Sistem JakLingko Memudahkan Rakyat Pergi Kemana Saja, Bisakah Diterapkan di Seluruh Indonesia?

0
80
jaklingko

PT JakLingko Indonesia tengah berusaha keras untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Jakarta akan transportasi yang mudah dan terintegrasi. Mereka berkomitmen menghadirkan tarif integrasi guna mempermudah penggunaan transportasi umum melalui  sistem JakLingko.

Mega Tarigan, Direktur Utama PT JakLingko Indonesia, menjelaskan bahwa tujuan dari tarif terintegrasi ini adalah untuk memberikan kenyamanan kepada masyarakat. Hal tersebut dilakukan terkait berbagai moda transportasi umum.

Langkah ini diharapkan dapat mendorong lebih banyak orang untuk beralih dari kendaraan pribadi ke transportasi umum. Sehingga penerapannya mampu mendukung upaya untuk mengurangi penggunaan kendaraan pribadi dan merangsang mobilitas berkelanjutan di kota Jakarta.

Kemudahan Berkat Hadirnya Sistem JakLingko

Sistem ini berawal di bulan November 2018, ketika Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengumumkan pemenang kompetisi desain logo untuk program integrasi moda transportasi kota Jakarta melalui laman JakLingko. Inisiatif ini dimulai dari Rapat Terbatas antara Presiden Republik Indonesia, Menteri Perhubungan, dan Gubernur DKI Jakarta, yang melahirkan PT JakLingko Indonesia.

Berdasarkan informasi dari situs JakLingko, catatan sejarah pertemuan terbatas ini tertuang dalam Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 63 Tahun 2020. Di dalamnya membahas penugasan Sistem Integrasi Pembayaran Antarmoda di wilayah Jabodetabek. Berikut berbagai manfaatnya.

1. Kemudahan Pilihan Layanan

Dengan ketersediaan layanan yang semakin mudah dan terjangkau dari JakLingko, diharapkan masyarakat akan beralih ke transportasi umum untuk mobilitas. Hal ini tentu saja berdampak signifikan dalam mengurangi kemacetan dan polusi yang terjadi.

2. Tarif Terintegrasi

Melalui sistem tarif integrasi, perjalanan menggunakan lebih dari satu moda transportasi umum di Jakarta menjadi lebih praktis. MRT Jakarta, LRT Jakarta, dan Transjakarta kini memberlakukan ongkos maksimal Rp 10.000 selama tiga jam atau 180 menit.

Inisiatif ini diimplementasikan oleh JakLingko, yang telah menghadirkan layanan tarif terintegrasi untuk mendukung transportasi yang mudah dan ekonomis. Saat ini, tarif integrasi di Transjakarta hanya berlaku untuk moda transportasi seperti halte atau bus rapid transit (BRT).

Namun, perlu diketahui bahwa layanan  sistem JakLingko ini tidak mencakup penggunaan kartu atau aplikasi Transjakarta Non-Halte, angkot Metrotrans, atau integrasi dengan mitra ojek online. Manfaat tarif integrasi dapat dinikmati melalui aplikasi JakLingko dan kartu uang elektronik (KUE) yang harus diaktivasi terlebih dahulu.

Proses aktivasi dapat dilakukan di stasiun MRT Jakarta, LRT Jakarta, dan halte Transjakarta menggunakan alat balance check terminal (BCT). Jika menggunakan KUE, penumpang akan menerima pengembalian selisih tarif melalui cashback yang dapat dicek di JakLingko. Dengan perjalanan multimoda, penumpang berpotensi menghemat hingga 50 persen melalui skema diskon tarif integrasi.

3. Layanan Unggulan

Dengan fitur-fitur unggulannya, JakLingko tidak hanya menyediakan layanan pembelian tiket perjalanan terintegrasi saja. Akan tetapi juga memberikan akses cepat ke titik transportasi terdekat dan perkiraan waktu kedatangan (ETA).

Lebih dari itu, JakLingko telah sukses mengintegrasikan KUE dengan sistem perbankan, mempermudah pengguna untuk memantau saldo dan mendapatkan cashback dari Tarif Terintegrasi. Pentingnya keterhubungan dengan sistem perbankan juga terbukti dalam kemudahan pengguna untuk memeriksa saldo dan cashback dengan mudah.

Saat ini, JakLingko telah memperluas opsi pembayaran dengan menerima QRIS, Fello, dan OVO. Dengan semangat untuk terus berkembang, JakLingko berencana menjalin kerja sama lebih lanjut dengan penyedia e-wallet  Tujuannya adalah menambah kemudahan bagi masyarakat dalam mobilitas dan transaksi mereka.

Sistem transportasi terintegrasi dari JakLingko telah menjadi solusi efektif untuk mempermudah perpindahan moda di ibu kota. Inovasi terus diperbarui, termasuk peluncuran aplikasi JakLingko yang memungkinkan masyarakat merencanakan perjalanan terintegrasi dengan mudah melalui genggaman tangan.

Harapannya, layanan ini dapat meningkatkan minat masyarakat untuk beralih menggunakan transportasi umum yang semakin nyaman dan mudah dalam hal pembayaran. Bukan hanya di Jakarta saja. Tetapi juga memberikan kemudahan untuk semua masyarakat Indonesia atas adanya sistem JakLingko ini.

 

Referensi

https://www.cnbcindonesia.com/news/20220624175442-4-350202/warga-jakarta-diajak-pakai-aplikasi-jaklingko-ini-fiturnya/amp

https://megapolitan.kompas.com/read/2023/10/11/17523201/dukung-transportasi-yang-mudah-dan-murah-jaklingko-berikan-layanan-tarif?page=all

https://www.jaklingkoindonesia.co.id/id/newsroom/article/info-jaklingko/8/sistem-integrasi-transportasi-jaklingko-pada-2022-setara-negara-maju

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here