10 Tips Atur Budget Planning untuk Ibu Rumah Tangga

0
762
Tips Atur Budget Planning untuk Ibu Rumah Tangga-1

Pusing mengatur keuangan rumah tangga sebagai ibu baru? Jangan pusing, ada banyak kok tips membuat budget planning untuk ibu rumah tangga yang dapat diikuti. Perencanaan keuangan ini penting sekali dilakukan ibu rumah tangga, apalagi di tengah gempuran inflasi pasca pandemi.

Perhatikan saja kenaikan BBM di tahun 2023, sudah dua kali pemerintah menaikkan harga sejak awal tahun. Kenaikkan BBM dapat mendorong inflasi sehingga harga bahan pokok, transportasi dan suku bunga ikutan naik. Sebagai ibu rumah tangga yang bijak Anda harus bisa membuat perencanaan keuangan yang tepat. Yuk simak tipsnya.

10 Tips Membuat Budget Planning untuk Ibu Rumah Tangga

Ada banyak sekali pengeluaran yang harus diatur dalam sebuah rumah tangga mulai dari kebutuhan makan, transportasi, pakaian, sampai dengan tabungan. Tabungan sendiri ada banyak lho seperti tabungan untuk membeli rumah, kelahiran anak, pendidikan anak dan pensiun.

Semua pengeluaran tersebut dapat dipenuhi selama Anda berhasil membuat perencanaan keuangan yang efektif, efisien serta bermanfaat. Beragam tujuan membina rumah tangga pun dapat terpenuhi dan yang pasti ekonomi tetap stabil.

Bagi Anda ibu rumah tangga baru, di awal mungkin masih merasa kesulitan untuk mengaturnya. Tidak perlu khawatir, karena Anda bisa mengikuti tips berikut untuk membuat budget planning untuk ibu rumah tangga yang tepat.

  • Memahami Kondisi Keuangan

Sudahkah Anda memahami kondisi keuangan keluarga? Apa yang dimaksud dengan kondisi keuangan bukan hanya soal pemasukan saja lho. Anda harus tahu apa saja yang dimiliki saat ini mulai dari tabungan sampai dengan harta benda atau aset, baik yang lunas atau masih terhitung utang.

Dalam memulai budget planning untuk ibu rumah tangga memahami kondisi keuangan ini penting untuk menentukan persentase uang yang akan disimpan dan dikeluarkan. Anda bisa membuat total kekayaan bersih dengan menjumlahkan harta benda yang sudah dimiliki dikurangi dengan aset yang merupakan utang.

Itulah tabungan yang Anda miliki saat ini dan menjadi kondisi keuangan yang perlu diperhatikan. Apabila ternyata hasilnya minus, artinya Anda memiliki lebih banyak utang yang harus segera dilunasi. Uang yang ditabung untuk membayar utang harus jadi prioritas nantinya.

  • Mengenali Kebutuhan dan Keinginan

Saat mempersiapkan budget planning untuk ibu rumah tangga Anda juga perlu mengenali bedanya kebutuhan dengan keinginan. Kebutuhan adalah hal pokok yang wajib dipenuhi seperti makan sehari-hari, transportasi atau segala hal yang jika tidak terpenuhi membuat kehidupan terganggu.

Beda dengan keinginan yang bisa berupa pakaian untuk gaya hidup, liburan, hiburan dan sejenisnya. Semua yang termasuk keinginan ini tidak akan mengganggu kehidupan Anda jika tidak dipenuhi. Apabila rasio utang tadi lebih besar sebaiknya Anda tidak mengedepankan keinginan ini dalam rencana keuangan.

  • Membuat Prioritas

Masih berhubungan dengan kebutuhan, Anda perlu menjadikannya prioritas setiap bulannya. Prioritas ini perlu dijabarkan kembali menjadi pos-pos yang harus dipenuhi berdasarkan pemasukan yang dimiliki. Adanya daftar budget planning untuk ibu rumah tangga untuk kebutuhan ini akan lebih efektif.

Begitu banyak kebutuhan yang tidak bisa dilewatkan seperti tagihan air, listrik, transport ke tempat kerja, belanja dapur sampai dengan biaya pendidikan anak. Tidak lupa tentu saja dengan cicilan aset yang merupakan utang wajib dilunasi.

Berdasarkan daftar ini pula Anda bisa tahu rata-rata pengeluaran rumah tangga per bulan. Anda pun bisa mengetahui kapan utang akan lunas dan bisa mulai menabung untuk tujuan lainnya.

