5 Tips Memilih Sepatu Olahraga yang Nyaman Sesuai Kebutuhan

0
44
5 Tips Memilih Sepatu Olahraga yang Nyaman Sesuai Kebutuhan

Ketika berolahraga, salah satu hal terpenting yang perlu diperhatikan adalah penggunaan sepatu. Karena selain mendukung penampilan, sepatu juga melindungi kaki dari ancaman cedera. Maka dari itu, penting untuk tahu tips memilih sepatu olahraga sesuai kebutuhan agar nyaman digunakan dan jangan sampai salah pilih tempat untuk beli sepatu. Salah satu rekomendasi toko sepatu olahraga berkualitas adalah Sports Station Indonesia yang memiliki banyak pilihan sepatu untuk Anda. Namun sebelum itu, kita bahas yuk tips memilih sepatu olahraga yang nyaman dipakai.

5 Tips Memilih Sepatu Olahraga

Ketika kita melakukan olahraga secara rutin, maka akan banyak manfaat yang bisa kita dapatkan sehari-hari agar tetap sehat dan bugar. Namun, agar manfaat bisa didapatkan secara optimal, Anda membutuhkan sepatu olahraga yang tepat. Karena ketika salah memilih sepatu olahraga, akan menimbulkan berbagai keluhan kesehatan. Contohnya jari kaki yang lecet, nyeri lutut, sakit di bagian betis, sakit di bagian tendon achilles, hingga nyeri punggung dan panggul.

Lalu, pada kesempatan ini kita akan membahas cara memilih sepatu olahraga yang tepat sebagai berikut.

  1. Pilih Sepatu Berdasarkan Jenis Olahraga yang Dilakukan

Tidak semua jenis olahraga memiliki jenis sepatu yang sama karena memiliki beban yang berbeda-beda. Contohnya saja olahraga aerobik yang melatih pernapasan dan gerak otot tubuh, seperti jogging dan jalan cepat. Maka, sepatu yang digunakan harus fleksibel, mampu menopang kaki dan berfungsi sebagai bantalan, dan meminimalisir benturan sekecil mungkin. Namun, sepatu juga harus lebih ringan agar tidak terjadi rasa nyeri di tumit.

Selain olahraga aerobik, Anda juga harus memperhatikan jenis olahraga lainnya juga seperti larik, golf, dan lain-lain.

  1. Langsung Mengunjungi Toko Penjual Sepatu

Di toko sepatu olahraga, biasanya terdapat staff yang memiliki pengetahuan mengenai jenis sepatu yang tepat berdasarkan kebutuhan olahraga Anda. Maka, dengan bertemu langsung, Anda bisa tahu jenis sepatu yang tepat.

Namun, bagi Anda yang membeli di toko online, sebaiknya melakukan pengukuran kaki secara mandiri dan bertanya kepada admin yang bersangkutan untuk konsultasi.

  1. Membeli Sepatu di Malam Hari

Biasanya di malam hari setelah seharian beraktivitas, kaki akan menjadi lebih lebar dari ukuran biasanya. Hal ini bisa membantu Anda memilih sepatu yang lebih longgar.

  1. Membawa Kaus Kaki Ketika Membeli

Untuk pembelian offline, tips memilih sepatu olahraga selanjutnya adalah dengan membawa kaus kaki. Anda bisa menggunakan kaus kaki ini ketika mencoba sepatu di toko sehingga bisa pas dengan bentuk dan lekuk kaki Anda ketika sedang berolahraga nantinya.

  1. Tidak Langsung Merasa Nyaman dengan Sepatu yang Dipilih Pertama Dicoba

Ketika sudah mencobanya saat duduk, Anda jangan langsung jatuh hati dengan sepatu olahraga tersebut. Cobalah terlebih dulu untuk berjalan atau berlari di area toko sehingga Anda bisa merasakan kenyamanan ketika memakainya untuk olahraga.

Bagi Anda yang membeli secara online, bisa memilih toko yang menyediakan sistem refund atau tukar barang ya.

  1. Sesuaikan dengan Ukuran Ibu Jari Kaki

Lalu, perhatikan juga jarak ideal sepatu dengan ibu jari kaki Anda. Karena jika terlalu longgar, rasanya akan selip. Namun, ketika terlalu ketat, maka akan membuat kaki mudah lecet.

  1. Memiliki Harga yang Sepadan

Biasanya sepatu olahraga dengan kualitas bagus memiliki harga yang tidak murah. Oleh karena itu, untuk sepatu olahraga berharga murah belum tentu memiliki kualitas yang lebih baik dari yang sedikit lebih mahal.

Maka dari itu, pastika sepatu Anda memiliki kualitas terbaik dengan harga yang sesuai budget.

  1. Perhatikan Waktu Penggantian Sepatu Olahraga

Biasanya sepatu olahraga diganti setelah digunakan sejauh 500-600 km atau bisa juga ketika sol sudah mulai tipis dan sepatu terasa tidak nyaman.

Jika sudah mulai waktu pergantian sepatu, Anda bisa lihat-lihat terlebih dulu di toko, bisa secara offline atau online. Untuk online sendiri, Anda bisa ke Sports Station Indonesia. Di sana ada berbagai macam jenis sepatu untuk pria, wanita, dan anak-anak yang bisa digunakan untuk berbagai macam olahraga, hingga sekadar kebutuhan fashion saja.

Selain sepatu, mereka juga menjual peralatan olahraga berkualitas tinggi dan fashion penunjang lainnya seperti kaus, topi, hingga tas. Di sana Anda juga bisa memilih berdasarkan brand kesayangan, seperti Reebok, Adidas, New Balance, Converse, dan lain-lain.

Bahkan, sekarang ini sedang ada diskon 20% sampai 30% mulai tanggal 15 sampai 17 November 2022 dan deal special mulai dari Rp100.000 pada tanggal 1-30 November 2022.

Itulah 8 tips memilih sepatu olahraga yang nyaman sesuai kebutuhan dan Anda bisa mendapatkannya dengan mudah di Sports Station Indonesia sekarang!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here