6 Tips Memotivasi Karyawan Investasi Obligasi Pemerintah

0
1226
6 Tips Memotivasi Karyawan Investasi Obligasi Pemerintah

Seseorang yang bekerja dan memiliki penghasilan seharusnya mempunyai kondisi ekonomi yang lebih baik, seperti tercukupinya kebutuhan dan mempunyai tabungan. Namun kenyataannya tidak selalu demikian. Banyak karyawan yang gajinya habis untuk belanja demi gaya hidup. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan berinvestasi, seperti pada obligasi pemerintah

Cara membeli obligasi pemerintah cukup mudah karena saat ini tersedia dalam aplikasi dari bank sehingga calon investor bisa memilih instrumen sesuai keinginan. Ini bisa membantu karyawan yang ingin membeli produk investasi yang aman dan cuan. Dengan demikian berpotensi mendapatkan penghasilan tambahan dari perkembangan dana investasi tersebut. 

Tips Memotivasi Karyawan Agar Ingin Berinvestasi 

Obligasi pemerintah merupakan jenis investasi yang paling aman karena mendapat jaminan sehingga ketika jatuh tempo investor pasti menerima pengembalian dana berikut keuntungannya. Saat ini instrumen tersebut tersedia dengan lebih variatif sehingga investor mempunyai banyak pilihan. 

Dalam bekerja tidak ada kepastian, karena itu setiap karyawan perlu memikirkan untuk berinvestasi sehingga dana yang dimiliki lebih berkembang. Kemudahan cara membeli obligasi pemerintah seharusnya mendorong siapa saja, termasuk karyawan untuk segera berinvestasi. Berikut beberapa tips agar karyawan tertarik berinvestasi:

1. Jelaskan bahwa kondisi perusahaan tidak selalu sama

Sebagai organisasi, kondisi perusahaan tidak selalu sama. Kebijakan yang ada bisa saja berdampak buruk pada karyawan, seperti PHK, penurunan kompensasi, fasilitas dan tunjangan atau kondisi perusahaan yang kurang nyaman. Hal ini bisa mendorong karyawan untuk resign atau terpaksa mengundurkan diri.

Jika mempunyai dana yang aman dan berkembang seperti obligasi pemerintah, kondisi apapun bukan masalah. Apabila terpaksa kehilangan pekerjaan dan pendapatan, tetap bisa bertahan hidup dengan investasi tersebut. 

Cara membeli obligasi pemerintah sangat simpel dan mudah. siapa saja bisa berinvestasi di instrumen cuan ini. Saat ini obligasi dari pemerintah bisa dibeli secara online mulai dengan modal rendah sehingga lebih terjangkau. 

2. Ajak menghitung kebutuhan keluarga yang terus meningkat 

Resesi dan inflasi menjadikan harga kebutuhan terus meningkat. Pendapatan yang sebelumnya cukup untuk hidup, bisa terasa sangat kurang. Dengan mempunyai obligasi pemerintah bisa mendapatkan passive income yang berguna untuk memenuhi semua kebutuhan tersebut.

Sebelum hal tersebut terjadi, karyawan perlu berinvestasi dengan memanfaatkan cara membeli obligasi pemerintah yang mudah dan aman. Aset tersebut bisa menghasilkan passive income dengan dua cara yaitu dari kupon atau yield yang biasa disebut dengan bunga obligasi. Selain itu juga dari capital gain, yaitu kenaikan harga jual obligasi dari harga beli. 

3. Beri gambaran bahwa banyak hal yang bisa terjadi

Dalam kehidupan banyak hal yang bisa terjadi. sebagai karyawan mungkin akan mendapat promosi dan penempatan di wilayah lain. untuk pindah ke sana membutuhkan dana. Jika mempunyai investasi seperti obligasi pemerintah bisa menjualnya dan mendapatkan sejumlah uang yang dibutuhkan. 