  • Mencatat Pengeluaran Terperinci

Bukan sekedar dibayangkan, budget planning untuk ibu rumah tangga harus dicatat. Saat ini ada banyak aplikasi yang bisa membantu Anda untuk membuat catatan anggaran bulanan lebih mudah, jadi tidak ada alasan lagi untuk tidak membuatnya.

Jika kesulitan Anda bisa juga membuat tulisan dalam buku tulis berupa tabel yang berisi tanggal, pemasukan, pengeluaran dan keterangannya. Jangan lupa catatan ini harus dibuat untuk pengeluaran sekecil apapun. Penting juga untuk menyimpan seluruh nota belanja agar mudah dihitung.

  • Menerapkan Sistem 50 30 20

Masih bingung dengan penempatan jumlah dana dalam budget planning untuk ibu rumah tangga? Ada sebuah sistem yang efektif dan cukup banyak digunakan yaitu metode budget 50 20 dan 30.

50% penghasilan dapat Anda manfaatkan untuk memenuhi kebutuhan pokok mulai dari kontrak rumah, belanja, transportasi dan tagihan penting lainnya. 30% dari penghasilan bisa Anda gunakan untuk keinginan pribadi seperti hiburan hingga liburan.

20% dari penghasilan bisa Anda manfaatkan untuk tabungan atau investasi. Metode ini sangat mudah digunakan dan cukup fleksibel. Anda hanya perlu membagi penghasilan kepada ketiga pos tersebut. Nantinya di masing-masing pos bisa dibagi lagi sesuai daftar kebutuhan yang telah dibuat.

  • Menyisihkan untuk Dana Darurat

Saat membuat budget planning untuk ibu rumah tangga Anda harus memasukkan dana darurat ke dalam daftar pengeluaran. Dana darurat adalah tabungan yang dalam jangka pendek harus segera terpenuhi. Apalagi jika Anda masih mengandalkan income dari suami. Sumbernya bisa dari 20% penghasilan.

Rata-rata dana darurat dalam budget planning untuk ibu rumah tangga di Indonesia adalah 6 sampai 12 kali gaji harus terpenuhi. Dana darurat ini nantinya bisa digunakan ketika terjadi masalah seperti PHK. Setidaknya dengan dana darurat ini selama 3 sampai 6 bulan ke depan kebutuhan dapat terpenuhi.

  • Mengalokasikan Dana Asuransi dan Investasi

Cara mengatur keuangan rumah tangga yang bijak adalah dengan mengalokasikan dana untuk asuransi serta investasi sekecil apapun. Asuransi adalah proteksi paling penting dalam sebuah keluarga, karena Anda tidak tahu kapan risiko seperti kecelakaan atau sakit akan melanda.

Dana darurat saja tentunya tidak cukup untuk menutup seluruh biaya ketika terjadi risiko, maka asuransi bisa sangat meringankan. Selain itu investasi juga menjadi jalan keluar untuk membuat sumber income bertambah. Investasi juga menjadi bentuk tabungan yang menguntungkan dalam jangka waktu panjang.

  • Menjaga Rasio Utang

Sebisa mungkin dalam budget planning untuk ibu rumah tangga Anda tidak mengalokasikan untuk utang. Namun jika masih banyak cicilan harta benda tentu rasio utang ini harus dijaga lebih baik.

Idealnya Anda bisa membayar tagihan utang tidak lebih 30% dari penghasilan. Jika lebih dari itu maka alokasi dana untuk kebutuhan dapat terganggu. Oleh karena itu jika ingin berhutang sebaiknya perkirakan rasio ini sehingga keuangan tetap aman.

  • Membuat Batas Pengeluaran

Beruntung jika keluarga sudah bebas dari utang dan Anda serta pasangan memiliki penghasilan. Namun bukan berarti Anda bisa lebih bebas belanja dan menuruti keinginan. Dalam budget planning untuk ibu rumah tangga, Anda perlu menentukan batas pengeluaran.

Metode 50 30 20 mungkin telah Anda terapkan, namun pada setiap daftar kebutuhan perlu ada batas maksimal masing-masing. Misalnya untuk keperluan hiburan tidak boleh lebih dari Rp500.000 per bulannya. Batasannya tentu tidak melebihi dari penghasilan karena akan membuat Anda minus.

