5 Tips Bisnis Konveksi Busana Muslim Menggunakan Pinjaman Modal Usaha

Must Read

Mengembangkan bisnis konveksi busana muslim menjadi pilihan bisnis sampingan yang tepat dan patut Anda coba. Bisnis konveksi busana muslim memiliki potensi yang cukup bagus karena permintaan produk pakaian muslim di Indonesia terus meningkat. Jadi tidak ada salahnya jika Anda mengajukan pinjaman modal usaha untuk memulainya.

Untuk mulai memproduksi busana muslim dalam skala besar Anda membutuhkan modal yang besar pula. Dalam urusan menyiapkan modal usaha Anda tidak perlu pusing lagi karena ada pinjaman modal usaha kecil hingga besar yang ditawarkan oleh bank.

Tips Menjalankan Bisnis Konveksi Busana Muslim yang Tepat

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum menjalankan sebuah bisnis adalah membuat perencanaan yang matang, supaya bisa berjalan sesuai target yang diharapkan. Untuk mewujudkan perencanaan tersebut Anda membutuhkan pinjaman modal usaha besar supaya bisa memproduksi busana muslim dalam jumlah partai.

Nah, berikut ini ada beberapa tips menjalankan bisnis konveksi busana muslim skala besar yang patut disimak:

  • Lakukan Analisis Bisnis

Bisnis konveksi termasuk bisnis yang bergerak dinamis, sehingga Anda perlu melakukan analisis untuk menjalankannya. Salah satu analisis yang penting dilakukan adalah terkait dengan tren pasar yang sedang terjadi.

Karena bisnis konveksi sangat bergantung dengan tren fashion busana yang sedang berkembang di masyarakat. Untuk melakukan analisis diperlukan tim khusus yang mampu mengamati perkembangan tren dan menuangkannya ke dalam produk Anda.

Dalam membentuk tim tersebut tentunya diperlukan biaya operasional yang lebih besar  karena Anda harus menggaji mereka. Jika belum memiliki biaya operasional yang cukup, Anda bisa menggunakan pinjaman modal usaha dari DBS KTA sebagai solusinya.

  • Tentukan Jenis Busana yang akan Diproduksi

Tips Bisnis Konveksi Busana Muslim Menggunakan Pinjaman Modal Usaha

Ada beragam jenis busana muslim yang bisa Anda produksi, beberapa perusahaan konveksi skala besar biasanya menerima pesanan berbagai jenis busana muslim. Namun, ada juga yang hanya menerima jenis busana muslim tertentu saja.

Karena setiap jenis busana muslim memiliki tingkat kerumitan yang berbeda-beda dalam proses pengerjaannya. Namun, jika Anda didukung oleh tenaga penjahit profesional mungkin hal tersebut bukanlah masalah besar.

Jika memperkerjakan tenaga profesional Anda perlu menyiapkan biaya operasional yang lebih besar lagi untuk menggaji mereka. Menggunakan pinjaman modal usaha kecil hingga besar dari bank bisa menjadi solusinya.

  • Siapkan Modal yang Cukup

Modal yang harus Anda siapkan juga mencakup biaya operasional di awal-awal menjalankan bisnis. Jadi bukan hanya biaya untuk membeli peralatan konveksi, bahan baku, dan sewa tempat saja.

Tapi juga termasuk pengeluaran lain, contohnya gaji karyawan, renovasi tempat, tagihan listrik dan air, biaya pemasaran, dan lainnya. Jika ingin menyiapkan modal tersebut dengan mudah Anda bisa mengajukan pinjaman modal usaha di DBS KTA.

  • Carilah Tempat dan Urus Perizinan Usaha

Setelah Anda memiliki modal yang cukup, sebaiknya segera carilah tempat usaha yang strategis. Tidak perlu di pusat kota yang terpenting lokasinya mudah diakses untuk memudahkan klien yang datang. Jangan lupa uruslah perizinan usaha Anda di instansi terkait agar bisnis konveksi skala besar tersebut bisa berjalan lancar.

