Penerapan Reward dan Punishment Karyawan dalam Perusahaan

Must Read

Penerapan Reward dan Punishment Karyawan dalam Perusahaan – Bukan hal yang mudah untuk mengelola kinerja karyawan agar konsisten sesuai dengan tujuan perusahaan. Berbagai cara dilakukan oleh perusahaan untuk meningkatkan kinerja karyawannya, termasuk memberikan reward dan punishment. Umumnya, reward akan diberikan berdasarkan kinerja dari karyawan itu sendiri. Sementara punishment penting untuk memberikan pelajaran bagi karyawan agar bekerja sesuai dengan aturan.

Karyawan memang berperan besar dalam perkembangan perusahaan dalam mencapai tujuan tertentu. Sehingga perusahaan harus bisa mengaturnya dengan baik. Reward dan punishment pegawai dapat dijadikan pemicu untuk meningkatkan kinerja perusahaan. Dengan cara ini, semua karyawan akan bekerja sesuai dengan tugasnya masing-masing dengan maksimal.

Tujuan Reward dan Punishment

Pemberian reward dan punishment bertujuan untuk meningkatkan kinerja karyawan dalam perusahaan. Ini merupakan metode yang sudah lama dipakai baik di perusahaan dalam maupun luar negeri. Bukan tanpa alasan, metode ini memang diketahui efektif untuk tujuan tersebut. Perusahaan akan lebih mudah mengetahui karyawan yang benar-benar serius dalam bekerja, dan karyawan yang tidak disiplin untuk nantinya jadi bahan evaluasi.

Dari sisi karyawan, reward ini akan memacu semangat agar bisa bekerja keras dalam menyelesaikan pekerjaan. Sementara punishment dapat dijadikan bahan evaluasi untuk memperbaiki sikap dalam bekerja. Maka dari itu, reward dan punishment ini akan memberikan dampak yang positif bagi perusahaan dan juga karyawan itu sendiri.

Macam-Macam Reward untuk Karyawan

Reward dan Punishment

Secara umum, reward untuk karyawan dibedakan menjadi dua bagian yakni reward financial dan reward non financial. Pemberian reward ini diberikan setelah karyawan menunjukan kinerja yang optimal.

1. Reward Finansial

Seperti namanya, reward yang diberikan untuk karyawan berupa bonus diluar dari gaji utamanya. Sebagian besar karyawan akan lebih bersemangat ketika mereka mendapatkan bonus berupa uang yang nilainya cukup besar. Selain itu, reward finansial juga bisa berupa kenaikan gaji bulanan untuk karyawan yang loyal dalam bekerja.

2. Reward Non Financial

Berbeda dengan jenis reward sebelumnya, karyawan tidak mendapatkan bonus berupa uang dalam hal ini. Umumnya, perusahaan akan memberikan fasilitas liburan gratis kepada karyawannya atau kenaikan jabatan. Cara ini akan membuat karyawan merasa dihargai oleh perusahaan.

Contoh Punishment untuk Karyawan

Sebagian besar karyawan tentu tidak suka dengan punishment atau sanksi ini. Sebetulnya, punishment ini tidak akan diberikan jika karyawan menunjukan kinerja yang baik untuk perusahaan.

1. Penurunan Jabatan

Saat karyawan menunjukan kinerja yang buruk atau melanggar peraturan dalam perusahaan, punishment berupa penurunan jabatan bisa diberikan. Dengan cara ini, karyawan akan termotivasi untuk bisa bekerja dengan baik kembali dan menempati jabatan yang sebelumnya ditinggalkan.

2. Pemotongan Gaji

Untuk punishment yang satu ini, karyawan umumnya tidak akan diturunkan jabatannya. Melainkan hanya dilakukan pemotongan gaji yang besarnya tergantung kebijakan dari perusahaan. Punishment ini biasanya diberikan kepada karyawan yang melakukan kesalahan sampai merugikan perusahaan. Ini akan memaksa karyawan untuk lebih berhati-hati dalam bekerja.

Apakah Reward dan Punishment Penting?

Setelah mengetahui tujuannya, diketahui bahwa reward dan punishment begitu penting untuk diterapkan dalam perusahaan. Karyawan memang harus dipacu agar mampu bekerja sesuai dengan tujuan dengan baik. Reward menjadi salah satu bentuk apresiasi terbaik yang bisa diberikan oleh perusahaan untuk karyawannya. Dan punishment bisa menjadi upaya perusahaan untuk memperbaiki kinerja karyawan.

Nah itulah informasi mengenai reward dan punishment yang banyak diterapkan pada perusahaan. Ini menjadi cara terbaik untuk mengatur karyawan dalam bekerja.

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Anda Juga Harus Baca Ini

- Advertisement -spot_img