  • Melakukan Evaluasi Setiap Bulan

Hal paling penting dalam membuat budget planning untuk ibu rumah tangga adalah evaluasi. Banyak ibu rumah tangga yang melewati tahapan ini karena merasa terlalu sibuk. Padahal evaluasi bersama dengan pasangan akan membuat keuangan lebih transparan dan bisa merencanakan keuangan di bulan berikutnya.

Apabila terdapat pengeluaran berlebih di bulan ini, Anda bisa menguranginya di bulan berikutnya. Ketika rasio utang meningkat dari penghasilan, artinya Anda harus mencari pemasukan dari sumber yang baru.

Saat belum terbiasa untuk membuat budget planning apalagi bulanan Anda pasti akan merasa kesulitan. Bingung menentukan mana keinginan hingga kebutuhan. Dalam memetakan kebutuhan serta keinginan ini Anda bisa mengandalkan situs Calculator.me.

Situs ini menyediakan layanan kalkulator untuk membuat rencana keuangan bulanan Anda sekeluarga. Kalkulator dapat digunakan secara gratis hanya dengan memasukkan nominal penghasilan Anda.

Cara Membuat Budget Planning dengan Calculator.me

Kesulitan membuat budget planning untuk ibu rumah tangga sebagian besar adalah kebingungan membuat nominal. Berapa nominal yang harus dikeluarkan untuk satu bulan, berapa nominal untuk tabungan, belanja dan anggaran lainnya.

Calculator.me hadir untuk menyelesaikan masalah ini karena Anda bisa mendapatkan nominal tersebut lebih pasti. Selain itu muncul juga pengeluaran tertinggi dan terendah yang bisa diterapkan nantinya.

Anda pun bisa lebih fleksibel untuk mengatur keuangan dan memilih perencanaan keuangan sesuai kebutuhan. Cara menggunakan Calculator.me juga sangat mudah, Anda bisa mengikutinya berikut ini:

  • Mengakses Kalkulator Financial Planning 

Anda bisa langsung mengakses halaman resmi Calculator.me, di sana Anda akan melihat beberapa pilihan kalkulator. Ya, Calculator.me tidak hanya menyediakan layanan untuk budget tetapi juga pinjaman, pensiun, tabungan dan lainnya.

Mengingat Anda akan menghitung rencana keuangan, di halaman utama pilih langsung menu Financial Planning. Anda akan diarahkan langsung ke kalkulator untuk membuat budget rumah tangga bulanan. Jika sulit Anda bisa juga mengakses https://calculator.me/planning/.

Tips Atur Budget Planning untuk Ibu Rumah Tangga-1

  • Mengisi Data Penghasilan

Pada saat berada di halaman Budget Planning Calculator, Anda hanya perlu mengisi satu kolom saja yaitu Net-Income. Kalkulator ini menggunakan sistem penghitungan dolar, Anda bisa mengubah penghasilan bulanan menjadi dolar. Saat ini 1 rupiah bernilai Rp15.700.

Misalnya, Anda memiliki gaji Rp15.700.000 maka isilah kolom Net-income 1000. Kemudian langsung saja klik Convert to $ Amounts. Hasilnya akan muncul pada tabel di bawahnya.

Tips Atur Budget Planning untuk Ibu Rumah Tangga-1

Pada tabel ini Anda akan melihat kolom low end yang merupakan perkiraan pengeluaran terendah dan high end yaitu pengeluaran tertinggi. Calculator.me juga sudah membagi pengeluaran secara terperinci untuk makanan, transportasi, pakaian sampai dengan tabungan dan hiburan.

Tips Atur Budget Planning untuk Ibu Rumah Tangga-1

Masing-masing pengeluaran ini diperoleh mulai dari 5% hingga 35% penghasilan yang Anda masukkan di kolom paling atas. Sekarang Anda hanya perlu mengikuti tabel yang telah muncul untuk membuat budget planning setiap bulannya. Mudah bukan?

Kapan saja dibutuhkan atau saat penghasilan meningkat Anda selalu bisa mengandalkan Calculator.me. Bahkan ada juga penempatan biaya untuk menabung rumah bagi Anda yang berencana memiliki rumah dalam waktu dekat.

Kini untuk membuat budget planning untuk ibu rumah tangga Anda tentu tidak akan merasa kesulitan. Satu hal yang pasti, penting untuk terus mengaturnya sehingga Anda bisa mencapai tujuan keuangan yang sehat dalam rumah tangga.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini