Tips Membangun Rumah Minimalis Sesuai Keinginan Penghuni Rumah

0
225
rumah minimalis

Rumah minimalis adalah bentuk hunian yang populer yang digunakan oleh banyak developer. Model rumah dengan arsitektur modern yang mengutamakan fungsional ini bentuknya sangat sederhana, namun bukan berarti biaya yang dikeluarkan hanya sedikit.

Cara Membuat Rumah Minimalis Yang Mewujudkan Keinginan Penghuninya

rumah minimalis

Penerapan elemen minimalis pada interior dan eksterior tentu bisa dilakukan sendiri, namun bila ingin mambangun dengan inspirasi penghuninya dan bukan mengambil unit jadi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Anda bisa membuat rumah minimalis yang sesuai dengan idaman dengan beberapa cara mudah.

1. Menentukan Desain Rumah

Mulai dengan mengetahui luas lahan yang akan dikerjakan dan kesepakatan mengenai ruang ruang yang diinginkan dalam rumah. Kerap sekali penghuni rumah perlu berembuk antara anggota keluarga yang lain agar mendapatkan rancangan kasar yang sesuai dengan keinginan semua penghuni. Perhatikan ukuran dan ekspektasi agar tidak kecewa dengan rancangan jadinya.

Anda bisa mencari inspirasi gambar rumah minimalis sederhana yang bisa jadi contoh atau pedoman untuk rumah Anda nantinya. Perhatikan bukan hanya bentuknya saja tapi perkiraan ruangan di dalamnya. Eksterior dan bagian-bagian penting lainnya.

2. Pemilihan Material

Rumah minimalis kerap memakai bentuk geometri seperti kotak atau kubus yang simple. Tapi bisa juga Anda memadukannya dengan gaya arsitektur lain misalnya gaya klasik pada pagar atau pemakaian kayu bambu untuk bagian tertentu.

Tentukan desain rumah yang sudah dilengkapi dengan keterangan material untuk memudahkan kalkulasi anggaran yang akan dikeluarkan. Pastikan juga material satu dan material lainnya cocok dan pantas untuk dikombinasikan. Dengan demikian, Anda memiliki gambaran menyeluruh mengenai biaya yang akan dikeluarkan.

3. Pemilihan Tukang Bangunan

Sudah menjadi rahasia umum kalau biaya tukang mengambil porsi besar dalam membangun rumah. Oleh karena itu pilih sistem pembayaran yang tepat dan memastikan dapat tukang yang bisa mengerjakan pembangunan sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan.

Biasanya penghuni rumah akan lebih memilih sistem borongan dimana biaya dan waktu pengerjaan sudah ditentukan diawal. Ada baiknya untuk meminta rekomendasi kerabat atau teman yang sudah membangun rumah sebagai perbandingan. Bisa juga Anda memilih beberapa kontraktor untuk membandingkan dan memilih opsi terbaik.

4. Melakukan Riset

Mulai dari desain, pemilihan material sampai tukang, coba untuk melakukan riset agar Anda memiliki pengetahuan dasar mengenai membangun rumah minimalis. Tentu, Anda bisa mempercayakan semua pada jasa pembangunan yang menawarkan layanan buat desain sampai tukang. Tapi, untuk bisa melakukan pemantauan akan membantu untuk memastikan rumah yang dibangun sesuai dengan keinginan.

5. Bangun Secara Bertahap

Proses pembangunan secara bertahap akan memberikan kesempatan pemilik rumah untuk memastikan tiap bagian rumah sesuai dengan keinginan. Bisa dimulai dengan pembuatan pondasi terlebih dahulu, pendirian tiap ruangan, sampai pemasangan atap. Cara ini akan membutuhkan waktu lebih lama, tapi bisa menguntungkan, khususnya kalau Anda memiliki dana terbatas.

Itulah beberapa hal yang bisa Anda perhatikan ketika akan membuat rumah minimalis. Mulai dari pemilihan desain rumah minimalis modern sampai dengan menentukan anggaran dan kontraktornya bisa dilakukan dengan bertahap sesuai dengan kebutuhan.

Gunakan jasa Arsitag untuk membangun rumah minimalis idamanmu dengan bantuan tenaga profesional. Arsitag menyediakan beragam jasa yang dibutuhkan mudai desain interior, kontraktor sampai Arsitek. Anda dapat memilih jasa yang diinginkan dengan mudah melalui situs resminya. Dapatkan hunian minimalis idaman sesuai dengan keinginan Anda dengan bantuan Arsitag.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here