Tips Memilih Tenor KTA agar Kredit Nyaman dan Nggak Tekor

0
32
Tips Memilih Tenor KTA agar Kredit Nyaman dan Nggak Tekor

Membicarakan kartu kredit atau pinjaman, pastinya tidak terlepas dari istilah tenor jangka waktu angsuran yang harus dibayarkan. Saat mengajukan kredit ke bank, nasabah dapat memilih tenor sesuai kemampuannya. Salah satunya ketika anda ingin mendaftar layanan pinjaman tanpa agunan atau KTA. 

Sebelum mengajukan pinjaman tanpa agunan, lebih baik Anda mengetahui jenis-jenis tenor KTA. Anda perlu memahami perbedaan tenor jangka panjang dan jangka pendek untuk menyesuaikan dengan kemampuan Anda mengembalikan dana pinjaman. 

Apa itu Pinjaman Tanpa Agunan?

Mungkin Anda masih bingung apa pinjaman dana tanpa agunan atau KTA. KTA adalah pinjaman tanpa jaminan yang disediakan oleh bank atau lembaga keuangan untuk membantu nasabah yang membutuhkan dana dalam kondisi mendesak. Saat mengajukan pinjaman KTA, Anda tidak perlu memberikan jaminan rumah, kendaraan, atau properti lain yang penting.

Dalam keadaan yang mendesak, KTA sangat memberi keuntungan untuk Anda. Proses pencairan KTA lebih cepat daripada layanan kredit yang lain. Namun, saat Anda mengajukan layanan KTA, pihak bank biasanya akan meninjau latar belakang Anda terlebih dahulu.

Pihak bank akan menilai apakah Anda layak untuk menerima pinjaman KTA atau tidak. Kalau Anda dinyatakan memenuhi syarat, maka pihak bank akan menghubungi Anda melalui telepon untuk memproses pengajuan Anda lebih lanjut.

Jenis-Jenis Pinjaman KTA

Sebelum Anda mengajukan layanan KTA, Anda bisa mengetahui jenis-jenisnya terlebih dulu. Setiap jenis KTA memiliki ketentuan yang berbeda. Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan ekonomi Anda. Berikut penjelasannya. 

KTA Payroll

Layanan KTA payroll merupakan jenis kredit tanpa jaminan yang hanya bisa diajukan oleh pekerja dari  perusahaan yang memakai sistem payroll. Biasanya, jenis KTA ini hanya dipakai oleh perusahaan untuk mendistribusikan gaji karyawan.  

Saat menggunakan KTA payroll, Anda dapat mencairkan dana lebih besar dalam waktu yang lebih cepat. Pasalnya, bank telah mempercayai Anda bisa melunasi hutang selama masih menjadi karyawan di perusahaan. 

KTA Reguler

KTA reguler merupakan layanan kredit tanpa agunan untuk masyarakat umum yang telah disediakan oleh bank atau lembaga keuangan. Keuntungan menggunakan KTA reguler yaitu tidak perlu menjadi nasabah dari bank yang memberikan layanan KTA. Sehingga, semua masyarakat dapat mengajukan kredit. Tak heran kalau kredit ini banyak digunakan dan dipilih banyak orang.

Perbedaan Tenor Panjang dan Tenor Pendek

Berdasarkan aspek waktunya, ada dua jenis tenor dalam pinjaman KTA, yaitu tenor panjang dan tenor pendek. Berikut beberapa perbedaannya dari kedua jenis tenor tersebut yang perlu Anda tahu.

Tenor Pendek 

Pada tenor pendek, jangka waktu yang diberikan maksimal adalah 1 tahun. Biasanya, tenor ini hanya dipilih oleh nasabah yang meminjam uang lebih sedikit dan ingin melunasi hutang dengan cepat. 

Nasabah yang memilih tenor pendek biasanya karyawan yang gajinya di atas rata-rata dari minimal persyaratan. Saat Anda memilih tenor pendek, cicilan yang Anda bayarkan biasanya lebih besar. Meski begitu, jumlah pengembaliannya lebih kecil dari tenor panjang.

Tenor Panjang

Berbeda halnya dengan tenor pendek, tenor panjang biasanya bisa mencapai 3 tahun. Dana pinjaman yang diberikan pun jumlahnya tidak begitu besar karena tidak ada jaminan yang harus diserahkan. Pihak bank juga tidak ingin mengambil risiko yang merugikan. Umumnya, pinjaman tenor panjang hanya diberikan untuk para karyawan yang bergaji tetap. Alasannya karena ingin menghindari risiko gagal bayar. 

