5 Tips Aman Investasi Online

0
232
investasi online

Investasi online menjadi salah satu pilihan banyak orang yang ingin berinvestasi dengan praktis dan mudah diakses melalui aplikasi atau website secara online tanpa perlu datang ke tempat investasi secara langsung. Selain itu, tak sedikit pula investasi online yang memberikan penawaran investasi dengan modal minim, bahkan bisa dimulai hanya dari Rp100.000. Hal inilah yang membuat banyak orang melakukan investasi online untuk mendapatkan keuangan yang lebih baik.

Selain investasi online, tak sedikit orang juga yang mencari perusahaan P2P Lending. P2P Lending Adalah perusahaan yang menyelenggarakan jasa keuangan untuk pertemukan peminjam dan penerima pinjaman untuk melakukan kegiatan pinjam-meminjam secara online. P2P (peer to peer) sendiri merupakan penyelenggara yang memberikan layanan pinjam meminjam berbasis teknologi informasi. Penerima pinjam merupakan seseorang atau badan hukum yang memiliki utang perjanjian dan pemberi pinjaman (investor) merupakan orang atau badan yang memberikan pinjaman.

5 Tips Aman Investasi Online

investasi online

Investasi online sangat menguntungkan karena efektif dan efisien, mendapatkan edukasi investasi, monitoring investasi dan lainnya. Meskipun terlihat mudah namun Anda tetap hati-hati dalam memilih investasi online, jangan sampai terjebak pada investasi bodong. Berikut merupakan 5 tips aman investasi online yaitu:

1. Pilih Investasi Online yang Terpercaya

Saat ini sudah marak berbagai macam investasi online yang dapat menjadi pilihan Anda. Anda harus pandai mencari platform investasi online yang sudah diawasi oleh OJK. Agar jika terjadi hal-hal yang mungkin terjadi akan lebih aman, dan minim resiko. Selain itu sebelum Anda memilih platform investasi online, Anda harus pandai-pandai mencari tahu track record dari platform tersebut.

2. Memilih Investasi Online yang Tepat

Saat ini sudah banyak jenis investasi online yang dapat Anda pilih, mulai dari saham, reksadana, valuta asing dan lain-lain. Sebagai pemula yang ingin memulai investasi online, Anda dapat memilih jenis investasi yang mudah dan minim resiko. Reksadana dapat menjadi salah satu pilihan Anda, meski memiliki keuntungan yang lebih sedikit dari investasi online lainnya. Reksadana dapat membantu Anda yang masih pemula.

3. Menilai Kredibilitas Broker

Dalam menggunakan investasi online, Anda akan difasilitasi oleh broker. Nah, jika investasi biasanya menggunakan sistem tatap muka, untuk investasi online antara broker dan investor diusahakan tanpa ada tatap muka. Maka dari itu penting sekali mengetahui dan mampu menilai broker Anda apakah mampu menggunakan dana secara bijak atau tidak.

4. Memahami Skema Investasi Online

Jika Anda memiliki broker yang kredibel, pasti Anda akan ditunjukkan beberapa skema yang akan menjadi patokan Anda dalam menjalani investasi. Skema ini dapat Anda pelajari agar Anda tahu, arah dana yang Anda keluarkan. Hal ini juga dapat menjadi acuan Anda untuk menilai seberapa kredibel broker Anda. Jangan sekali-kali menggunakan skema finzo, karena banyak kasus dna mengatakan itu skema investasi bodong.

5. Mewaspadai Penipuan Online

Di jaman yang serba canggih seperti saat ini, sangat banyak kemungkinan untuk maraknya kejahatan secara online. Karena penipu bisa saja memperoleh data dari berbagai macam cara, maka dari itu dengan menjaga keamanan akun. Investor harus benar-benar waspada dan jangan menunjukkan username, pin, surel dan lain-lain.

Itulah 5 tips aman investasi online yang bisa Anda lakukan. Lakukan tips tips berikut agar aman dalam berinvestasi yang bisa mendapatkan keuntungan sesuai yang diharapkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here