Strategi Investasi Reksadana: Begini Cara Menerapkannya!

0
1031

Menabung untuk bekal masa depan merupakan salah satu cara mudah yang dapat dilakukan semua orang. Namun, agar dapat mencapai masa depan yang jauh lebih baik, tentu bisa dimulai dengan melakukan investasi. Salah satunya dengan investasi Reksadana Saham.

Pada dasarnya, ada berbagai macam jenis investasi. Bila dilihat secara sederhana, Reksadana ini diartikan sebagai sistem pengelolaan dana yang dilakukan oleh Manajer Investasi secara profesional, untuk investor yang ingin menanamkan investasi di sejumlah instrumen, baik di pasar modal maupun pasar uang.

Reksadana saham adalah tipe investasi yang sederhana serta cocok untuk mereka yang ingin berinvestasi dalam jangka panjang tetapi tidak mempunyai waktu dan pengetahuan lebih untuk melakukan investasi secara langsung. 

Walaupun demikian, layaknya model investasi yang lain, terdapat sejumlah strategi yang bisa diterapkan ketika melakukan investasi ini, agar memperoleh pendapatan maksimal. 

Strategi Investasi Reksadana Saham

Berikut sejumlah strategi yang dapat Anda terapkan ketika mencoba berinvestasi di Reksadana ini, antara lain:

1. Market Timing

Pada dasarnya, investasi Reksadana harus dilakukan menggunakan sejumlah pertimbangan yang tepat. Lebih-lebih berkaitan dengan waktu pembelian serta penjualannya. Bila investasi Reksadana yang dilakukan ketika kondisi pasar menguat, dibeli dengan harga yang rendah, nantinya potensi keuntungan akan menjadi semakin besar. 

Tetapi, bila pembelian Reksadana dilakukan secara terburu-buru dan dengan harga yang tinggi, potensi keuntungan tentu akan kecil. Ditambah lagi jika Anda menjual ketika harga sedang mengalami penurunan. 

Oleh sebab itu, ketika melakukan investasi, penting untuk mencermati IHSG atau Indeks Harga Saham Gabungan serta pergerakan pasar. Sehingga nantinya investasi yang Anda lakukan mampu memberikan keuntungan yang benar-benar maksimal. 

2. Lump Sum

Apakah Anda merupakan seorang pebisnis, sehingga tidak mempunyai penghasilan tetap? Bila demikian, strategi investasi seperti lump sum dapat dijadikan sebagai pilihan. Ketika menggunakan strategi lump sum ini, dana investasi nantinya akan disetorkan dalam satu waktu sekaligus. 

Contohnya saja, Anda melakukan investasi Rp500 juta hari ini, kemudian tidak melakukan penambahan keesokan harinya. Melakukan pembelian dalam satu waktu sekaligus seperti ini sebenarnya cukup efektif dan aman. 

Strategi lump sum akan memberi keuntungan maksimal, apalagi jika mengingat kinerja jangka pendek dan menengah masih positif. Strategi ini cocok bagi Anda yang tidak ingin repot dan ingin lebih simple. 

3. Dollar Cost Averaging

Strategi lain yang tidak boleh ketinggalan adalah dollar cost averaging. Strategi dollar cost averaging ini menjadi pilihan yang tepat bila Anda merupakan investor yang ingin bermain aman, serta ingin menjaga nilai investasi tanpa usaha yang besar. 

Ketika melakukan strategi dollar cost averaging, Anda akan melakukan pembelian Reksadana dengan rutin serta berkala. Contohnya, Anda melakukan pembelian Reksadana per tiga bulan atau per bulan. 

Adanya kebiasaan melakukan pembelian Reksadana dengan rutin dapat membuat Anda menghindari keputusan impulsif ketika melakukan investasi. Tentu saja ini menjadi hal penting karena investasi Reksadana juga memerlukan waktu yang tepat agar bisa menghasilkan keuntungan maksimal. 

Ketika melakukan strategi dollar cost averaging, pergerakan harga pasar tidak akan membuat Anda panik. Saat harga sedang mengalami penurunan, Anda dapat melakukan pembelian dalam jumlah yang sama, sehingga Anda bisa memperoleh unit yang jauh lebih banyak dibandingkan dengan pembelian sebelumnya.

Namun, saat harga sedang mengalami kenaikan, unit yang dapat Anda beli akan lebih sedikit. Sebenarnya hal ini tidak harus dicemaskan. Dalam jangka panjang, pembelian seperti ini akan memperkecil risiko investasi. 

Strategi dollar cost averaging ini menjadi pilihan yang tepat bagi Anda, ketika memiliki penghasilan tetap. 

4. Constant Share

Strategi constant share ini berbanding terbalik dengan dollar cost averaging. Strategi constant share merupakan strategi yang mengacu tidak pada jumlah uang yang dikeluarkan dalam periode tertentu, tetapi pada jumlah unit yang dibeli dalam jangka waktu tertentu. 

Kelebihan dari strategi constant share adalah, investor akan jauh lebih mudah menghitung berapa unit yang dimiliki dalam waktu tertentu. Namun, sudah pasti biaya yang dikeluarkan akan bervariasi serta jauh lebih besar. 

Hal ini disebabkan karena harga NAB unit Reksadana dapat mengalami penurunan atau kenaikan drastis dalam tempo yang singkat.

5. Buy Hold

Sebenarnya, strategi buy hold ini sangat simple. Namun, meskipun terbilang simple, strategi ini tidak mudah diterapkan oleh semua orang. Ketika melakukan strategi ini, Anda nantinya akan membeli sejumlah unit Reksadana kemudian mendiamkannya dalam kurun waktu tertentu. 

Strategi buy hold cocok bagi mereka yang memiliki target tertentu dengan nilai yang besar di masa depan, contohnya seperti ingin membangun rumah pribadi, melakukan pembelian mobil dan lainnya. 

Strategi buy hold minimal harus dijalankan dalam waktu 15 tahun, sehingga akan memberi keuntungan maksimal serta meminimalkan risiko kerugian yang dapat terjadi kapan saja. 

Pilihan Investasi Reksadana yang Tepat

Saat bingung memilih tempat yang tepat untuk melakukan investasi, DBS Treasures dapat dijadikan sebagai solusi. Anda dapat menjadi nasabah perbankan prioritas dari DBS Treasures, dengan penempatan dana minimal Rp500 juta. 

Anda akan memperoleh strategi manajemen kekayaan yang sudah dipersonalisasi sesuai data pasar dan profil risiko Anda, serta dikomunikasikan secara terus menerus. 

Sehingga, Anda akan lebih yakin mengambil keputusan di waktu yang tepat. DBS Treasures memberikan berbagai keuntungan berinvestasi. Sejumlah keuntungan investasi Reksadana Saham adalah: 

  1. Pengelolaan dilakukan oleh profesional di bidangnya, sehingga kinerja produk akan semakin maksimal. 
  2. Memperoleh wawasan terkurasi untuk memandu Anda melakukan investasi.
  3. Mengurangi risiko dengan melakukan diversifikasi. 

Dengan berbagai keunggulan yang dimiliki, yakin tidak ingin melakukan investasi Reksadana Saham di sini? Untuk informasi selengkapnya, Anda bisa klik link berikut  https://www.dbs.id/id/treasures-id/investasi/apa-itu-reksadana-dan-saham

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here