Ketika Anda memilih tenor panjang, cicilan yang Anda bayarkan setiap bulannya jauh lebih ringan. Tetapi, jumlah pengembaliannya jauh lebih besar daripada tenor pendek. Ini karena terpengaruh oleh suku bunga serta administrasi yang lain. 

Tips Memilih Tenor KTA

Tips Memilih Tenor KTA

Saat Anda memilih pinjaman tanpa agunan, Anda tidak bisa begitu saja memilih pinjaman ini. Meskipun banyak diminati oleh masyarakat umum, Anda harus menyesuaikan dengan penghasilan dan kemampuan Anda untuk membayar tagihan. Berikut beberapa tips untuk memilih tenor KTA.

Ketahui Kemampuan Finansial 

Sebelum Anda mengajukan pinjaman dana tanpa agunan, sebaiknya Anda menentukan jumlah uang yang mau Anda pinjam terlebih dulu. Apakah jumlah pinjaman sesuai kebutuhan atau malah memberatkan. 

Selain itu, Anda bisa melihat lebih dulu bagaimana kondisi keuangan Anda sendiri. Apakah Anda sedang menanggung banyak cicilan? Apakah gaji Anda sudah tetap? Lalu, perhatikan juga berapa gaji yang tersisa setiap bulannya. 

Kalau kondisi keuangan sedang pas-pasan, Anda bisa memilih tenor panjang agar tidak memberatkan di kemudian hari. Kiranya Anda dapat menentukan jumlah tenor Anda dengan cara tersebut.

Pakai Asuransi Pinjaman

Tips memilih tenor KTA berikutnya, Anda bisa menggunakan asuransi pinjaman. Mengingat tidak ada jaminan, apakah Anda akan tetap stay di perusahaan saat ini bekerja atau tidak. Terkadang ada kondisi yang tidak diinginkan, seperti perusahaan melakukan PHK untuk mengurangi pengeluaran perusahaan. Akibatnya, Anda bisa kehilangan pekerjaan begitu saja. 

Supaya hal yang buruk tersebut tidak terjadi, Anda bisa menggunakan asuransi pinjaman. Pihak bank biasanya menawarkan asuransi kepada nasabahnya. Jadi kalau Anda mengalami PHK secara tiba-tiba, asuransi akan meringankan beban Anda. 

Pilih Tenor sesuai Kemampuan

Setelah mengetahui kondisi finansial, Anda dapat menentukan tenor yang aman dan sesuai dengan kemampuan. Pasalnya, pihak bank akan menganalisa seberapa kemampuan Anda dalam mencicil hutang. Kalau Anda dianggap kesulitan membayar hutang dengan tenor yang Anda inginkan, pihak bank dapat menolak pengajuan pinjaman Anda. 

Pilih APR paling Ringan

Umumnya, produk pinjaman tanpa jaminan memakai skema flat yang terhitung dari total pinjaman, bukan sisa hutang. Ini berarti, besaran bunga tidak dipengaruhi oleh banyak cicilan yang sudah Anda bayar. 

Pasalnya, besaran bunga yang ditanggung sudah tetap dan tidak berkurang hingga jatuh periode. Makanya, Anda perlu memilih pinjaman tanpa jaminan dengan APR yang paling rendah. 

Annual Percentage Rate (APR) dapat juga disebut sebagai persentase biaya tahunan yang terdiri dari semua biaya. Misalnya, suku bunga, biaya provisi, biaya analisa kredit, hingga biaya notaris. 

Pinjaman Tanpa Agunan PermataKTA

Setelah tahu jenis-jenis KTA dan tenornya, selanjutnya Anda bisa mulai mengajukan pinjaman tanpa agunan. Salah satu produk KTA yang bisa menjadi pilihan Anda adalah PermataKTA. Pinjaman KTA dari PermataBank ini menyediakan tenor mulai dari 3 bulan hingga 5 tahun. Anda bisa memilih tenor sesuai kemampuan anda membayar angsuran.

Layanan pinjaman KTA dari PermataBank ini bisa Anda manfaatkan untuk membantu keuangan ketika dalam kondisi mendesak. KTA ini bisa Anda dapatkan secara mudah melalui mobile banking PermataMobile X yang bisa diunduh di Play Store dan App Store.

Ada berbagai keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan PermataKTA. Selain tenor yang fleksibel hingga 5 tahun, sejumlah kelebihan lain yang bisa Anda nikmati di antaranya pinjaman dana hingga Rp300 juta, bunga rendah dan kompetitif mulai dari 0.88%, besar angsuran tetap hingga akhir masa pinjaman, pembayaran secara autodebet, serta syarat dan cara pengajuannya yang mudah. Untuk mengetahui informasi selengkapnya, Anda bisa mengunjungi laman https://www.permatabank.com/id/kta-retail/permatakta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here