5 Tips Memakai Deodorant agar Ketiak Tidak Hitam

0
460
Tips Memakai Deodoran

Kulit ketiak yang hitam memang sangat mengganggu penampilan dan bisa menurunkan rasa percaya diri sebab ketiak jadi tampak kotor. Tak heran jika banyak orang mencoba berbagai cara agar kulit ketiak tetap cerah. Salah satunya dengan memilih dan memakai deodorant yang tidak membuat ketiak hitam.

Ketiak hitam bisa disebabkan karena kebiasaan yang tidak tepat dalam merawat bagian tersebut. Misalnya mencukur bulu ketiak yang akhirnya menimbulkan iritasi. Iritasi setelah mencukur bulu kemudian bisa mendorong produksi pigmen penghitam kulit secara berlebihan sehingga ketiak jadi gelap.

Ketiak hitam juga bisa dikarenakan infeksi bakteri saat kulit lembab akibat cuaca panas dan keringat. Adanya infeksi bakteri di ketiak dapat dipicu kurangnya kebersihan tubuh hingga masalah kesehatan tertentu, seperti obesitas dan diabetes. Kondisi kehamilan dan perubahan hormon juga bisa menjadikan bagian ketiak jadi lebih gelap.

Tips Memakai Deodorant Agar Ketiak Tidak Hitam

Sementara pendapat yang mengatakan bahwa deodorant bisa memicu ketiak hitam hanya sebatas mitos. Faktanya, deodorant justru bisa membantu mencerahkan kulit ketiak dan mengatasi masalah ketiak lainnya jika dipakai dengan cara yang benar. Inilah tips memakai deodorant agar ketiak tidak hitam.

1.Bersihkan Ketiak dengan Teliti

Langkah awal menjadikan kulit ketiak lebih cerah adalah dengan membersihkan ketiak secara teliti saat mandi. Sebelum mandi, ketiak pasti sangat kotor karena ada banyak kotoran yang menempel selama beraktivitas.

Ketiak yang tidak dibersihkan secara maksimal saat mandi akan menyebabkan tumpukan kotoran yang bisa menghasilkan warna gelap pada ketiak. Membersihkan ketiak saat mandi juga membantu menghilangkan sisa deodorant.

2. Lakukan Eksfoliasi

Membersihkan ketiak saat mandi saja tidak cukup. Ketiak harus rutin dieksfoliasi untuk mengangkat sel kulit mati yang menjadi penyebab umum warna kulit ketiak gelap. Eksfoliasi pada ketiak bisa dilakukan setidaknya sekali seminggu.

Eksfoliasi pada ketiak bisa menggunakan scrub yang dibuat sendiri atau produk yang siap pakai. Pastikan memilih scrub yang tidak mengandung bahan berbahaya. Saat memakai scrub, hindari menggosok ketiak terlalu kencang.

3. Pakai Deodorant saat Kulit Kering

Seperti dikatakan sebelumnya bahwa ketiak hitam bisa dipicu kulit yang lembab. Karena itu, deodorant sebaiknya digunakan saat kulit ketiak sudah kering. Jadi keringkan dulu ketiak setelah mandi dengan handuk yang lembut.

Tidak hanya ketiak yang bisa menjadi gelap, memakai deodorant saat ketiak basah juga bisa menimbulkan bau tidak sedap. Pasalnya, bakteri pemicu bau badan sangat mudah berkembang pada area kulit yang basah.

4. Gunakan Deodorant Secukupnya

Deodorant memang menjadi produk andalan untuk mengatasi masalah bau ketiak. Namun bukan berarti deodorant bisa dipakai secara berlebihan. Menggunakan deodorant terlalu banyak justru menyebabkan ketiak hitam.

Deodorant yang dipakai terlalu banyak menyebabkan sisa residu tertinggal pada kulit dan menghasilkan tumpukan kotoran yang sulit dibersihkan. Deodorant sebaiknya dipakai sebanyak 4-6 kali oles saja.

5. Pilih Deodorant yang Tepat

Tips terakhir untuk mendapatkan kulit ketiak cerah adalah memilih deodorant yang tepat. Deodorant yang bagus tidak hanya bisa menghilangkan bau tapi juga mengandung bahan pencerah kulit alami.

Pastikan juga memilih deodorant dengan kandungan bahan alami yang aman dan tidak mudah menimbulkan iritasi pada kulit. Sebab, iritasi menjadi penyebab umum ketika jadi hitam.

Itulah sederet tips memakai deodorant untuk mencegah ketiak hitam. Selain memperhatikan cara memakai deodorant, perhatikan juga kebersihan kulit dan seluruh tubuh serta selalu gunakan produk perawatan yang tidak membahayakan. Dengan ketiak yang cerah, penampilan akan semakin percaya diri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here