Tips Meningkatkan Kinerja Pabrik Makanan dan Minuman

0
1203
Tips Meningkatkan Kinerja Pabrik Makanan dan Minuman

Pemilik pabrik makanan dan minuman harus pandai dalam mengelola proses produksinya. Pasalnya bisnis ini memiliki sensitivitas yang sangat tinggi baik dari segi keamanan dan juga permintaannya. Pada saat permintaan meningkat, bukan berarti proses produksi diabaikan.

Anda harus bisa memenuhi permintaan dengan seimbang bersamaan proses produksi yang sesuai prosedur. Seperti apa cara efektif untuk mengoptimalkan proses produksi di pabrik makanan dan minuman? Anda yang belum menerapkan cara dengan baik, bisa mencari tahu di sini hingga akhir.

5 Tips Optimalkan Proses Produksi di Pabrik Makanan dan Minuman

Sudah menggunakan peralatan canggih, area produksi yang luas dan staf yang handal bukan berarti Anda bisa meremehkan proses produksi makanan dan minuman. Baik itu ketika permintaan sedang tinggi atau tidak proses yang dijalani harus sesuai dengan standar operasional prosedur yang sudah ditetapkan.

Bukan hanya itu, Anda yang ingin proses produksi lebih optimal bisa menggunakan beberapa tips berikut ini.

1. Melakukan Forecasting

Sesuai dengan namanya, forecasting artinya adalah memprediksi seberapa banyak permintaan yang akan masuk. Hal ini penting dilakukan untuk mempersiapkan berapa banyak produk yang harus dipersiapkan. Jangan sampai ketika permintaan tinggi Anda malah kehabisan stok.

Forecasting bisa dilakukan dengan melihat penjualan beberapa waktu yang lalu. Misalnya ketika menjelang lebaran dan puasa, maka saatnya Anda meningkatkan produksi karena pada waktu inilah permintaan pasti akan meningkat.

2. Mengelola Stok dengan Manajemen yang Benar

Stok juga penting untuk diperhatikan, stok ini mencakup produk yang sudah diproduksi dan juga bahan bakunya. Selalu terapkan metode first in first out dan memperhatikan expired date.

Anda tentunya sudah menggunakan manajemen inventaris profesional sehingga tinggal memantau saja datanya dan menyesuaikannya dengan stok yang ada. Pengecekan harus dilakukan secara berkala sehingga tidak ada bahan baku yang kadaluarsa atau penumpukan stok produk di gudang.

3. Peka dengan Trend di Masyarakat

Sebagai pebisnis makanan dan minuman Anda harus peka terhadap trend atau perubahan yang sedang terjadi di pasar. Perubahan selalu terjadi dan akan memberi dampak yang besar bagi bisnis Anda, jadi jangan sampai Anda ketinggalan dengan trend ini.

Anda harus tahu kapan harus melakukan rebranding dengan mengubah kemasan makanan, mengganti merk, menambah produk dan masih banyak lagi. Selalu diskusikan dengan R&D untuk mencapai hasil terbaik ketika Anda ingin menciptakan produk baru.

4. Merekrut Tenaga yang Profesional

Bekerja dengan mesin, mengharuskan Anda selektif dalam memilih mana tenaga profesional yang bisa diandalkan. Lakukan rekrutmen dengan benar sehingga mudah beradaptasi dengan kondisi pabrik dan flow kerjanya.

Jangan sampai karena salah merekrut, operasional pabrik jadi berantakan dan permintaan konsumen tidak bisa dipenuhi. Karyawan adalah aset yang perlu dipelihara sehingga Anda pun harus memberikan tunjangan, insentif sampai penghasilan yang sesuai.

5. Perawatan Mesin secara Berkala

Produksi dalam skala besar dan hampir setiap hari, membuat Anda harus lebih memperhatikan perawatan mesin. Meskipun sudah tersedia SOP, namun mesin perlu beristirahat hingga pengecekan berkala untuk meminimalisir kerusakan. Anda perlu memiliki tim engineer khusus untuk mengecek mesin-mesin tersebut.

Setiap mesin juga memiliki usia sehingga harus Anda perhatikan agar tidak terjadi kerusakan fatal yang akhirnya mempengaruhi kualitas produksi. Apabila terdapat mesin yang memang harus diganti, jangan ragu untuk membeli yang baru.

Selain memperhatikan proses produksi, keamanan juga jadi bagian yang terpenting. Selalu bekali karyawan Anda dengan instruksi menggunakan pakaian lengkap sebelum mulai bekerja. Begitu juga dengan keamanan dari gedung pabrik.

Anda perlu memiliki asuransi properti yang dapat meminimalisir kerugian apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti kebakaran atau bencana alami. Memiliki properti yang cukup besar seperti seluruh area pabrik merupakan tanggung jawab besar yang harus diemban.

Sebagai pemilik bisnis pabrik makanan dan minuman Anda perlu mempersiapkan kemungkinan terburuk sejak awal. Setidaknya Anda tidak sampai gulung tikar, karena sudah mendapatkan pertanggungan dari asuransi properti yang dimiliki sejak saat ini.

Soal pilihan asuransinya Anda bisa mencari tahu terlebih dahulu di cekpremi.com. Ada beragam pilihan asuransi terbaik untuk melindungi bisnis Anda. Tinggal tentukan saja mana asuransi yang sesuai kebutuhan, yuk langsung aja cek.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini