Peran Penting Dan Fungsi Bank Kustodian Dalam Investasi Reksadana

0
52
Investasi Reksadana

Saat ini masyarakat sudah cukup akrab dengan istilah pasar modal. Namun tidak banyak juga mengetahui fungsi dan tugasnya. Bicara mengenai pasar modal, tentu tidak jauh dari istilah bank kustodian. Istilah ini berkaitan dengan produk Reksadana Pasar Uang. Dunia saham dan pasar modal memang cukup menarik untuk diulik.

Pasalnya, berbagai iming-iming keuntungan menjadi salah satu daya tariknya. Anda yang merasa belum begitu paham dan segera ingin mengerti mengenai beberapa istilah dan fungsi dari produk perbankan ini, tiada salahnya untuk menyimak ulasan di bawah ini dengan seksama.

Sekilas Tentang Bank Kustodian

Sebelum lebih jauh, Anda harus tahu terlebih dahulu mengenai apa itu bank kustodian. Secara garis besar, bank kustodian adalah sebuah bank umum yang berperan sebagai kustodian.

Adapun perannya yakni sebagai pihak yang memberikan jasa penitipan harta atau efek berkaitan dengan jasa lain. Bank kustodian sendiri umumnya, harus memperoleh surat persetujuan dari jasa integrasi seperti Otoritas Jasa Keuangan.

Hal ini juga telah diatur dalam perundangan negara Indonesia yang menjelaskan jika kustodian merupakan suatu pihak yang erat kaitannya dengan efek jasa lain. Termasuk didalamnya adalah bunga, dividen serta hak-hak yang tercantum lainya.

Fungsi serta Peran Penting Bank Kustodian dalam Reksadana Pasar Uang

Keuntungan Reksadana Pasar Uang masih menjadi magnet besar para penggunanya. Hal ini tidak terlepas dari peran penting yang disebut dengan bank kustodian. Jika dilihat dari segi dan perannya, kustodian memang memegang peranan yang cukup vital.

Sehingga tidak heran jika hal ini menjadi prioritas para nasabah. Berikut merupakan beberapa rangkuman mengenai fungsi bank kustodian yang perlu Anda ketahui:

  • Sebagai Pengawas Manajer Investasi

Manajer investasi menjadi bagian yang tidak kalah penting. Salah satu fungsi dari bank kustodian disini adalah mengawasi manajer investasi agar tidak mengambil kebijakan yang berpotensi merugikan para investor di pasar modal.

Jika suatu saat terjadi pengelolaan yang tidak tepat. Maka bank kustodian berhak dan bertanggung jawab memperingatkan atau bahkan melapor ke Otoritas Jasa Keuangan. Tidak terkecuali para investasi Reksadana.

  • Melakukan Administrasi Terkait Investor

Ada fungsi yang juga dinaungi oleh bank kustodian. Seperti antara lain pengiriman konfirmasi surat transaksi jual beli, perhitungan unit, pengiriman laporan, serta pengalihan atau switching.

  • Menyimpan Serta Ikut Mengamankan Kekayaan

Keuntungan Reksadana Pasar Uang tidak terlpas dari kinerja beberapa pihak. Seperti bank kustodian yang memiliki fungsi untuk mengamankan serta menyimpan aset maupun kekayaan Reksadana.

Sebagai informasi, bahwa Reksadana adalah sebuah wadah dari himpunan dana pemodal atau investor yang kemudian diinvestasikan oleh manajer investasi menjadi beberapa bentuk instrumen seperti deposito, saham dan obligasi.

  • Melakukan Administrasi Terkait Pengelolaan

Fungsi dari bank kustodian yang juga berpengaruh pada Reksadana ialah melakukan hal hal berkaitan dengan administrasi yang terkait dengan pengelolaan dari manajer investasi. Seperti antara lain yakni pencatatan obligasi, jual beli saham, penempatan pasar uang dan lain sebagainya.

  • Ikut Serta dalam Melakukan Administrasi Kekayaan

Proses administrasi juga menjadi fungsi dari bank kustodian. Adapun proses yang dimaksud antara lain seperti menyimpan dokumen penting, sertifikat serta beberapa aset lainnya.

Mengulik Reksadana Pasar Uang Melalui Aplikasi digibank by DBS

Investasi Reksadana

Reksadana sendiri terdiri dari beberapa jenis. Anda harus mengetahui beberapa jenis tersebut untuk menentukan jenis investasi apa yang tepat. Salah satunya yakni Reksadana Pasar Uang. Melalui aplikasi digital banking, Aplikasi digibank by DBS, Anda akan mendapatkan banyak keuntungan dan kemudahan. Agar tidak berselisih paham, berikut ulasan selengkapnya:

  • Modal Awal Ringan Mulai dari 100 Ribu

Anda bisa berinvestasi di Reksadana mulai dari nominal kecil. Aplikasi digibank by DBS, menawarkan pembelian minimum yang ringan mulai dari 100 ribu rupiah.

  • Transaksi Lengkap dalam Satu Aplikasi

Cukup menggunakan Aplikasi digibank by DBS, pengguna bisa melakukan berbagai kegiatan transaksi lengkap melalui smartphone. Anda bisa melakukan beragam transaksi perbankan mulai dari proses registrasi, pembelian, penjualan hingga pengalihan produk.

  • Transaksi Fleksibel

Fleksibilitas menjadi salah satu keuntungan yang akan didapat pada nasabah. Saat berinvestasi Reksadana di Aplikasi digibank by DBS, Anda bebas menentukan nominal dan tenor investasi, serta melakukan pembelian berkala yang bisa di di on-and-off kapan saja.

  • Menyediakan 3 Kategori Produk

Aplikasi digibank by DBS menawarkan banyak kemudahan bagi para nasabahnya. Seperti menyediakan kategori produk unggulan. Tujuannya, agar para pengguna mudah memilih produk investasi yang diinginkan. Adapun kategori yang dimaksud yakni, terpopuler. Yaitu berisi produk yang paling diminati oleh para investor.

Kemudian kategori kedua adalah scoring terbaik. Di dalam kategori ini terdiri dari produk investasi terbaik dengan melakukan riset dari para ahli. Lalu yang ketiga adalah kategori kinerja terbaik. Yakni berisi produk investasi dengan potensi keuntungan Reksadana terbaik dihitung dari satu tahun terakhir.

  • Menawarkan Lebih dari 50 Produk

Platform investasi satu ini memberikan banyak pilihan produk investasi yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Dalam Aplikasi digibank by DBS Anda akan menemukan lebih dari 50 produk pilihan. Anda bisa menyesuaikan dengan tingkat resiko. Jika bingung, pihak bank akan mengirimkan notifikasi  mengenai profil risiko terbaik.

Kini saatnya melakukan perubahan dengan investasi sesuai profil risiko yang diinginkan. Anda bisa memulai dengan melakukan investasi melalui Aplikasi digibank by DBS. Tunggu apalagi, segera berinvestasi sekarang!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here