Tips Membersihkan Rumah di Bulan Ramadan Agar Hemat Energi

0
171
Tips Membersihkan Rumah di Bulan Ramadan Agar Hemat Energi

Tips membersihkan rumah berikut akan sangat membantu saat kondisi tubuh tidak fit. Misalnya sedang sakit atau menjalani ibadah puasa. Kebersihan memang sebagian dari Iman. Kita akan merasa nyaman kalau sekeliling kita bersih. Terutama di bulan Ramadan.

Tips Membersihkan Rumah Saat Sedang Puasa

Rumah yang bersih dan higienis akan meningkatkan mood untuk beribadah. Cara terbaik untuk berbenah saat puasa adalah menghindari terlalu lelah.. Kalau ingin praktis, kita bisa manfaatkan promo Ramadan Kliknclean dan memakai jasa profesional. Kalau ingin mengerjakannya sendiri, lakukan tips berikut.

1.Mulai Setelah Sahur

Ada anjuran untuk tidak tidur setelah santap sahur. Kita bisa memanfaatkan waktu tersebut untuk segera membersihkan rumah. Selain itu, tubuh memiliki tenaga karena baru selesai makan. Pagi hari juga cuaca masih sejuk dan membuat aktivitas fisik tidak terlalu membuat lelah.

Kita mulai dari membersihkan bekas santap sahur. Anda dapat memulai dengan mencuci piring dan membereskan dapur dan ruang makan. Tidak perlu menyelesaikan sekaligus, lakukan bertahap agar tidak capek. Kalau setelah sahur kita menyelesaikan sebagian besar pekerjaan, sisanya akan lebih mudah.

2.Jadwal Mencuci Pakaian

Mencuci pakaian terasa berat karena serangkaian langkah yang harus dilakukan. Kita akan terbantu dengan adanya mesin cuci, tapi kita tetap harus menjemur dan menyetrika. Oleh karena itu, mencuci pakaian jadi sangat melelahkan.

Untuk mengatasi rasa capek karena harus bebersih rumah, jadwalkan waktu untuk mencuci pakaian secara rutin.  Misalnya mencuci tiap 2 atau 3 hari sekali. Kemudian, tentukan hari lain menyetrika. Jadi, kita tidak terbebani dengan harus menyelesaikan cucian sekaligus.

3.Kerjakan Bersama-sama

Membersihkan rumah sendirian bisa jadi beban berat. Kita akan mudah lelah dan juga merasa sendirian dan tak berdaya. Oleh karena itu, ajak anggota keluarga untuk membersihkan rumah bersama-sama. Buat aktivitas menyenangkan atau berikan sebuah bentuk hadiah.

4. Jangan Menunda-nunda

Tips membersihkan rumah terbaik agar tetap bertenaga selama puasa adalah segera beberes. Hindari pekerjaan rumah menumpuk dan justru membuat tugas rumah jadi semakin berat. Tugas kecil akan jadi berat kalau terlalu banyak. Dengan cara ini, Anda tidak gampang lelah.

5.Pisahkan Pakaian Sebelum Menyetrika

Sebelum menyetrika pakaian, pisahkan berdasarkan jenis atau keperluan penggunaan. Misalnya, pisahkan pakaian rumah dengan pakaian untuk kegiatan luar rumah. Jadi, saat menyetrika bisa menghemat waktu. Anda bisa menentukan kapan setrika untuk pakaian A dan pakaian B.

6. Tentukan Prioritas

Saat membersihkan rumah di bulan Ramadan, tentukan prioritas pada area yang paling sering digunakan. Misalnya ruang tamu atau kamar tidur. Jadi, dahulukan membersihkan area tersebut ketika masih memiliki tenaga. Kalau lelah, bersihkan tempat lainnya saat sudah tidak lelah.

Fokuslah untuk memprioritaskan ruangan yang paling sering kita pakai. Terutama tempat yang sering menjadi pusat aktivitas selama bulan puasa. Dengan memberikan perhatian ekstra pada area strategi, Anda dapat menciptakan lingkungan bersih dan nyaman untuk beribadah.

7.Pakai Produk Pembersih yang Efektif

Memakai produk pembersih yang efektif akan sangat membantu untuk bebenah. Kita tidak perlu memakai terlalu banyak tenaga untuk membersihkan lantai atau piring. Jadi, investasikan untuk produk yang handal untuk menjaga rumah higienis dan bersih.

8. Atur Ruang Penyimpanan dengan Rapi

Selama bulan Ramadan, seringkali kita memakai banyak peralatan masak. Luangkan waktu untuk merapikan ruang penyimpanan, seperti lemari dapur atau ruang penyimpanan makanan. Barang-barang tersebut harus mudah diakses dan tertata dengan baik. Kalau mudah dalam memasak atau berbenah, maka kita tidak akan lelah karena harus mencari-cari benda yang kita butuhkan.

Dengan menerapkan tips-tips di atas, Anda dapat menjaga kebersihan rumah selama bulan Ramadan dengan lebih mudah dan efisien, sehingga Anda dapat fokus pada ibadah dan menjalani bulan suci ini dengan penuh khusyuk dan ketenangan

Kita gunakan tips membersihkan rumah di atas untuk menjaga kerapian rumah secara efektif. Kita tidak terlalu lelah dan masih bisa beribadah selama bulan Ramadan. Bila ingin bantuan profesional, kita bisa memakai jasa KliknClean yang terdiri dari tenaga berpengalaman yang bisa kita dapati melalui aplikasi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini