Kirim Uang ke Indonesia dengan Mudah dan Aman Pakai Remittance dari digibank by DBS

0
274
Remittance

Sebagian besar orang mungkin masih awak dengan istilah remittance yang merupakan sebuah layanan pengiriman uang dalam bentuk mata uang asing dari dalam negeri ke luar negeri dan sebaliknya. Pada umumnya penyedia layanan pengiriman uang tersebut adalah lembaga keuangan, baik perusahaan perbankan bank maupun perusahaan keuangan non perbankan.

Jika kamu bekerja di luar negeri  tentunya membutuhkan layanan tersebut untuk mengirimkan uang ke keluarga di Indonesia. Pasalnya mentransfer uang dari luar negeri ke dalam negeri bukan sebuah proses yang sederhana seperti saat kamu mentransfer uang di dalam negeri. Sistem perbankan yang digunakan di Indonesia pada dasarnya berbeda dengan kebanyakan sistem yang digunakan oleh perbankan di luar negeri.

Mengenal Jenis-Jenis Remittance

Seperti transaksi pengiriman uang pada umumnya, layanan tersebut juga terdapat dua pihak yang bertindak sebagai pengirim dan penerima. Proses transaksi pengiriman uang pada remittance juga bisa terjadi secara dua arah, sehingga layanan tersebut bisa dibedakan menjadi dua jenis, berikut penjelasan selengkapnya:

  • Outgoing/Outward Remittance (Transfer Uang ke Luar Negeri)

Jenis layanan ini merupakan layanan pengiriman uang dari perbankan yang memungkinkan kamu untuk melakukan transfer atau pengiriman uang dari dalam negeri ke luar negeri. Uang yang kamu kirimkan tersebut akan berbentuk mata uang asing sesuai yang kamu inginkan di awal melakukan transaksi.

Layanan tersebut biasanya digunakan oleh para orang tua yang untuk mengirimkan uang ke anaknya yang sedang menjalani pendidikan di luar negeri. Tapi ada banyak juga orang yang menggunakan layanan ini untuk kepentingan bisnis yang menuntut mereka untuk melakukan pembayaran ke perusahaan asing di luar negeri. Perlu kamu tahu bahwa tidak semua bank di Indonesia menyediakan layanan pengiriman uang tersebut.

  • Incoming Remittance (Transfer Uang dari Luar Negeri)

Layanan yang kedua ini merupakan kebalikan dari layanan yang sebelumnya, di mana kamu bisa mengirim uang dari luar negeri ke dalam negeri dalam bentuk rupiah. Biasanya layanan ini digunakan oleh para pekerja Indonesia yang bekerja di luar negeri untuk mengirimkan uang ke keluarganya di Indonesia.

Komponen Remittance yang Perlu Diketahui

Pada layanan pengiriman uang tersebut terdapat beberapa komponen penting yang menyusun cara kerja di dalamnya. Berikut ini penjelasan selengkapnya mengenai berbagai komponen tersebut:

  • Beneficiary

Beneficiary merupakan pihak penerima uang yang namanya telah tercatat dalam transaksi yang kamu lakukan.

  • Beneficiary Bank

Beneficiary bank merupakan pihak bank yang akan kamu tuju untuk menerima uang yang kamu kirimkan nanti. Pihak bank tersebut akan meneruskan uang yang kamu kirimkan dan kemudian meneruskannya ke pihak penerima sesuai dengan instruksi pada transaksi.

  • Remitting Bank Indonesia

Remitting bank merupakan pihak bank yang menyediakan layanan remittance yang kamu gunakan. Bank tersebut akan bertanggung jawab dalam melakukan proses pengiriman uang sesuai dengan transaksi yang kamu lakukan ke beneficiary bank yang kamu tuju.

  • Correspondent Bank

Correspondent bank merupakan pihak yang bertugas sebagai bank perantara yang menjadi menyalur pengiriman uang antara pihak remitting bank dengan beneficiary bank.

 

Cara Transfer Uang Keluar Negeri dengan Mudah dan Cepat

Saat ini layanan pengiriman uang dari perbankan semakin lengkap dan canggih, kamu bisa mengirim uang ke luar negeri dengan mudah dan cepat. Namun layanan remittance yang ditawarkan beberapa bank memiliki prosedur yang agak rumit. Sehingga kadang cukup menyulitkan bagi orang-orang yang ingin bertransaksi dengan praktis dan mudah.

Cara transfer uang ke luar negeri yang paling mudah dan cepat bisa kamu lakukan dengan menggunakan aplikasi digibank by DBS. Melalui aplikasi tersebut kamu bisa mengirim uang tanpa perlu menjalani prosedur yang rumit dan proses yang lama. Berikut ini cara selengkapnya yang bisa diikuti:

  • Buka aplikasi digibank by DBS di HP kamu
  • Klik tombol transfer di menu utama aplikasi
  • Kemudian pihak transfer valas lalu klik penerima
  • Selanjutnya klik tambah penerima, pilih mata uang, pilih bank penerima, dan masukkan detail penerima di sana
  •  Sebelum melanjutkan transaksi cek kembali detail penerima yang kamu tuju
  • Lanjutkan transaksi dengan mengisi password dan lakukan otentikasi dan klik tombol lanjut transfer
  • Kemudian masukkan nominal uang yang akan dikirim dan cek detail transfer
  • Masukkan password kembali dan lakukan otentikasi, transfer uang pun berhasil

Cara transfer uang ke luar negeri menggunakan aplikasi digibank by DBS sangat mudah dilakukan dan cocok untuk kamu yang memiliki mobilitas tinggi yang ingin semuanya serba cepat.

Remittance

Transfer Uang ke Luar Negeri dengan Mudah dan Aman Menggunakan Aplikasi digibank by DBS

Aplikasi digibank by DBS tidak hanya sekedar digital banking biasa karena disana kamu akan menemukan berbagai layanan yang sangat lengkap. Salah satunya adalah layanan transfer valas yang memungkinkan kamu mengirim uang ke luar negeri dengan mudah dan cepat. Berikut ini kemudahan dan kelebihan menggunakan transfer valas di aplikasi digibank by DBS yang harus kamu tahu:

  • Akses layanan transfer valas selama 24 jam penuh selama 7 hari tanpa harus pergi ke kantor cabang
  • Penawaran gratis biaya transfer valas ke lebih dari 20 negara tujuan menggunakan 7 pilihan mata uang asing (USD, SGD, AUD, EUR, HKD, CAD, GBP)
  • FX Rate paling terkini dan juara dengan penawaran nilai tukar yang  kompetitif sehingga transfer jadi lebih ringan
  • Uang yang di kirim akan sampai di hari yang sama jika transaksi dilakukan sebelum batas waktu yang ditentukan

Tunggu apalagi bagi kamu nasabah digibank by DBS tidak perlu bingung saat ingin mentransfer uang ke luar negeri karena layanan transfer valas di aplikasi digibank by DBS bisa kamu gunakan untuk remittance.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here