Memiliki izin usaha juga akan membuat klien lebih yakin ketika akan menggunakan jasa konveksi Anda. Untuk menyewa tempat dan mengurus perizinan usaha Anda bisa menggunakan pinjaman modal usaha dari DBS KTA dengan persyaratan yang mudah.

  • Lakukan Promosi dan Bangun Brand Image

Pertama-tama Anda bisa mulai melakukan promosi melalui media sosial dan website untuk memperkenalkan bisnis konveksi busana muslim tersebut. Untuk membangun brand image buatlah logo yang simpel dan mudah diingat. Kemudian informasikan visi misi bisnis tersebut dan buatan desain konten yang sesuai dengan produk busana muslim yang Anda produksi.

Jika perlu gunakan Google Ads, media sosial Ads, dan SEO untuk mengoptimalkan bisnis agar bisa dijangkau oleh masyarakat luas. Untuk menerapkan hal tersebut pada bisnis Anda memerlukan anggaran pemasaran yang agak besar jika perlu gunakan pinjaman modal usaha kecil hingga besar dari bank.

Model Busana Muslim yang Sedang Populer Beserta Rincian Modalnya

Berikut ini beberapa model busana muslim yang bisa Anda produksi dengan menggunakan pinjaman modal usaha:

  1. Gamis
  2. Abaya
  3. Tunik
  4. Baju koko
  5. Kaftan

Jika Anda berencana memproduksi model busana muslim tersebut, berikut rincian modalnya:

  1. Perkiraan Biaya Peralatan

  • Mesin jahit (3 – 4 pcs) Rp12 juta
  • Mesin obras (3 – 4 pcs) Rp15 juta
  • Mesin overdeck (3 – 4 pcs) Rp17 juta
  • Mesin rantai (3 – 4 pcs) Rp9 juta
  • Mesin potong (3 – 4 pcs) Rp12 juta
  • Meja potong (2 – 3 pcs) Rp4 juta
  • Setrika uap (3 – 5 pcs) Rp8 juta
  • Peralatan menjahit lainnya Rp5 juta
  • Sewa tempat dan biaya mengurus perizinan usaha Rp25 juta

2. Perkiraan Biaya Operasional

  • Gaji pegawai Rp10 juta
  • Listrik Rp2 juta
  • Transportasi Rp1,5 juta
  • Bahan Baku Rp26 juta
  • Biaya lain-lain Rp1,5 juta

Dari rincian tersebut bisa diperkirakan modal yang dibutuhkan adalah sekitar Rp148 juta. Untuk memulai bisnis konveksi busana muslim skala besar.

Dapatkan Pinjaman Modal Usaha dari DBS KTA

Bank DBS Indonesia menghadirkan DBS KTA sebagai solusi masyarakat Indonesia untuk mewujudkan bisnis impiannya. Proses pengajuan pinjaman juga mudah dilakukan  dan persyaratan yang diberikan juga terbilang mudah.

Berikut ini kelebihan yang ditawarkan DBS KTA:

  • Limit Pinjaman Besar

Menawarkan pinjaman modal usaha hingga senilai Rp300 Juta.

  • Bunga Rendah

Bunga pinjaman cukup rendah mulai 0,88% tiap bulannya (bunga flat).

  • Tenor Panjang

Pinjaman DBS KTA untuk usaha Anda bisa dicicil hingga 36 bulan.

  • Syaratnya Mudah

Persyaratannya cukup mudah, yaitu berdomisili di wilayah Jabodetabek, mempunyai e-KTP dan NPWP, berpenghasilan paling sedikit Rp5 juta per bulan, dan mempunyai kartu kredit dari bank lain dengan limit minimal Rp10 juta.

Tidak perlu ragu lagi mengajukan pinjaman modal usaha di DBS KTA karena persyaratannya mudah dan memberikan penawaran bunga pinjaman yang menarik.  Segera ajukan pinjaman dan dapatkan modal usaha hingga Rp300 juta untuk mengembangkan bisnis konveksi busana muslim impian.

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Anda Juga Harus Baca Ini

- Advertisement -spot_img