Fungsi Reksadana Pasar Uang yang Membuatnya Jadi Produk Investasi Terbaik

0
235
reksadana pasar uang

Kestabilan keuntungan dan minimnya risiko dalam investasi reksadana pasar uang menjadi pertanyaan banyak orang. Apalagi cara investasi reksadana ini sangat mudah dan bisa dilakukan dengan modal yang sangat kecil. Ternyata hal itu berkaitan dengan beragam fungsi pasar uang yang menjadi sumber dana bagi berbagai perusahaan besar.

Sumber dana tersebut dihimpun dari masyarakat oleh manajer investasi yang kemudian dikelolanya dalam bentuk portofolio efek. Selanjutnya dana tersebut dialokasikan ke dalam bentuk Sertifikat Bank Indonesia (SBI) dan obligasi untuk alokasi dan pinjaman dana jangka pendek.

Dana-dana ini tentunya memiliki fungsi yang penting untuk para pelaku pasar uang, seperti bank, dana pensiun, perusahaan asuransi, dan berbagai perusahaan besar lainnya, termasuk juga lembaga pemerintahan sendiri.

Fungsi Reksadana Pasar Uang

Himpunan dana dari masyarakat dalam bentuk pasar uang ini semakin hari semakin besar. Apalagi kesadaran masyarakat dalam berinvestasi juga terus meningkat. Nah, bagaimana fungsi dari reksadana pasar uang ini?

  • Sebagai Sumber Pembiayaan Jangka Pendek

Himpunan dana dari masyarakat ini sangat besar dan digunakan sebagai sumber dana untuk pembiayaan kerja lembaga publik maupun swasta. Pasar uang ini bisa dikatakan juga membantu bentuk-bentuk usaha perdagangan dan industri baik di dalam negeri maupun luar negeri.

  • Memberikan Dana Surplus

Banyak lembaga yang bisa mendapatkan kesempatan untuk menggunakan dana surplus dari pasar uang ini. Lembaga-lembaga tersebut mulai dari bank komersial, lembaga keuangan lain, lembaga non keuangan, pemerintah, dan lokal.

  • Menghindari Pinjaman dari Bank

Banyak lembaga yang sangat diuntungkan dari adanya pasar uang ini. Karena mereka tidak perlu meminjam dari bank dengan bunga yang lebih tinggi. Sedangkan pasar uang menyediakan dana dengan bunga tingkat bunga pinjaman lebih rendah.

  • Membantu Pemerintah untuk Pembangunan

Pemerintah juga mendapatkan keuntungan dari adanya pasar uang ini. Karena keberadaan pasar uang bisa dijadikan sumber dana jangka pendek dengan bunga rendah. Sehingga pemerintah bisa membiayai kegiatannya dengan lebih efisien.

  • Berdampak pada Kebijakan Moneter

Skala pasar uang yang besar ini juga bisa menjadi salah satu elemen yang sangat baik dalam kebijakan moneter. Bank sentral sebagai pelaku sentral tentunya akan lebih mudah dalam mengendalikan kebijakan moneter.

  • Sirkulasi Keuangan Merata

Terjadi sirkulasi keuangan yang bisa merata ke berbagai sektor ekonomi secara nasional. Sirkulasi keuangan ini sangat penting dan berdampak pada kestabilan perekonomian nasional.

  • Meningkatkan Likuiditas dan Keamanan Keuangan

Adanya pasar uang yang semakin besar membuat likuiditas keuangan secara nasional meningkat. Hal ini juga membuat aset keuangan dalam negeri semakin kuat dan aman. Semakin besar tabungan dan investasi dari masyarakat, maka semakin baik tingkat likuiditas dan keamanan keuangan negara.

  • Terjadi Keseimbangan Permintaan dan Penawaran Dana

Investor di pasar uang ini juga akan terus tertarik untuk menanamkan modalnya di pasar uang. Begitu juga dengan berbagai lembaga yang menggunakan pasar uang ini akan mendapatkan banyak manfaat dari sumber dana ini.

Dari dua sisi tersebut, maka akan terbentuk sebuah keseimbangan antara permintaan dan penawaran dana. Dimana permintaan dana tersebut dari lembaga peminjam, dan penawaran dari para investor, yaitu masyarakat itu sendiri.

  • Ekonomis dalam Penggunaan Uang Tunai

Adanya pasar uang ini membuat peredaran uang di masyarakat akan semakin kecil. Hal ini mendorong kestabilan ekonomi negara.

Fungsi dari reksadana pasar uang ini begitu besar terhadap perekonomian suatu negara. Tidak heran mengapa investasi dari jenis ini menjadi investasi yang paling menguntungkan di antara instrumen lainnya. Itulah juga mengapa semakin banyak masyarakat tertarik untuk mulai berinvestasi.

Investasi Reksadana pasar uang di digibank by DBS Saja

reksadana pasar uang

Investasi reksadana pasar uang menjadi salah satu produk unggulan di digibank by DBS. Sebagai digital banking terbaik di Asia tentunya semakin banyak lagi keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika berinvestasi disini.

Nah, berikut ini keunggulan digibank by DBS dengan produk reksadana pasar uangnya:

  • Ada 3 pilihan kategori reksadana

Disediakan fitur menarik bagi kamu untuk memilih reksadana terbaik. Kamu bisa memilih reksadana dengan kinerja terbaik, reksadana paling populer, dan reksadana dengan scoring terbaik.

  • Pembelian berkala yang fleksibel

Kamu bisa melakukan investasi secara berkala setiap bulannya dengan mudah. Pastikan setelah gajian langsung investasikan disini.

  • Hanya start dari Rp 100 ribu saja

Tidak perlu menunggu modal besar, cukup dengan Rp 100 ribu saja kamu sudah bisa mulai berinvestasi.

  • Pilihan lebih dari 50 produk reksadana

Kamu juga bisa memilih beragam produk reksadana dengan pilihan kamu sendiri. Dalam pilihan tersebut sudah disediakan portfolio dan juga risikonya.

  • Mulai dari daftar SID, jual, beli & switch semua di dalam 1 aplikasi

Semua proses dalam investasi reksadana ini hanya menggunakan 1 aplikasi, yaitu Aplikasi digibank by DBS. Praktis dan sangat mudah digunakan.

Itulah fungsi reksadana pasar uang yang membuat instrumen investasi ini banyak dilirik. Investasikan uang kamu sekarang juga di digibank by DBS, karena cara investasi reksadana disini sangat mudah, praktis, dan menguntungkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here