Karena itu semua karyawan perlu memperhatikan dan memanfaatkan cara membeli obligasi pemerintah yang mudah agar cuan dan siap menghadapi semua keadaan. Investasi merupakan cara menyimpan sekaligus mengembangkan dana yang dimiliki. 

4. Beri motivasi untuk mencapai kebebasan finansial

Kebebasan finansial artinya suatu kondisi dimana persoalan keuangan bukan suatu masalah karena semua sudah terencana dan mempunyai cadangan yang cukup. Jika mengandalkan gaji kemungkinan untuk mencapai hal tersebut cukup sulit karena banyaknya pengeluaran. Investasi bisa menjadi solusi karena tanpa mengganggu pekerjaan bisa mendapatkan tambahan penghasilan. 

Dengan kebebasan finansial karyawan bisa merencanakan kehidupan dengan lebih baik, tidak perlu khawatir memasuki masa pensiun karena secara finansial sudah siap. Siapa pun pasti ingin mendapatkan kebebasan finansial. 

5. Karyawan perlu tahu bahwa dengan keuangan yang stabil, bekerja menjadi tenang

Kondisi keuangan yang kacau bisa mengganggu pekerjaan. Sebaliknya dengan keuangan yang stabil bisa bekerja dengan tenang. Ketenangan ini menjadikan karyawan bisa fokus dalam bekerja dan mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karir. Beban ekonomi dapat berdampak buruk pada kinerja yang berujung dengan karir yang stag atau tidak bisa berkembang

6. Ajak diskusi cara mencapai kesejahteraan

Tidak sedikit yang beranggapan bahwa dengan menjadi karyawan tidak akan bisa mencapai kesejahteraan. Jika tidak pandai mengelola keuangan memang benar, namun apabila bijaksana dalam mengelola pendapatan seperti menggunakan sebagian untuk berinvestasi obligasi pemerintah bisa mencapai kesejahteraan. 

Kesehatan finansial tidak tergantung pada berapa banyak penghasilan tetapi bagaimana mengelolanya dengan benar. Banyak orang berpenghasilan tinggi yang terlilit hutang karena salah manajemen. Sebaliknya dengan penghasilan terbatas apabila bisa mengaturnya, semua kebutuhan bisa terpenuhi, bahkan dapat mempunyai produk investasi yang menguntungkan.

Tepat Bagi Karyawan Untuk Obligasi Pemerintah

6 Tips Memotivasi Karyawan Investasi Obligasi Pemerintah

Obligasi pemerintah merupakan instrumen cuan yang sebaiknya dimiliki oleh karyawan agar bisa mengelola keuangan dengan baik. digibank by DBS menyediakan berbagai produk investasi, termasuk obligasi dalam aplikasi yang user friendly. Dengan demikian semua orang bisa mengakses dan bertransaksi. 

Cara membeli obligasi pemerintah di Aplikasi digibank by DBS sangat mudah. Cukup unduh aplikasinya di smartphone, buat akun dan pilih jenis yang diinginkan. Jenis investasi ini terbukti aman dan cuan. digibank by DBS menyediakan aplikasi dengan berbagai fitur untuk memberi kemudahan kepada pengguna keunggulan yaitu: 

  • Produk obligasi adalah surat utang yang bisa dibeli mulai harga Rp1 juta
  • Instrumen surat utang tersedia lengkap pada pasar perdana dan sekunder
  • Anda bisa melakukan transaksi melalui satu aplikasi yaitu Aplikasi digibank by DBS

Obligasi pemerintah merupakan instrumen terpercaya yang layak dipertimbangkan dalam berinvestasi. digibank by DBS menyediakan dalam aplikasi yang user friendly sehingga siapa saja bisa membelinya dan mendapatkan passive income dari jenis investasi ini. Apakah Anda tertarik untuk berinvestasi obligasi? Silakan cek lengkapnya di link http://www.dbs.id/digibank/id/id/investasi/produk-investasi/sbn 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini