperti OVO dan LinkAja. Namun sebelum memesan tiket, pastikan saldo e-wallet Anda mencukupi untuk menyelesaikan transaksi. Anda bisa top up e-wallet terlebih dahulu menggunakan PermataMobile X.

Dengan menggunakan PermataMobile X, ada banyak kemudahan yang akan Anda rasakan. PermataMobile X menyediakan ratusan fitur transaksi yang bisa Anda manfaatkan, di antaranya transfer dana secepat kilat dengan BI-Fast, bayar tagihan (tagihan listrik, internet, kartu kredit, dan lainnya), top up (e-wallet, paket data, voucher game, dan lainnya), cek mutasi rekening hingga 12 bulan, WhatsApp Gift, investasi Reksadana, mengelola kartu kredit (mengubah transaksi jadi cicilan, aktivasi kartu kredit, dan lain-lain), pembayaran menggunakan QR Pay, virtual account, tarik tunai tanpa kartu di PermataATM dan gerai Indomaret dengan fitur Mobile Cash, dan Apply produk-produk PermataBank.

Informasi lebih lengkap mengenai cara daftar mbanking PermataMobile X dan persyaratannya bisa Anda baca melalui laman https://www.permatabank.com/id/permatamobilex.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here